PENDAMPINGAN PENGEMBANGAN AGROINDUSTRI BERBAHAN DASAR KELOR DI DESA SUKOSONGO KABUPATEN LAMONGAN

Penulis

  • Yunni Rusmawati DJ Fakultas Ekonomi, Universitas Islam Lamongan
  • Luluk Nur Azizah Fakultas Ekonomi, Universitas Islam Lamongan
  • Emalia Nova Sustyorini Fakultas Ekonomi, Universitas Islam Lamongan
  • Evi Fitrotun Najiah Fakultas Ekonomi, Universitas Islam Lamongan

DOI:

https://doi.org/10.24034/kreanova.v4i1.6333

Kata Kunci:

agro-industri, daun kelor, UMKM

Abstrak

Tanaman kelor merupakan salah satu jenis tanaman (plasma nutfah) yang dinilai mempunyai nilai ekonomi yang relatif kecil, tanaman kelor merupakan tanaman yang sering digunakan sebagai sayur, obat, dan diolah menjadi berbagai produk. Seperti yang sudah ada di Desa Sukosongo yaitu pengembangan industri budidaya daun kelor untuk mie daun kelor dan nastar daun kelor untuk digunakan pada industri pangan. Bahan bakunya dinilai masih terjangkau karena diambil dari produk yang sudah tersedia di kebun apotek. Selain tanaman kelor, berbagai tanaman obat juga bisa di temukan di kebun apotek. Alat sederhana masih digunakan dalam produksi. Agroindustri daun kelor merupakan perusahaan yang bergerak dibidang pengolahan daun kelor menjadi beberapa produk dengan menggunakan bahan dasar daun kelor. Desa Sukosongo mempunyai kebun apotek dengan berbagai tanaman herbal. Kader Matahari Asuan Mandir (Asman) di Desa Sukosongo mengembangkan tanaman tersebut untuk industri, tumbuhnya kesadaran masyarakat desa Sukosongo terhadap pemanfaatan pangan sehat alami memunculkan berbagai inovasi pangan sehat berbahan dasar alami. Produk masyarakat kreatif berbahan dasar daun kelor ini merupakan salah satu pilar Desa Sukosongo.

Referensi

Allorerung, D., 2013. Kemungkinan pengembangan pengolahan buah kelapa secara terpadu Skala Pedesaan. Prosiding Konferensi Nasional Kelapa IV.Bandar Lampung.

Kartini, A. M., Fitria, F. L., & Kadhafi, M. (2018). Warta pengabdian, Vol 12(2): 271-281.

Komariyah. Nurul. 2015. Prospek pengembangan usaha agroindustri berbahan baku tepung daun kelor di Desa Pekandangan Sangrah Kecamatan Bluto Kabupaten Sumenep. Fakultas pertanian/Program studi agribisnis. UNEJ. Jember

Panca, Adha. dan Anhar, Muh. 2015. Strategi pengembangan agroindustri kelapa sebagai upaya percepatan ekonomi masyarakat di Kabupaten Ketapang. Jurnal Industri 3 (1): 13-26.

Purnomo, Dwi. (2016) Karakteristik, Penerapan, dan pengembangan agroindustri hasil Pertanian Di Indonesia

Ridha. Ainur. 2015. Strategi pengembangan dan nilai tambah pada agroindustri tanaman kelor PT.Pustaka Madura Di Kecamatan Bluto Kabupaten Sumenep. Fakultas pertanian/Program studi agribisnis. UNEJ. Jember

Widyawati, Lies. (2020). Wawancara personal Buku Profil Desa Sukosongo Kembangbahu Lamongan.

##submission.downloads##

Diterbitkan

2024-01-23

Terbitan

Bagian

Artikel