PELATIHAN DIGITAL MARKETING GUNA MENINGKATKAN PENJUALAN KRIPIK SINGKONG
DOI:
https://doi.org/10.24034/kreanova.v4i3.6850Kata Kunci:
digital marketing, UMKM, peningkatan penjualanAbstrak
Potensi sumber daya pertanian dan perkebunan yang dimiliki Desa Sumberjati Kecamatan Jatirejo Kabupaten Mojokerto terutama hasil perkebunan berupa singkong, ketela, pisang, tales dan bote merupakan kesempatan untuk memperoleh nilai tambah yang patut diperhitungkan. Melihat adanya potensi ekonomi berupa hasil singkong yang melimpah pada UMKM Rina berkah jaya mengolah singkong menjadi keripik singkong dan dikemas dengan design packaging yang baik untuk menarik minat para konsumen untuk membeli produk. Beberapa permasalahan yang dihadapi oleh UMKM adalah tentang kemasan yang kurang menarik dan kurang luasnya daerah pemasaran,sehingga omset penjualan yang cenderung masih rendah. Bertitik tolak pada kondisi tersebut tim pengabdian Universitas Muhammadiyah Surabaya melakukan pelatihan terkait pembuatan design packaging dan strategi pemasaran dengan Digital marketing guna meningkatkan hasil penjualan. Adapun platform yang digunakan untuk Digital marketing adalah tiktok ,whatshapp dan IG. Platform inilah yang dipergunakan untuk memasang foto-foto dan profil UMKM yang bisa diakses calon pembeli. Dari hasil evaluasi yang telah dilakukan dengan metode wawancara terhadap 50 pembeli diperoleh hasil 26 % memperoleh informasi produk dari tiktok, 52% dari Watshapp dan sisanya 22% dari IG.
Referensi
Dianto, K. (2023). Analisis Kelayakan Bisnis UMKM Pada Aspek Pemasaran. RESWARA; Jurnal Riset Ilmu Teknik, 1(1): 9–16. https://doi.org/10.62238/reswara;jurnalrisetilmuteknik.v1i1.18
Durianto, D., & Sitinjak, T. (2004). Strategi Menaklukkan Pasar Melalui Riset Ekuitas dan Perilaku Merek, PT. In Gramedia Pustaka Utama. PT.Gramedia Pustaka Utama.Jakarta.
Ponidi, P., Ariani, B., & Haryanti, T. (2022). UMKM Krupuk Pasir Dalam Upayapeningkatan Produksi dan Penjualan Dengan Modernisasi Peralatan Penggorengan. Humanism : Jurnal Pengabdian Masyarakat, 3(3):172–186. https://doi.org/10.30651/hm.v3i3.15063
Rahmawati, L., Fadhilah, M., & Cahya, A. D. (2024). Pengaruh Celebrity Endorser dan Desain Produk Terhadap Keputusan Pembelian Melalui Brand Awareness Sebagai Variabel Intervening Pada Konsumen Brand Erigo di Indonesia. Jurnal Manajemen Terapan Dan Keuangan, 13(02): 481–495. https://doi.org/10.22437/jmk.v13i02.31741
Rijanto, A., & Rahayuningsih, S. (2018). Pkm Peningkatan Pengetahuan Pengelolaan Usaha Pada Pengusaha Mikro Keripik Singkong. 7–12.
Rosita, Y. D., & Ardiantoro, L. (2018). Pelatihan Pemrograman Aplikasi Microsoft Office Sebagai Bentuk Pengembangan Iptek Remaja. Seminar Nasional Sains Dan Teknologi Terapan, 625–630.
Safko, L. and D. K. B. (2009). The social media bible: tactics, tools, and strategies for business success. Choice Reviews Online, 47(01): 47-0374-47–0374. https://doi.org/10.5860/choice.47-0374
Sulaeman. (2023). Perbandingan Tingkat Pendapatan UMKM Di Masa Pandemi dan Pasca Covid-19. (Studi Kasus Di Objek Wisata Loang Baloq Kota Mataram). Nucl. Phys., 13(1):104–116.