PENINGKATAN KOMPETENSI PROMOSI PRODUK MELALUI IDENTITAS MEREK BAGI SISWA SMA MUHAMMADIYAH 8 CERME GRESIK

Penulis

  • Heru Baskoro Universitas Muhammadiyah Gresik
  • Sukaris Universitas Muhammadiyah Gresik
  • Ahmad Qoni Dewantoro Universitas Muhammadiyah Gresik

DOI:

https://doi.org/10.24034/kreanova.v4i2.6564

Kata Kunci:

merek, visibel, target pasar, sosialisasi

Abstrak

Permasalahan yang dihadapi pada peserta khususnya siswa SMA yang dikaitkan dengan kompetensi dalam membuat merek adalah selama ini di dalam membuat merek peserta belum mempertimbangkan aspek kreteria-kreteria dalam pengembangan merek sebuah produk dan masih mengandalkan kemauan si pemilik produk bukan calon pembeli produk, sehingga visibilitas merek menjadi kurang menarik dan tidak tidak sesuai target pasar. Kegiatan ini dilakukan untuk membekali siswa tentang pentingnya merek melalui peningkatan kompetensi promosi produk melalui identitas merek untuk meningkatkan visibilitas produk bagi siswa di SMA Muhammadiyah 8 Cerme Gresik, peningkatan kompetensi ini meliputi; kompetensi dalam membuat merek membuat, teknik memotivasi diri dalam menciptakan visibilitas produk yang akan diciptakan, menyerap cara-cara baru, pengetahuan baru dan juga ketrampilan baru yang sangat bermanfaat untuk meningkatkan kualitas diri, persiapan diri lebih dini dalam mempersiapkan diri untuk mengambil pilihan tepat setelah lulus dan memiliki rencana, ide merek yang kuat untuk calon-calon produk yang potensial yang akan diciptakan sekarang atau setelah lulus nantinya. Metode yang digunakan dalam kegiatan ini adalah dengan model brainstorming dan sosialisasi, hasil menunjukkan bahwa peserta antusias dalam mengikuti kegiatan serta telah memiliki pengetahuan.

Referensi

Diastara, A. P. (2020).Pelaksanaan Program Double Track Tata Kecantikan Pengantin Berhijab di SMAN 1 Sooko Ponorogo’, Jurnal Tata Rias, 09(2): 351–358.

Emilda Jusmin (2012). Pengaruh Latar Belakang Keluarga, Kegiatan Praktik di Unit Produksi Sekolah, Dan Pelaksanaan Pembelajaran Kewirausahaan Terhadap Kesiapan Berwirausaha Siswa SMK di Kabupaten Tanah Bumbu’, Jurnal Kependidikan: Penelitian Inovasi Pembelajaran.

Hanim, Haninah, and Heru Baskoro (2023). Peran Manajemen Sumber Daya Manusia Dalam Pengembangan Karir Karyawan Perumda Bpr Bank Gresik." Trending: Jurnal Manajemen dan Ekonomi 1.(1): 229-253.

Nanang, A. P. (2019). Pengaruh Pengetahuan Kewirausahaan Dan Sikap Berwirausaha Terhadap Minat Berwirausaha Siswa Kelas XI SMA Negeri 11 Kota Jambi’, Article. 1–7.

Nurbaya, S. (2012).Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Kesiapan Berwirausaha Siswa Smkn Barabai Kabupaten Hulu Sungai Tengah Kalimantan Selatan’, Jurnal Pendidikan Teknologi dan Kejuruan UNY, 21(2)

Paramitasar, F. (2016). Pengaruh Motivasi Berwirausaha Dan Pengetahuan Kewirausahaan Terhadap Minat Berwirausaha,. 239–248.

Rahim, A. R., Ernawati, E., Sukaris, S., Amirrudin, N., Romadlon, P. N., & Kamaaluddin, M. F. (2023). Penerapan Branding Produk Untuk Meningkatkan Perekonomian Masyarakat Desa Ngampel Khususnya Pelaku UMKM. DedikasiMU: Journal of Community Service, 5(1): 88-95.

Rizqi, Akhmad Wasiur (2023). Orientasi Branding Dan Pemasaran Online Bersama Pkk, Karangtaruna, Dan Umkm Desa Sidomulyo Kec. Mantup Kab. Lamongan." DedikasiMU: Journal of Community Service 5(4): 477-486.

Tahirs, J. P. and Rambulangi, A. C. (2020). Menumbuhkan Minat Berwirausaha Melalui Pelatihan Kewirausahaan Bagi Siswa Smk’, Community Development Journal : Jurnal Pengabdian Masyarakat, 1(2):125–129.

Widyasari, Qori, and Sukaris Sukaris (2023). "Pengaruh Citra Merek, Promosi, Dan Kualitas Layanan Terhadap Keputusan Nasabah Menabung Pada Produk Tabungan Haji Rtjh (Studi Pada Bank Muamalat Kcp Lamongan)." Master: Jurnal Manajemen dan Bisnis Terapan 2(2): 174-183.

##submission.downloads##

Diterbitkan

2024-05-30

Terbitan

Bagian

Artikel