Pedoman Penulisan Artikel

  1. Sistematika Penulisan Artikel
    Template artikel dan contoh artikel kualiatif dan kuantitatif dapat diunduh di web jurnal.
    1. Judul
      Judul ditulis singkat, jelas, maksimum 12 kata dalam bahasa Indonesia atau 10 kata dalam bahasa inggris, ditulis dengan huruf capital, Time New Romance ukuran 12 ditulis rata tengah tanpa diakhiri tanda titik.
    2. Nama penulis, email dan institusi
      Nama penulis (tanpa gelar akademik), alamat email dan nama institusi ditulis di bawah judul artikel. Bila naskah ditulis oleh tim, penyunting hanya berhubungan dengan penulis utama atau penulis yang namanya tercantum dalam urutan pertama.
    3. Abstrak dan kata kunci
      Abstrak ditulis dalam bahasa Indonesia dan bahasa inggris dengan jumlah kata antara 150 – 200 kata dan memuat secara ringkas dan jelas tentang masalah inti permasalahan yang akan dikemukakan, metode pelaksanaan, hasil kegiatan serta kesimpulan. Kata kunci terdiri dari 3-5 kata, ditulis dalam satu spasi setelah abstrak.
    4. Pendahuluan
      Berisi uraian tentang latar belakang, rumusan masalah, dan tujuan penelitian
    5. Metode pelaksanaan
      Berisi mengenai metode atau cara yang digunakan untuk menyelesaikan permasalahan yang dihadapi oleh mitra.
    6. Hasil dan pembahasan
      Berisi mengenai hasil yang dicapai dari kegiatan pengabdian yang dilakukan
    7. Simpulan dan saran
      Berisi mengenai kesimpulan dari pelaksanaan kegiatan pengabdian beserta saran yang diberikan agar terjadi perbaikan dalam penyelesaian masalah
    8. Ucapan terimakasih
      Berisi ucapan terimakasih atas pihak – pihak yang membantu terselenggaranya kegiatan pengabdian
    9. Daftar pustaka
  2. Format Penulisan
    1. Artikel diketik dengan menggunakan Microsoft word dengan huruf Times New Romance ukuran 11 dengan jarak baris satu spasi pada kertas A4.
    2. Marjin kertas: sisi kiri, kanan, atas dan bawah masing – masing 2,5 cm.
    3. Panjang artikel berkisar antara 5 – 10 halaman termasuk daftar pustaka.
    4. Semua halaman, termasuk daftar pusataka dan lampiran harus diberi nomor urut.
  3. Tabel dan Gambar
    1. Setiap tabel diberi nomor urut dan judul lengkap diletakkan di atas tabel, sedangkan untuk gambar, nomor urut dan judul diletakkan di bawah gambar, disertai sumber kutipan dengan menggunakan tipe huruf Times New Romance ukuran 9 dicetak tebal.
    2. Gambar harus disiapkan dalam bentuk yang dapat dicetak dan berwarna hitam putih.
  4. Kutipan --Dalam menulis kutipan, penulis wajib menggunakan tools baik itu menggunakan Zetero, Endnote, atau Mendely. Sumber kutipan ditulis sesuai dengan ketentuan berikut:
    1. Sumber kutipan dalam teks ditulis di antara kurung buka dan kurung tutup yang menyebutkan nama belakang (akhir) penulis, tahun dan nomor halaman. Contoh:
      1. Satu sumber kutipan dengan satu penulis: (Asyik,2006), jika disertai dengan halaman: (Asyik,2006:289)
      2. Satu sumber kutipan dengan dua penulis: (Cooper dan Schlinder, 2003:24)
      3. Satu sumber kutipan lebih dari dua penulis: (Guan et al.,2009)
    2. Jika penulis lebih dari dua orang, hanya nama penulis pertama yang disebutkan pada teks. Contoh: Guan et al. (2009;59) menyatakan…
    3. Dua sumber kutipan dengan penulis yang sama: John (2006,2007); jika tahun publikasi sama: Sumiya (2007a,2007b)
    4. Sumber kutipan beruoa banyak pustaka dengan penulis yang berbeda – beda: (Yermack,1997; Aboody dan Kasznik,2000; Guan et al, 2000)
    5. Sumber kutipan tidak menyebutkan nama penulis, tetapi menyebut suatu lembaga atau badan tertentu: Badan Pusat Statistik (2006)
    6. Apabila kutipan diambil dari sumber yang penulisnya mengutip dari sumber yang lainnya, maka ditulis seperti contoh: Simson, 1969 (dalam Aboody dan Kasznik,2000:321) menyatakan bahwa mayoritas perusahaan public mengungkap pengaruh pro forma atas kompensasi berbasis saham di bawah pendekatan nilai wajar.
  5. Daftar Pustaka

    Buku:
    Nama belakang, inisial nama depan (jika ada), tahun penerbitan, judul buk (cetak miring), edisi buku, nama penerbit, kota penerbit.
    Contoh:
    Rivai,V.2013. Commerical Bank Management: Manajemen Perbankan dan Teori ke Praktik. Edisi 1. Cetakan 1. Rajawali Pres. Jakarta.

    Jurnal:
    Nama belakang, inisial nama depan (jika ada), tahun penerbitan, judul artikel, nama jurnal (cetak miring), volume (nomor) jurnal, halaman artikel dalam jurnal.
    Contoh:
    Maulany,T.S.,Dialysa.F.,Prawirasasra.K.P.2016.Pelatihan Pembukuan Keuangan Sederhana Dan Motivasi Kewirausahaan Pada kelompok Usaha makanan RW 02 Kelurahan Neglasari Kecamatan Cibeunying Kaler Bandung. Jurnal Dharma Bhakti STIE Ekuitas 1 (1), p.33

    Prosiding:
    Nama belakang, inisial nama depan (jika ada), tahun penerbitan, nama prosiding (cetak miring), penerbit (cetak miring), halaman.
    Contoh:
    Rochdianingrum,W.A,R.Rahayu,dan U.S.Iswarah.2019. Pengaruh Kepercayaan dan kemudahan Transaksi Pada Penggunaan Aplikais Grab. Prosiding Bonus Demografi 4.0 STIKUBANG: 119-159.

    Website:
    Nama belakang, inisial nama depan (jika ada), tahun, judul, alamat e-mail (cetak miring), tanggal akses.
    Contoh:
    Blangdhod. 2017. Memanfaatkan Media Masa Onlie Sebagai Sarana Promosi Produk Pertanian. ttps://www.blangdhod.desa.id. Diakses tanggal 27 November 2020.

  6. Penyerahan Artikel
    1. Artikel dikirim ke Jurnal KREANOVA dilengkapi dengan nama, alamat email dan nama institusi.
    2. Artikel yang dikirim harus dilampiri surat pernyataan bahwa artikel tersebut belum pernah diterbitkan atau tidak sedang dalam proses penerbitan di jurnal lainnya, yang dibuktikan dengan pernyataan tertulis yang ditanda tangani oleh penulis (bermaterai Rp 6.000)
    3. Jika artikel menggunakan pendekatan survey atau eksperimen maka seluruh instrument (kuesioner, rencana wawancara, kasus dan lainnya) harus dilampirkan
    4. Artikel yang dikirim harus bebas plagiasi dari Turnitin
  7. Metode Review
    Artikel yang dinyatakan lolos dari penilaian awal editor bagian akan dikirm kepada mitra bestari untuk ditelaah kelayakan terbit melalui proses blind review. Reviewer tidak akan mengetahui nama penulis dan sebaliknya. Hasil dari blind review akan menyatakan:
    1. Diterima
    2. Dibutuhkan revisi
    3. Penyerahan kembali review
    4. Ditolak