PEMBENTUKAN EKOSISTEM USAHA MIKRO KELOMPOK SWADAYA MASYARAKAT GUYUB RUKUN MALANG

Penulis

  • Widjojo Suprapto School of Business and Management, Petra Christian University, Surabaya, Indonesia
  • Noni Kezia Marchyta School of Business and Management, Petra Christian University, Surabaya, Indonesia
  • Sesilya Kempa School of Business and Management, Petra Christian University, Surabaya, Indonesia
  • Yonathan Palumian School of Business and Management, Petra Christian University, Surabaya, Indonesia
  • Michael Audrey Endrata School of Business and Management, Petra Christian University, Surabaya, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.24034/kreanova.v4i1.6241

Kata Kunci:

ekosistem bisnis, usaha mikro, kelompok swadaya masyarakat, keberlangsungan bisnis

Abstrak

Pembentukan ekosistem usaha mikro sangat dibutuhkan dalam mendukung aktivitas bisnis usaha rumah tangga berskala mikro. Hal ini disebabkan karena dalam perjalanan bisnisnya, banyak para pemilik usaha skala mikro yang dihadapan dengan berbagai situasi yang tidak menentu, penuh resiko, dan ketidakpastian yang tinggi. Oleh karena itu, para pemilik usaha mudah putus asa, khawatir, dan galau, sehingga mereka sangat membutuhkan support system atau ekosistem yang bisa mendukung perjalanan bisnis mereka. Tujuan pembentukan ekosistem ini adalah membuat wadah dimana para pemilik usaha dan para pelaku bisnis bisa membagikan kesulitan-kesulitan mereka dan menemukan jawaban terhadap kondisi bisnis yang sedang dihadapi. Para pelaku bisnis bisa meningkatkan kemampuan manajerial dan keterampilan bisnis melalui pertemuan-pertemuan rutin bertema yang dirancang oleh pembina kelompok swadaya masyarakat guyub rukun. Harapan yang akan dicapai lainnya adalah bertambahnya jumlah para pemilik usaha mikro yang mampu mandiri dan naik kelasnya usaha mikro ke skala usaha kecil. Dengan adanya manfaat dari ekosistem bisnis ini, anggota dari kelompok swadaya masyarakat guyup rukun yang bernaung di bawah PPA Sikhar Malang bisa bertambah jumlahnya juga.

Referensi

Aujirapongpan, S. & Jutidharabongse, J. (2017). Strategic intuition: The development of leader in the 21st century. WMS Journal of Management, 6(3), 125-133.

Basole, R. C., Russell, M. G., Huhtamäki, J., Rubens, N., Still, K., & Park, H. (2015). Understanding business ecosystem dynamics: A data-driven approach. ACM Transactions on Management Information Systems (TMIS), 6(2): 1-32.

Hatak, I., Harms, R., & Fink, M. (2015). Age, job identification, and entrepreneurial intention. Journal of Managerial Psychology, 30(1):38-53.

Kandiah, G., & Gossain, S. (1998). Reinventing value: The new business ecosystem. Strategy & leadership, 26(5):28-33.

Kautonen, T., Tormikoski, E. T., & Kibler, E. (2011). Entrepreneurship intentions in the third age: the impact of perceived age norms. Small Business Economics, 37(2):219-234.

Kitsios, F., Papachristos, N., & Kamariotou, M. (2017, July). Business models for open data ecosystem: Challenges and motivations for entrepreneurship and innovation. In 2017 IEEE 19th Conference on Business Informatics (CBI), 1:398-407. IEEE.

Linardi, M. A., & Costa, J. (2022). Appraising the role of age among senior entrepreneurial intentions, European analysis based on HDI. Journal of Entrepreneurship in Emerging Economics, 14(6):953-975.

Majuri, M., & Halonen, N. (2022). Capability building through dynamic capabilities and organizational learning. In Filho, L., Azul, A. M., Brandli, L., Ozuyar, P. G., Wall, T. (Eds) Responsible consumption and protection. Encyclopedia of the UN Sustainable Development Goals. Springer, Charm.

Peltoniemi, M., & Vuori, E. (2004, September). Business ecosystem as the new approach to complex adaptive business environments. In Proceedings of eBusiness research forum, 2(22): 267-281.

Pidun, U., Reeves, M., & Schüssler, M. (2019). Do you need a business ecosystem. BCG Henderson Institute, 11.

##submission.downloads##

Diterbitkan

2024-01-23

Terbitan

Bagian

Artikel