https://ejournal.stiesia.ac.id/kreanova/issue/feed Jurnal Kreativitas dan Inovasi (Jurnal Kreanova) 2024-06-20T10:48:13+07:00 Jurnal Kreativitas dan Inovasi (Jurnal Kreanova) [email protected] Open Journal Systems <p><a href="https://sinta.kemdikbud.go.id/journals/profile/12159">Jurnal Kreativitas dan Inovasi (Jurnal KREANOVA)</a> merupakan Jurnal Pengabdian kepada masyarakat yang memiliki tujuan untuk memfasilitasi para ilmuwan, pelaksana pengabdian kepada masyarakat dan praktisi bisnis dalam mempublikasikan kegiatan pengabdian kepada masyarakat yang meliputi bidang ekonomi, manajemen dan bisnis, akuntansi, komunikasi dan informasi, ekonomi pembangunan serta ilmu sosial dan budaya. Jurnal Kreativitas dan Inovasi (Jurnal KREANOVA) diterbitkan oleh <a href="https://stiesia.ac.id/">Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Indonesia (STIESIA) Surabaya</a> sebanyak tiga kali dalam satu tahun, yaitu pada bulan Januari, Mei, dan September. Jurnal Kreativitas dan Inovasi (Jurnal KREANOVA) terdaftar dengan nomor <a href="https://sinta.kemdikbud.go.id/journals/profile/12159">e-ISSN 2798-527X. </a> Terakreditasi dengan nomor No. <a href="https://sinta.kemdikbud.go.id/journals/profile/12159"> 72/E/KPT/2024 </a></p> https://ejournal.stiesia.ac.id/kreanova/article/view/6553 PELATIHAN PENGGUNAAN MESIN EKSTRUSI DAN PENGADUK LIMBAH IKAN PADA UMKM DI KENJERAN 2024-05-13T13:58:10+07:00 Ponidi Ponidi [email protected] Anastas Rizaly [email protected] <p>Mengingat potensi sumber daya laut dan air yang dimiliki Kota Surabaya khususnya di wilayah pesisir Kenjeran, tentunya perlu adanya pelatihan terkait strategi pengembangan dan pemeliharaan untuk menjaga kondisi lingkungan yang memberikan dampak positif. Melihat mayoritas penduduk pesisir adalah nelayan dan lebih banyak melakukan pengolahan hasil tangkapan ikan secara mandiri ataupun kelompok maka potensi limbah ikan, limbah jeroan ikan membutuhkan perlakuan khusus, dengan melihat kondisi tersebut maka dibutuhkan mesin pengolah limbah ikan dan jeroan yang bisa diolah menjadi pupuk organik yang dapat dimanfaatkan untuk kesuburan tanaman . Bertitik tolak pada kondisi yang demikian maka tim pengabdian Universitas Muhammadiyah Surabaya membuat mesin pengolahan limbah jeroan ikan dengan kapasitas 8 kg/jam dan sekaligus sebagai pengaduk adonan pupuk organik yang terdiri dari 100 gram jeroan ikan yang sudah digiling, 660 sekam padi, 660 gram arang halus, 1liter air, tanah dan 100 ml bakteri EM4 kemudian difermentasi di tempat/wadah yang kedap udara selama 5 sampai dengan 10 hari. Dari hasil pengabdian berupa pelatihan pemanfaatan mesin ekstrusi dan pengaduk jeroan ikan pada UMKM di Kenjeran didapat hasil awal berupa fermentasi adonan yang kemudian dikeringkan dengan kadar air 11 persen, selama kurang lebih 1 hari penuh dan pupuk siap untuk dikemas serta dipasarkan.</p> 2024-06-20T00:00:00+07:00 Hak Cipta (c) 2024 Jurnal Kreativitas dan Inovasi (Jurnal Kreanova) https://ejournal.stiesia.ac.id/kreanova/article/view/6564 PENINGKATAN KOMPETENSI PROMOSI PRODUK MELALUI IDENTITAS MEREK BAGI SISWA SMA MUHAMMADIYAH 8 CERME GRESIK 2024-05-13T17:12:37+07:00 Heru Baskoro [email protected] Sukaris Sukaris [email protected] Ahmad Qoni Dewantoro [email protected] <p>Permasalahan yang dihadapi pada peserta khususnya siswa SMA yang dikaitkan dengan kompetensi dalam membuat merek adalah selama ini di dalam membuat merek peserta belum mempertimbangkan aspek kreteria-kreteria dalam pengembangan merek sebuah produk dan masih mengandalkan kemauan si pemilik produk bukan calon pembeli produk, sehingga visibilitas merek menjadi kurang menarik dan tidak tidak sesuai target pasar. Kegiatan ini dilakukan untuk membekali siswa tentang pentingnya merek melalui peningkatan kompetensi promosi produk melalui identitas merek untuk meningkatkan visibilitas produk bagi siswa di SMA Muhammadiyah 8 Cerme Gresik, peningkatan kompetensi ini meliputi; kompetensi dalam membuat merek membuat, teknik memotivasi diri dalam menciptakan visibilitas produk yang akan diciptakan, menyerap cara-cara baru, pengetahuan baru dan juga ketrampilan baru yang sangat bermanfaat untuk meningkatkan kualitas diri, persiapan diri lebih dini dalam mempersiapkan diri untuk mengambil pilihan tepat setelah lulus dan memiliki rencana, ide merek yang kuat untuk calon-calon produk yang potensial yang akan diciptakan sekarang atau setelah lulus nantinya. Metode yang digunakan dalam kegiatan ini adalah dengan model brainstorming dan sosialisasi, hasil menunjukkan bahwa peserta antusias dalam mengikuti kegiatan serta telah memiliki pengetahuan.</p> 2024-05-30T00:00:00+07:00 Hak Cipta (c) 2024 Jurnal Kreativitas dan Inovasi (Jurnal Kreanova) https://ejournal.stiesia.ac.id/kreanova/article/view/6639 STRATEGI DIGITAL MARKETING DAN PEMBUATAN COMPANY PROFILE PADA UMKM KALIKEPITING SEJAHTERA KECAMATAN TAMBAK SARI 2024-05-22T14:37:41+07:00 Lailatul Amanah [email protected] Nur Handayani [email protected] Susanti Susanti [email protected] Muftiyatul Azizah [email protected] <p>UMKM sebagai salah satu pelaku usaha memiliki kontribusi besar dalam menciptakan laju pertumbuhan ekonomi di antaranya sebagai sumber pendapatan bagi masyarakat. Perkembangan teknologi informasi dan komunikasi membawa beberapa pengaruh positif untuk bangsa terutama bagi para pelaku usaha termasuk UMKM dalam memperluas pangsa pasarnya. Digital marketing merupakan salah satu bentuk strategi pemasaran yang dilakukan untuk mempromosikan suatu produk agar dapat sampai kepada konsumen secara cepat dan tepat waktu. Selain menggunakan digital marketing, membuat company profile atau profil perusahaan menjadi alat pendukung dalam pengembangan sebuah usaha. Para pelaku usaha menggambarkan deskripsi usahanya, menampilkan keunggulan produknya dalam sebuah profil perusahaan. UMKM Kali Kepiting Sejahtera yang bergerak di bidang makanan minuman dan kerajinan/handycraft ini sebagian besar masih belum menggunakan digital marketing sebagai sarana pemasaran produk, di samping itu paguyuban UMKM Kali Kepiting sebagian besar belum menggunakan company profil sebagai alat untuk mengenalkan dan memasarkan produknya. Oleh karena itu dengan adanya kegiatan pengabdian kepada masyarakat ini yang bertopik “Strategi Digital Marketing dan Pembuatan Company Profile pada UMKM Kali kepiting Sejahtera Kecamatan Tambak Sari Kota Surabaya”, diharapkan UMKM dapat menawarkan produknya secara digital sehingga produk-produk UMKM lebih dikenal di masyarakat luas serta dapat menarik minat beli para konsumen baik di wilayah Surabaya maupun di luar Surabaya.</p> 2024-05-30T00:00:00+07:00 Hak Cipta (c) 2024 Jurnal Kreativitas dan Inovasi (Jurnal Kreanova) https://ejournal.stiesia.ac.id/kreanova/article/view/6643 PELATIHAN PENETAPAN HPP DAN HARGA JUAL SERTA ESTETIKA PRODUK KAIN BATIK ECOPRINT 2024-06-19T15:46:40+07:00 Nur Suci IMM [email protected] Riski Aprillia Nita [email protected] Joicenda Nuhumury [email protected] Haryati Setyorini [email protected] Kartika Marta Budiana [email protected] <p>Mitra dalam pengabdian masyarakat difokuskan pada siswa-siswa kelas X pada Sekolah Menengah Atas Negeri 20 Surabaya, terdapat tiga permasalahan yang dihadapi oleh mitra yaitu: (1) Kurangnya pemahaman siswa dalam menentukan harga pokok produksi atas kain batik ecoprint; (2) Kurangnya pengetahuan menentukan harga jual produk berupa kain batik ecoprint; (3) Kurangnya pengetahuan estetika menata daun-daun di atas kain mori putih. Adapun solusi yang diberikan : (1) Melakukan pelatihan dengan memberikan materi dan pengetahuan cara menghitung harga pokok produksi, (2) Melakukan pelatihan cara menentukan harga jual serta, (3) Melakukan pendampingan kepada siswa-siswa pada saat melakukan proses penataan daun-daun di atas kain mori putih, agar mendapatkan estetika yang lebih bagus. Terdapat empat tahap yang dilaksanakan oleh tim pengabdian masyarakat, yaitu : tahap persiapan (identifikasi kebutuhan), tahap penentuan jadwal, tahap pelaksanaan (pendampingan dan pelatihan) dan tahap evaluasi. Keempat tahap sudah terlaksana dengan baik dan ketiga solusi telah dilakukan dalam dua kali pertemuan yaitu berupa pendampingan estetika penataan daun dan pelatihan cara menentukan harga pokok produksi dan harga jual kain batik ecoprint.</p> 2024-05-30T00:00:00+07:00 Hak Cipta (c) 2024 Jurnal Kreativitas dan Inovasi (Jurnal Kreanova) https://ejournal.stiesia.ac.id/kreanova/article/view/6548 PELATIHAN DAN PENDAMPINGAN DESAIN GRAFIS BAGI SISWA BERKEBUTUHAN KHUSUS 2024-03-23T11:15:11+07:00 Retno Ardianti [email protected] Ratih Indriyani [email protected] Sesilya Kempa [email protected] Mariana Ing Malelak [email protected] <p>Penggunaan media sosial untuk mendukung kegiatan pemasaran menjadi hal yang sangat penting pada saat ini. Kemampuan untuk membuat desain konten-konten sosial media yang dapat digunakan untuk memasarkan produk menjadi penting bagi siswa, termasuk siswa dengan kebutuhan khusus agar dapat melengkapi mereka dengan kompetensi yang dibutuhkan dalam dunia kerja. Oleh karena itu, dosen dan mahasiswa School of Business and Management Universitas Kristen Petra mengadakan kegiatan pengabdian pada masyarakat dengan metode pelatihan dan pendampingan yang ditujukan bagi siswa AORA, sebuah lembaga kursus dan pelatihan bagi siswa berkebutuhan khusus di Surabaya. Pelatihan dan pendampingan ini diselenggarakan selama kurang lebih 8 minggu dalam kurun waktu Januari-Maret 2024. Secara spesifik, materi yang diberikan adalah desain grafis dengan menggunakan aplikasi canva untuk menghasilkan konten berupa poster, name tag produk, katalog produk dan reels. Secara umum siswa menunjukkan respon yang positif atas kegiatan pelatihan dan pendampingan ini. Mereka mengakui adanya manfaat dan menyatakan kesediaannya untuk mengikut pelatihan lanjutan yang akan direncanakan untuk mereka.</p> <p> </p> 2024-05-30T00:00:00+07:00 Hak Cipta (c) 2024 Jurnal Kreativitas dan Inovasi (Jurnal Kreanova)