PENDAMPINGAN TRY OUT PADA SISWA SEBAGAI ASSESSMENT BELAJAR MATEMATIKA

Penulis

  • Suryanti Pendidikan Matematika (Kampus Blitar), Universitas PGRI Adi Buana
  • Riki Suliana Ranggawati Sidik Pendidikan Matematika (Kampus Blitar), Universitas PGRI Adi Buana
  • Cicik Pramesti Pendidikan Matematika (Kampus Blitar), Universitas PGRI Adi Buana
  • Ayu Silvi Lisvian Sari Pendidikan Matematika (Kampus Blitar), Universitas PGRI Adi Buana

DOI:

https://doi.org/10.24034/kreanova.v4i1.6242

Kata Kunci:

Try Out, Asesmen, Matematika

Abstrak

Permasalahan yang dihadapi oleh siswa SMA pada mata pelajaran matematika adalah kurang mendapat hasil belajar yang memuaskan dan banyaknya kegiatan ekstrakurikuler yang menyebabkan siswa kurang latihan menyelesaikan soal. Sehingga guru perlu memberikan penguatan materi di antaranya dengan mengadakan latihan soal melalui kerjasama dengan Unipa Kampus Blitar khususnya Prodi Pendidikan Matematika dengan mengadakan try out matematika. Kegiatan ini dilakukan dengan maksud untuk mempersiapkan siswa dalam mengikuti penilaian akhir semester sehingga mendapat nilai dengan baik. Kegiatan ini juga sebagai bentuk pengembangan soal-soal evaluasi, dan penerapan asesmen belajar matematika yang langsung dapat diterapkan di masyarakat. Selain itu pada pengembangan pembelajaran matematika, kegiatan ini untuk mengetahui kesulitan-kesulitan siswa dalam menyelesaikan masalah matematika. Manfaat yang diharapkan pada kegiatan pengabdian masyarakat ini adalah siswa lebih mengetahui kemampuan dirinya dalam penguasaan materi dan berupaya untuk lebih mendalami materi-materi yang dianggap masih kurang dikuasai. Metode dalam kegiatan ini adalah memberikan try out matematika. Kegiatan diawali dengan perijinan, menentukan jadwal kegiatan, melaksanakan try out, mengumunkan hasil dan membahas beberapa soal.

Referensi

Anggreini, D., & Darmawan, C. A. (2016). Analisis Kualitas Soal Try Out Ujian Nasional. Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Matematika, 2(1).

Ardiyaningrum, M., Kusuma, C., & Trisniawati, T. (2018). Analisis Butir Try Out Ujian Nasional Matematika Sekolah Dasar Di Daerah Istimewa Yogyakarya Tahun . Taman Cendekia: Jurnal Pendidikan Ke-SD-An, 2(2).

Azis, A., & Nurlita, M. (2017). Analisis Kualitas Tes Try Out Ujian Nasional Tingkat SMP Se-Kota Baubau Buatan Mahasiswa Pendidikan Matematika. Jurnal Akademik Pendidikan Matematika, 3(1).

Badan Standar, K. dan A. P. (2022). Panduan Pembelajaran dan Asesmen. Kementrian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi.

Fahrurrozi, F., Sari, Y., & Shalma, S. (2022). Studi Literatur : Implementasi Metode Drill sebagai Peningkatan Hasil Belajar Matematika Siswa Sekolah Dasar. Edukatif: Jurnal Ilmu Pendidikan 4(3): 4325–4336.

Kusumaningrum, Y., Handayani, T., & Wakhidah, N. (2019). Pengembangan Aplikasi Mobile Try Out Untuk Ujian Nasional Matematika Pada Siswa SMK Kelas XII. Jurnal Pengembangan Rekayasa Dan Teknologi, 15(1).

Lismawati, L., Ramadhan, A. R., & Adilah, F. (2023). Pelatihan Evaluasi Siswa Dalam Pembelajaran PAI dan Bahasa Arab Melalui Quiz Wordwall di SMA Muhammadiyah 15 Jakarta. Jurnal Pengabdian Masyarakat Indonesia, 3(4), 497–502. https://doi.org/10.52436/1.jpmi.1282

Mardhiyana, D., & Jailani, J. (2017). Pengembangan Model Asesmen Pembelajaran Matematika SMA Berdasarkan Kurikulum 2013 Developing of Assessment Model of Mathematics Learning in Senior High School Based On Curriculum 2013. PYTHAGORAS: Jurnal Pendidikan Matematika, 12(2).

Mulyana, A. (2020). Restorasi Fokus Belajar Siswa melalui Ice-Breaking. Educivilia: Jurnal Pengabdian Pada Masyarakat, 1(1).

Nurfahilah, C. (2020). “Papa Pusing” Sebagai Upaya Meningkatkan Hasil Ujian Nasional Di SD Negeri Karanganyar 1. file:///C:/Users/ideap/Downloads/4991-18527-1-PB.pdf

Nursyirwan, V. I., Valentika, N., Basir, C., Sastro, G., & Ilmadi, I. (2020). Pembahasan Soal Tes Potensi Skolastik pada SBMPTN 2020 untuk Meningkatkan Kualitas Pelayanan Online di Tengah Pandemi Covid 19 di Bimbel dan Privat MATRIKS. Indonesia Berdaya, 1(2).

Sardia, Y., Fitriati, A., & Salmina, M. (2021). Analisis Kualitas Butir Soal Try Out Bidang Studi Matematika SMA N 1 Simeulue Tengah. Jurnal Ilmiah Mahasiswa Pendidikan, 2(1).

Sari, M., Dalimunthe, A. H., Kurniasari, P., & Thereza, N. (2020). Implementasi Pemanfaatan Sistem Try Out Ujian Tulis Berbasis Komputer Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri Berbasis Website. Journal Pengamdian Community, 3.

Setyani, D. A. (2022). Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Siswa Melalui Program Pendalaman Materi Linear (Journal of Mathematics Education), 3: 159–167.

Simarmata, J. E., & Ahzan, Z. N. (2021). Bimbingan dan Pelatihan Penalaran Matematika Jenis Soal UTBK bagi Siswa SMA di Masa Pandemi Covid-19. Jurnal Pengabdian Pada Masyarakat, 6(4), 1015–1024.

Siregar, E., & Suryadinata, N. (2022). Assessment Pembelajaran Matematika Berbasis Round Table dan Tutor Sebaya. Jurnal Pendidikan Matematika Universitas Lampung, 10(2): 208–219.

Zainal, N. F., Sahibe, N., & Satriani, S. (2021). Analisis Hasil Belajar Matematika dan Hasil Try Out Ujian Nasional Matematika Peserta Didik Madrasah Ibtidaiyah. JMIE (Journal of Madrasah Ibtidaiyah Education), 5(2).

##submission.downloads##

Diterbitkan

2024-01-23

Terbitan

Bagian

Artikel