UPAYA PENINGKATAN PEREKONOMIAN MELALUI EKSPOR PRODUK (MUKENA) DI BANGIL, PASURUAN. JAWA TIMUR

Penulis

  • Widhi Ariestianti Rochdianingrum Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Indonesia (STIESIA) Surabaya
  • Endang Dwi Retnani Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Indonesia (STIESIA) Surabaya
  • Fidiana Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Indonesia (STIESIA) Surabaya
  • Dini Widyawati Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Indonesia (STIESIA) Surabaya
  • Hindah Mustika Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Indonesia (STIESIA) Surabaya

DOI:

https://doi.org/10.24034/kreanova.v4i2.6691

Kata Kunci:

ekspor, , ekonomi, mukena, UMKM

Abstrak

Kegiatan pengabdian ini dilakukan dengan tujuan utama untuk meningkatkan keberlangsungan perekonomian baik untuk pelaku UMKM mukena dan lingkungan sekitarnya, alasan kegiatan ini pada mukena dikarenakan mukena sebagai salah atau pakaian yang dipergunakan oleh umat islam khususnya kaum wanita, mukena memiliki model yaitu putusan dan terusan, memiliki varian warna dan motif. Pelaku UMKM mengalami suatu kendala karena adanya jumlah pembeli yang menurun selain karena adanya dampak Covid-19 juga karena adanya harga bahan yang meningkat. Adanya pengabdian ini untuk membantu menyelesaikan beberapa kendala yang ada, salah satu upaya yang dilakukan dalam hal ini berupa memperluas pangsa pasar ke negara lain (Asia), hal ini dilakukan karena kualitas produk (mukena) yang dihasilkan sangat baik dan layak direkomendasikan ke pihak asing. Bahan yang dipergunakan di bilang memiliki kualitas sangat baik karena bahan yang dipakai berasal dari bahan yang sudah sesuai dengan kondisi dan sesuai dengan selera pada umumnya konsumen dan pelanggan yaitu berbahan ringan dan nyaman tidak terasa panas. Ekspor merupakan suatu kegiatan yang bertujuan untuk meningkatkan pertumbuhan di segala sektor, salah satunya sektor berupa sektor ekonomi.

Referensi

BPS Kota Kediri. (2023). Badan Pusat Satatistik Kota Kediri.

Databoks. (2023). Populasi Muslim Indonesia Terbanyak di Asia Tenggara, Berapa Jumlahnya?

Fealy, G. 2008. Consumming Islam: Commodified religion and aspirational pietism in contemporary Indonesia. Expressing Islam: Religious life and politics in Indonesia

Harahap, K., & Amanah, D. 2018. Peningkatan Daya Saing Mukena dan Keset Kaki di Kecamatan Percut Sei Tuan. Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat JPKM UNIMED, 24(1), 502-509.

Mirantika, N., & Marbun, S. (2016). Pengaruh Modernisasi Terhadap Perkembangan Komodifikasi Mukena (Vol. 1).

Putra. (2022). Pengaruh Ekspor , Impor , dan Kurs terhadap Pertumbuhan Ekonomi di Indonesia. Growth: Jurnal Ilmiah Ekonomi Pembangunan, 1(2), 124–137.

Satar, M., Teknik, P. S., Pembekalan, M., Teknik, F., & Bandung, U. N. (2015). Prosedur Pelaksanaan Kegiatan Ekspor Barang, 5(2), 16–21.

Republik.co.id.DEPOK, (2023)

Utami, Thamrin., 2021. Pengaruh Differensiasi Produk dan Kualitas Produk terhadap Keputusan Pembelian Mukena Bordir Khas Bukittinggi. Vol 4(1): 72-80

Republik.co.id.DEPOK, 2023

##submission.downloads##

Diterbitkan

2024-05-30

Terbitan

Bagian

Artikel