PELATIHAN DAN PENDAMPINGAN DESAIN GRAFIS BAGI SISWA BERKEBUTUHAN KHUSUS
DOI:
https://doi.org/10.24034/kreanova.v4i2.6548Kata Kunci:
desain grafis, social media marketing, siswa berkebutuhan khususAbstrak
Penggunaan media sosial untuk mendukung kegiatan pemasaran menjadi hal yang sangat penting pada saat ini. Kemampuan untuk membuat desain konten-konten sosial media yang dapat digunakan untuk memasarkan produk menjadi penting bagi siswa, termasuk siswa dengan kebutuhan khusus agar dapat melengkapi mereka dengan kompetensi yang dibutuhkan dalam dunia kerja. Oleh karena itu, dosen dan mahasiswa School of Business and Management Universitas Kristen Petra mengadakan kegiatan pengabdian pada masyarakat dengan metode pelatihan dan pendampingan yang ditujukan bagi siswa AORA, sebuah lembaga kursus dan pelatihan bagi siswa berkebutuhan khusus di Surabaya. Pelatihan dan pendampingan ini diselenggarakan selama kurang lebih 8 minggu dalam kurun waktu Januari-Maret 2024. Secara spesifik, materi yang diberikan adalah desain grafis dengan menggunakan aplikasi canva untuk menghasilkan konten berupa poster, name tag produk, katalog produk dan reels. Secara umum siswa menunjukkan respon yang positif atas kegiatan pelatihan dan pendampingan ini. Mereka mengakui adanya manfaat dan menyatakan kesediaannya untuk mengikut pelatihan lanjutan yang akan direncanakan untuk mereka.
Referensi
Adawiyah, A., Rahmat, A., dan Munsi, M. F. (2019). Literasi visual melalui teknologi canva (stimulasi kemampuan kreativitas berbahasa indonesia mahasiswa). 3rd National Conference on Education of Suryakancana, 183–187.
Ardianti, R. (2023). Berdaya bersama; pendampingan marketing entrepreneurial bagi umk dengan metode hybrid service learning. Jurnal Kreativitas dan Inovasi (Jurnal Kreanova), 3(3): 91-96.
Boyle, J. R., dan Kennedy, M. J. (2019). Innovations in classroom technology for students with disabilities. Intervention in School and Clinic, 55(2):67–70. https://doi.org/10.1177/1053451219837716
Budiarto, S. P. (2019). Pelatihan desain grafis dan multimedia di sekolah menengah kejuruhan persatuan guru republik indonesia banyuputih situbondo. Jurnal Pemberdayaan Masyarakat, 4(1):308–313. https://doi.org/10.21067/jpm.v4i1.3059
Indriyani, R., Kempa, S., & Pertiwi, D. (2023). Pengembangan potensi umkm kelurahan jagir, wonokromo dengan pendekatan pemasaran digital. Jurnal Kreativitas dan Inovasi (Jurnal Kreanova), 3(3):117-122.
Ningrum, N. A. (2022). Strategi pembelajaran pada anak berkebutuhan khusus dalam pendidikan inklusi. Indonesian Journal of Humanities and Social Sciences, 3(2).
Putri, N., Karsen, M., Juwitasary, H., Rumondor, P., dan Kristin, D. (2023). The use of interactive digital content as assistive technology for student with ADHD. https://doi.org/10.1109/ICIMTech59029.2023.10277849
Rizk, J., dan Hillier, C. (2022). Digital technology and increasing engagement among students with disabilities: Interaction rituals and digital capital. Computers and Education Open, 3, 100099. https://doi.org/https://doi.org/10.1016/j.caeo.2022.100099
Wardhanie, A. P., Fahminnansih, F., & Rahmawati, E. (2021). Pemanfaatan aplikasi canva untuk desain grafis dan promosi produk pada sekolah islami berbasis kewirausahaan. Sociaty, 2(1): 51–58. https://doi.org/10.37802/society.v2i1.170