PENDAMPINGAN PEMANFAATAN TEKNOLOGI DIGITAL SEBAGAI STRATEGI PEMASARAN UMKM NURUL ISMIATI

Penulis

  • Kevin Tanuwijaya Universitas Kristen Petra Surabaya
  • Alifvia Tasya Wijaya Universitas Kristen Petra Surabaya
  • Angelica Sikomena Universitas Kristen Petra Surabaya
  • Dhyah Harjanti Universitas Kristen Petra Surabaya
  • Nony Kezia Marchyta Universitas Kristen Petra Surabaya

DOI:

https://doi.org/10.24034/kreanova.v4i3.6901

Kata Kunci:

UMKM, Teknologi Digital, Strategi pemasaran, Pelatihan

Abstrak

Usaha mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM) merupakan pilar utama perekonomian Indonesia, di era digital saat ini, pemanfaatan teknologi digital menjadi faktor penting dalam meningkatkan daya saing dan memperluas jangkauan pasar. UMKM di Dusun Tegal Sari, Sidoarjo menerima bimbingan dalam bentuk pelatihan dan pendampingan terkait pemanfaatan platform digital, termasuk media sosial, pasar online, dan situs web, dengan tujuan untuk meningkatkan kapasitas mereka dalam mempromosikan produk mereka. Tujuan dari kegiatan ini adalah untuk meningkatkan kemampuan promosi UMKM melalui penyediaan bimbingan dan pelatihan dalam pemanfaatan platform e-commerce dan situs web sebagai media pemasaran dan penjualan. Metode yang digunakan meliputi pelatihan pemasaran digital, pelatihan pemanfaatan instagram sebagai platform media sosial, pembuatan akun e-commerce, dan pelatihan pemanfaatan situs web, dengan penerapan strategi ini, UMKM di Dusun Tegal Sari, Sidoarjo dapat mengalami pertumbuhan dan perluasan basis konsumen, serta mampu meningkatkan jangkauan pasar dan daya saing di era digital.

Referensi

Amanah, L., Handayani, N., Susanti, S., & Azizah, M. (2024). Strategi Digital Marketing dan Pembuatan Company Profile pada UMKM Kalikepiting Sejahtera Kecamatan Tambak Sari. Jurnal Kreativitas Dan Inovasi (Jurnal Kreanova), 4(2), 50–55. https://doi.org/10.24034/kreanova.v4i2.6639

Batubara, F. H. (2022). Utilization of Digital Technology in Developing Marketing Strategies for MSME Products. Jurnal Ilmiah Manajemen, Ekonomi, Dan Akuntansi (MEA), 6(3), 1344–1355. https://doi.org/10.31955/mea.v6i3.2569

Budiarto, D. S., Amanda, A., & Nordin, N. (2023). Digital Technologies Application and Competitive Advantage for MSMEs Sustainability and Market Performance. Ekuilibrium : Jurnal Ilmiah Bidang Ilmu Ekonomi, 18(2), 169–178. https://doi.org/10.24269/ekuilibrium.v18i2.2023.pp169-178

Harjanti, D., & Sahetapy, W. L. (2020). Upaya UMKM Kelurahan Jambangan Surabaya untuk Onboarding ke dalam Ekosistem Digital. EKOBIS ABDIMAS : Jurnal Pengabdian Masyarakat, 3(2), 30–38.

Hendrawan, S. A., Chatra, A., Iman, N., Hidayatullah, S., & Suprayitno, D. (2024). Digital Transformation in MSMEs: Challenges and Opportunities in Technology Management. Jurnal Informasi Dan Teknologi, 6(2), 141–149. https://doi.org/10.60083/jidt.v6i2.551

Hidranto, F. (2022). UMKM Naik Kelas, UMKM Go Digital. Indonesia.Go.Id Portal Informasi Indonesia. https://indonesia.go.id//kategori/editorial/4618/umkm-naik-kelas-umkm-go-digital?lang=1?lang=1?lang=1?lang=1?lang=1?lang=1?lang=1?lang=1?lang=1?lang=1?lang=1?lang=1?lang=1?lang=1?lang=1?lang=1?lang=1?lang=1?lang=1?lang=1?lang=1

Irmayanti, H., Nurhayati, S., & Lubis, R. (2022). Pemasaran Produk Macrame Handycraft pada Media Instagram sebagai Sarana Online Marketing. Jurnal Pengabdian Teknik Dan Ilmu Komputer (Petik), 2(2), 59–65. https://doi.org/10.34010/petik.v2i2.8698

Kempa, S., Marchyta, N. K., Suprapto, W., & Tan, K. M. (2023). Pendampingan Rencana Pemasaran untuk Meningkatkan Daya Saing Produk Olahan Usaha Mikro di Guyub Rukun PPA Shikar Malang. Prosiding Seminar Nasional Ekonomi & Bisnis, 129–140. https://repository.petra.ac.id/20984/

Limanseto, H. (2023). Dorong UMKM Naik Kelas dan Go Export, Pemerintah Siapkan Ekosistem Pembiayaan yang Terintegrasi. https://www.ekon.go.id/publikasi/detail/5318/dorong-umkm-naik-kelas-dan-go-export-pemerintah-siapkan-ekosistem-pembiayaan-yang-terintegrasif.

Mardiatmi, B. D., Seta, H. B., & Argo, J. G. (2023). Acceleration of Marketing Digitalization Towards Independent MSMEs. Indonesian Journal of Society Development, 2(5), 337–346. https://doi.org/10.55927/ijsd.v2i5.5975

Marthalina. (2018). Pemberdayaan Perempuan dalam Mendukung Usaha Mikro, Kecil, Dan Menengah (UMKM) Di Indonesia. Jurnal Pembangunan Pemberdayaan Pemerintahan, 3(1), 59–76. www.mdn.biz.id

Melany, Nirwana, A., & Mukhlis, I. (2022). Pelatihan dan Pendampingan Pemasaran Digital untuk UMKM yang Dikelola oleh Perempuan di Kabupaten Malang. Jurnal Leverage, Engagement, Empowerment of Community, 4(2), 139–152.

Naimah, R. J., Wardhana, M. W., Haryanto, R., & Pebriyanto, A. (2020). Penerapan Digital marketing sebagai Strategi Pemasaran UMKM. Jurnal IMPACT: Implementation and Action, 2(2), 39. https://doi.org/10.31961/impact.v2i2.844

Nofrisel, Setiawan, E. B., Arubusman, D. A., Octora, T. Y., & Kholdun, A. I. (2023). The Role of Digital Marketing in Boosting MSME Marketing Performance. International Journal of Economics and Management Research, 2(2), 21–35. https://doi.org/10.55606/ijemr.v2i2.92

Paulus, A. L., & Wardhani, Z. K. (2018). Keunggulan Bersaing Usaha Cake dan Bakery : Peran Orientasi Pasar, Orientasi Kewirausahaan, dan Inovasi Produk. Jurnal Manajemen, 10(2), 88–96. https://doi.org/http://dx.doi.org/10.29264/jmmn.v10i2.4080

Permana, S. H. (2017). Strategi Peningkatan Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM) di Indonesia. Aspirasi: Jurnal Masalah-Masalah Sosial, 8(1), 93–103. https://doi.org/10.46807/aspirasi.v8i1.1257

Rahman, T., & Nurdian, Y. (2021). Pendampingan Pemanfaatan Teknologi Digital untuk Meningkatkan Pemasaran Toko Roti di Pabian Sumenep. Dinamisia : Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 5(3), 645–650. https://doi.org/10.31849/dinamisia.v5i3.4727

Riswati, B. M., Zawawi, Z., Sukarno, G., & Warmana, O. (2024). Pelatihan Penerapan Digital Marketing melalui Media Sosial Instagram dan E-Commerce pada UMKM Penjaringan Sari. Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat Nusantara (JPkMN), 5(1), 880–885. https://doi.org/10.55338/jpkmn.v5i1.2411

Saktiana, G. M. (2023). Pendampingan Pemasaran Digital Untuk Umkm Muja-Muju Umbulharjo. Jurnal Serina Abdimas, 1(2), 842–848. https://doi.org/10.24912/jsa.v1i2.26089

Suhartanto, D., & Leo, G. (2018). Small business entrepreneur resistance of ICT adoption: a lesson from Indonesia. International Journal of Business and Globalisation, 21(1), 5–18. https://doi.org/10.1504/ijbg.2018.10015253

Tambunan, C. R. (2023). Kontribusi UMKM dalam Perekonomian Indonesia. Direktorat Jenderal Perbendaharaan Kementerian Keuangan RI. https://djpb.kemenkeu.go.id/kppn/lubuksikaping/id/data-publikasi/artikel/3134-kontribusi-umkm-dalam-perekonomian-indonesia.html

Taneo, S. Y. M., Noya, S., Setiyati, E. A., & Melany. (2021). Constraints of Small and Medium Food Industry to Take Advantage of Domestic Market Opportunities during the Covid-19 Pandemic. KnE Social Sciences, January 2021. https://doi.org/10.18502/kss.v5i5.8840

Tristiawati, P. (2022). Baru 17,5 Juta UMKM yang Bisa Cicipi Manisnya Pertumbuhan Ekonomi Digital Indonesia. https://www.liputan6.com/bisnis/read/4934988/baru-175-juta-umkm-yang-bisa-cicipi-manisnya-pertumbuhan-ekonomi-digital-indonesia#:~:text=Bahkan, pemerintah melalui Kementerian

Was’an, G. H., & Sariningsih, A. (2021). Pelatihan Pemasaran Produk Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) Berbasis Digital di Kecamatan Citeureup. Jurnal Pengabdian Masyarakat Madani, 1(1), 31–36. https://doi.org/10.51805/jpmm.v1i1.7

Widiawati, H. S., Linawati, L., Nurdiwaty, D., Winarko, S. P., Faisol, F., & Zaman, B. (2024). Pelatihan Akuntansi dan Pemasaran Digital untuk UMKM Anggota Koperasi SAKTI di Kota Kediri. BERDAYA: Jurnal Pendidikan Dan Pengabdian Kepada Masyarakat, 6(1), 33–42. https://doi.org/10.36407/berdaya.v6i1.1128.

##submission.downloads##

Diterbitkan

2024-09-30

Terbitan

Bagian

Artikel