PELATIHAN PENETAPAN HPP DAN HARGA JUAL SERTA ESTETIKA PRODUK KAIN BATIK ECOPRINT

Penulis

  • Nur Suci IMM UHW Perbanas Surabaya
  • Riski Aprillia Nita UHW Perbanas Surabaya
  • Joicenda Nuhumury UHW Perbanas Surabaya
  • Haryati Setyorini UHW Perbanas Surabaya
  • Kartika Marta Budiana UHW Perbanas Surabaya

DOI:

https://doi.org/10.24034/kreanova.v4i2.6643

Kata Kunci:

harga pokok produksi, harga jual, ecoprint

Abstrak

Mitra dalam pengabdian masyarakat difokuskan pada siswa-siswa kelas X pada Sekolah Menengah Atas Negeri 20 Surabaya, terdapat tiga permasalahan yang dihadapi oleh mitra yaitu: (1) Kurangnya pemahaman siswa dalam menentukan harga pokok produksi atas kain batik ecoprint; (2) Kurangnya pengetahuan menentukan harga jual produk berupa kain batik ecoprint; (3) Kurangnya pengetahuan estetika menata daun-daun di atas kain mori putih. Adapun solusi yang diberikan : (1) Melakukan pelatihan dengan memberikan materi dan pengetahuan cara menghitung harga pokok produksi, (2) Melakukan pelatihan cara menentukan harga jual serta, (3) Melakukan pendampingan kepada siswa-siswa pada saat melakukan proses penataan daun-daun di atas kain mori putih, agar mendapatkan estetika yang lebih bagus. Terdapat empat tahap yang dilaksanakan oleh tim pengabdian masyarakat, yaitu : tahap persiapan (identifikasi kebutuhan), tahap penentuan jadwal, tahap pelaksanaan (pendampingan dan pelatihan) dan tahap evaluasi. Keempat tahap sudah terlaksana dengan baik dan ketiga solusi telah dilakukan dalam dua kali pertemuan yaitu berupa pendampingan estetika penataan daun dan pelatihan cara menentukan harga pokok produksi dan harga jual kain batik ecoprint.

Referensi

Amalia. M. C., (2017). Batik Ecoprint, yang Sederhana Jadi Barang Mahal. http:// warga jogja.net/bisnis/batik-eco-print-yang-sederhana-jadibarang-mahal.html.

Dedi P., Anik I., dan Pebriana S., (2022), PKM Pelatihan Pembuatan Ecoprint untuk Ibu-ibu PKK berdampak Covid-19 di Komplek Bcl Hajimena Lampung Selatan. Jurnal Pengabdian pada Masyarakat, 4(1).

Herlina, M. S., dan Dartono, (2018). Explorasi Eco Printing untuk Produk Sustainable Fashion. Jurnal Kriya, 15(2): 118-130.

Mulyadi, (2014). Akuntansi Biaya, Edisi 5 cetakan ke 12, penerbit/pencetak UPB sekolah Tinggi Ilmu Manajemen YKPN, Yogyakarta.

Paradigma Bangsa_Home A. daerah, Headline, Hot-436 Views (19 Mei 2022). Lounching Ecoprint SMAN 20 Surabaya. https://paradigmabangsa. com/lounching-ecoprint-sman-20 surabaya.

Riana Dewie, (2022). Batik Ecoprint adalah Trend Fashion yang RamahLingkungan.

Tiara A. S., 2022, Ajang Kreasi Siswa SMA Negeri 20 Surabaya,

William N. Lanen, Shannon W. A., Michael W. M., (2017). Dasar-dasar Akuntansi Biaya, Edisi 4, penerbit Salemba Empat, Jakarta Selatan.

##submission.downloads##

Diterbitkan

2024-05-30

Terbitan

Bagian

Artikel