SOSIALISASI GASTRODIPLOMASI JAWA BARAT DALAM MENINGKATKAN EKONOMI PEKERJA MIGRAN INDONESIA (PMI) DI MALAYSIA
DOI:
https://doi.org/10.24034/kreanova.v4i3.6861Kata Kunci:
Gastrodiplomasi, Malaysia, pekerja migran Indonesia, sanggar belajarAbstrak
Kegiatan ini bertujuan untuk mengenalkan kuliner khas Jawa Barat kepada para anak Pekerja Migran Indonesia (PMI) di Malaysia yang ada di Sanggar Belajar Indonesia di Malaysia. Program ini tidak hanya mempromosikan kuliner Jawa Barat tetapi juga meningkatkan pemahaman kepada anak-anak PMI di Malaysia mengenai warisan budaya daerah sebagai bentuk promosi budaya kuliner Jawa Barat. Program ini dilaksanakan dengan metode pendidikan masyarakat baik secara online maupun offline. Teknik penyampaian program ini yaitu melalui sosialisasi, permainan, dan kuis interaktif. Program ini berhasil menciptakan suasana belajar yang menyenangkan sekaligus mendidik. Hasil kegiatan menunjukkan bahwa gastrodiplomasi dapat menjadi alat yang efektif untuk mempererat hubungan budaya, meningkatkan kesejahteraan komunitas PMI, dan membuka peluang ekonomi melalui pengetahuan yang diperoleh para peserta program. Kegiatan ini juga berhasil menggugah pentingnya dukungan berkelanjutan untuk mengatasi tantangan seperti keterbatasan akses pendidikan formal dan status hukum yang tidak diakui yang masih dihadapi oleh anak-anak PMI. Program ini memberikan kontribusi positif terhadap hubungan bilateral Indonesia-Malaysia dan menunjukkan potensi besar dalam pengembangan ekonomi kreatif di kalangan komunitas PMI sebagai aktor diaspora yang dapat menjadi instrumen bagi aktor daerah di Indonesia.
Referensi
Astuti, D. M. (2018). Gastrodiplomacy Sebagai Strategi Pengembangan Potensi Pariwisata Kuliner Indonesia Dalam Mendukung Program ASEAN Tourism Strategic Plan (ASTP). Seminar Nasional dan Diskusi Panel Multidisiplin Hasil Penelitian & Pengabdian kepada Masyarakat., 1-10.
Dewi, E. (2013). Migrasi Internasional dan Politik Luar Negeri Indonesia. Jurnal Ilmiah Hubungan Internasional, 9(1): 1-6.
Fahrudin, A. (2024). Merajut Asa Pendidikan Anak Pekerja Imigran Indonesia di Malaysia (Bagian Kedua). Retrieved from Universitas PTIQ Jakarta: https://ptiq.ac.id/2024/08/20/merajut-asa-pendidikan-anak-pekerja-imigran-indonesia-di-malaysia-bagian-kedua/
Humas. (2017). Meningkatkan Branding Negara Melalui “Gastro Diplomacy”. Retrieved from Sekretariat Kabinet Indonesia : https://setkab.go.id/meningkatkan-branding-negara-melalui-gastro-diplomacy/#:~:text=Gastro%20diplomacy%20merupakan%20inisiatif%20awal,Malaysia%20dengan%20proyek%20Malaysian%20Kitchen.
Kemnaker. (2023). Indonesia dan Malaysia Terus Upayakan Penyelesaian Berbagai Permasalahan PMI di Malaysia. Retrieved from kemnaker: https://kemnaker.go.id/news/detail/indonesia-dan-malaysia-terus-upayakan-penyelesaian-berbagai-permasalahan-pmi-di-malaysia
Nurmiarani, M. (2024). Gastrodiplomasi Ala Tim FISIP UNIKOM: Memberdayakan Komunitas PMI di Malaysia Lewat Kuliner Jawa Barat. Retrieved from mata bandung: https://matabandung.pikiran-rakyat.com/pendidikan/pr-1828477289/gastrodiplomasi-ala-tim-fisip-unikom-memberdayakan-komunitas-pmi-di-malaysia-lewat-kuliner-jawa-barat?page=all
Prameswari, N. K. (2023). Gastrodiplomacy Projection : Rekomendasi Kebijakan untuk Kesuksesan Gastrodiplomasi Indonesia. SPICES (Social and Political Sciences) Journal, 1-11.
Rahman, M. R. (2023). Mendag buka ritel khusus produk Indonesia di Malaysia. Retrieved from Antara Kantor Berita Indonesia: https://www.antaranews.com/berita/3577119/mendag-buka-ritel-khusus-produk-indonesia-di-malaysia
Sari, S. L. (2020). Buku Ajar Manajemen Usaha Kecil dan Menengah. UNIPMA Press (Anggota IKAPI). Madiun:
Statistik. (2024). Retrieved from BP2MI Badan Pelindungan Pekerja Migran Indonesia: https://www.bp2mi.go.id/statistik-detail/data-penempatan-dan-pelindungan-pekerja-migran-indonesia-periode-desember-2023
Widyawati, W. (2024). Peluang Besar Kuliner Indonesia di Kancah Internasional. Retrieved from Kumparan : https://kumparan.com/winnie-widyawati/peluang-besar-kuliner-indonesia-di-kancah-internasional-21vBbt4kglC