STRATEGI DIGITAL MARKETING DAN PEMBUATAN COMPANY PROFILE PADA UMKM KALIKEPITING SEJAHTERA KECAMATAN TAMBAK SARI

Penulis

  • Lailatul Amanah Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Indonesia (STIESIA) Surabaya
  • Nur Handayani Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Indonesia (STIESIA) Surabaya
  • Susanti Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Indonesia (STIESIA) Surabaya
  • Muftiyatul Azizah Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Indonesia (STIESIA) Surabaya

DOI:

https://doi.org/10.24034/kreanova.v4i2.6639

Kata Kunci:

pemasaran digital, profil perusahaan, media sosial

Abstrak

UMKM sebagai salah satu pelaku usaha memiliki kontribusi besar dalam menciptakan laju pertumbuhan ekonomi di antaranya sebagai sumber pendapatan bagi masyarakat. Perkembangan teknologi informasi dan komunikasi membawa beberapa pengaruh positif untuk bangsa terutama bagi para pelaku usaha termasuk UMKM dalam memperluas pangsa pasarnya. Digital marketing merupakan salah satu bentuk strategi pemasaran yang dilakukan untuk mempromosikan suatu produk agar dapat sampai kepada konsumen secara cepat dan tepat waktu. Selain menggunakan digital marketing, membuat company profile atau profil perusahaan menjadi alat pendukung dalam pengembangan sebuah usaha. Para pelaku usaha menggambarkan deskripsi usahanya, menampilkan keunggulan produknya dalam sebuah profil perusahaan. UMKM Kali Kepiting Sejahtera yang bergerak di bidang makanan minuman dan kerajinan/handycraft ini sebagian besar masih belum menggunakan digital marketing sebagai sarana pemasaran produk, di samping itu paguyuban UMKM Kali Kepiting sebagian besar belum menggunakan company profil sebagai alat untuk mengenalkan dan memasarkan produknya. Oleh karena itu dengan adanya kegiatan pengabdian kepada masyarakat ini yang bertopik “Strategi Digital Marketing dan Pembuatan Company Profile pada UMKM Kali kepiting Sejahtera Kecamatan Tambak Sari Kota Surabaya”, diharapkan UMKM dapat menawarkan produknya secara digital sehingga produk-produk UMKM lebih dikenal di masyarakat luas serta dapat menarik minat beli para konsumen baik di wilayah Surabaya maupun di luar Surabaya.

Referensi

Alfin, A. (2021). Analisis Strategi UMKM Dalam Menghadapi Krisis Di Era Pandemi Covid-19. Jurnal Inovasi Penelitian,1(12). https://doi.org/https://doi.org/10.47492/jip.v1i8.280

Fadhilah, D. A., dan Pratiwi, T. (2021). Strategi Pemasaran Produk UMKM Melalui Penerapan Digital Marketing. Coopetition : Jurnal Ilmiah Manajemen, XII(1):17–22. http://www.journal.ikopin.ac.id/index.php/coopetition/article/view/279

Prihandini, A., dan Seba, N. (2021). Penyusunan Company Profil Bagi UMKM. Webinar Abdimas 4.

Susanto, B., Hadianto, A., Chariri, F. N., Rochman, M., Syaukani, M. M., & Daniswara, A. A. (2020). Penggunaan Digital Marketing untuk Memperluas Pasar dan Meningkatkan Daya Saing UMKM. Community Empowerment, 6(1):42–47. ttps://doi.org/10.31603/ce.4244

Wibowo, D. H., Arifin, Z., & Sunarti. (2015). Analisis strategi UMKM (Studi pada Batik Diajeng Solo). Jurnal Administrasi Bisnis (JAB), 29(1):59–66. http://download.garuda.kemdikbud.go.id/article.php?article=371075&val=6468&title.

##submission.downloads##

Diterbitkan

2024-05-30

Terbitan

Bagian

Artikel