PELATIHAN PENGGUNAAN MESIN EKSTRUSI DAN PENGADUK LIMBAH IKAN PADA UMKM DI KENJERAN

Penulis

  • Ponidi Universitas Muhammadiyah surabaya
  • Anastas Rizaly Universitas Muhammadiyah Surabaya

DOI:

https://doi.org/10.24034/kreanova.v4i2.6553

Kata Kunci:

jeroan ikan, mesin ekstrusi dan pengaduk, pupuk organik

Abstrak

Mengingat potensi sumber daya laut dan air yang dimiliki Kota Surabaya khususnya di wilayah pesisir Kenjeran, tentunya perlu adanya pelatihan terkait strategi pengembangan dan pemeliharaan untuk menjaga kondisi lingkungan yang memberikan dampak positif. Melihat mayoritas penduduk pesisir adalah nelayan dan lebih banyak melakukan pengolahan hasil tangkapan ikan secara mandiri ataupun kelompok maka potensi limbah ikan, limbah jeroan ikan membutuhkan perlakuan khusus, dengan melihat kondisi tersebut maka dibutuhkan mesin pengolah limbah ikan dan jeroan yang bisa diolah menjadi pupuk organik yang dapat dimanfaatkan untuk kesuburan tanaman . Bertitik tolak pada kondisi yang demikian maka tim pengabdian Universitas Muhammadiyah Surabaya membuat mesin pengolahan limbah jeroan ikan dengan kapasitas 8 kg/jam dan sekaligus sebagai pengaduk adonan pupuk organik yang terdiri dari 100 gram jeroan ikan yang sudah digiling, 660 sekam padi, 660 gram arang halus, 1liter air, tanah dan 100 ml bakteri EM4 kemudian difermentasi di tempat/wadah yang kedap udara selama 5 sampai dengan 10 hari. Dari hasil pengabdian berupa pelatihan pemanfaatan mesin ekstrusi dan pengaduk jeroan ikan pada UMKM di Kenjeran didapat hasil awal berupa fermentasi adonan yang kemudian dikeringkan dengan kadar air 11 persen, selama kurang lebih 1 hari penuh dan pupuk siap untuk dikemas serta dipasarkan.

Referensi

Ponidi, B. A. (2022). UMKM Krupuk Pasir dalam upaya peningkatan produksi dan penjualan dengan Modernisasi Peralatan Penggorengan . Humanism, 172-186.

Prasetyo, M. A. (2020). Pemberdayaan Potensi Wisata Pantai Kenjeran Surabaya. Surabaya: Jurnal Teknik ITS .

Putri, R. d. (2020). Perancangan dan pembuatan mesinpenggiling daging dan pengaduk adonan Bakso . Jurnal Teknik Mesin 7(1): 14-19.

Rahmawati.L, J. M. (2023). Implementasi Blue Economy di wilayah pesisir kenjeran Surabaya . Oeconomicus Jurnal Of Economics (7) (2).

Setyawati, R. d. (2022). Pemanfaatan limbah jeroan ikan bandeng(Chanos-Chanos) untuk pembuatan struvit sebagai pupuk dengan metode lepas(Slow released Fertilizer). Untirta: Banten :

Sularso. (2004). Dasar perancangan dan pemilihan elemen mesin. Jakarta: PT.Pradnya Paramita.

##submission.downloads##

Diterbitkan

2024-06-20

Terbitan

Bagian

Artikel