PENGEMBANGAN POTENSI UMKM KELURAHAN JAGIR, WONOKROMO DENGAN PENDEKATAN PEMASARAN DIGITAL

Penulis

  • Ratih Indriyani Universitas Kristen Petra
  • Sesilya Kempa Universitas Kristen Petra
  • Dewi Pertiwi Universitas Kristen Petra

DOI:

https://doi.org/10.24034/kreanova.v3i3.6064

Kata Kunci:

UMKM, pengembangan bisnis, pemasaran digital

Abstrak

Penggunaan teknologi digital telah mempengaruhi semua aspek kegiatan usaha, termasuk dalam hal pemasaran, pemasaran berbasis digital digunakan untuk memperoleh konsumen, membangun preferensi mereka, memelihara konsumen, serta pada akhirnya mampu meningkatkan penjualan dan profit bisnis. Digital marketing merupakan cara komunikasi pemasaran yang mampu menimbulkan awareness dan engagement masyarakat terhadap produk UMKM. Digital marketing mampu memberikan kemudahan pada pembeli untuk mendapatkan informasi mengenai produk dan melakukan interaksi melalui internet. Di sisi lain digital marketing memungkinkan penjual untuk memantau dan menyediakan kebutuhan serta keinginan calon pembeli tanpa batasan waktu dan area geografis. Aktivitas pengabdian masyarakat kali ini bertujuan untuk mengintegrasi mendalami potensi UMKM di Kelurahan Jagir. Dari pemetaan potensi ini, aktivitas yang dilakukan adalah optimalisasi pemasaran digital. Dari kegiatan ini diperoleh gambaran bahwa pemilik usaha memahami pentingnya digital marketing namun masih memerlukan pengetahuan dan skill yang lebih baik lagi. Adanya suatu keunikan dari pengabdian ini berupa kesiapan dari peserta pelaku UMKM untuk mengenal dan mengaplikasikan media yang dipergunakan untuk memasarkan produk yang tidak secara manual tetapi menggunakan elektronik untuk mempercepat proses sampai ke tangan konsumen.

Referensi

Ascharisa, M. A. (2018). Digital Marketing Sebagai Strategi Komunikasi. Jurnal Riset Komunikasi, 1:147–157.

Aditya, M. (2015). Strategi Digital Marketing dan Implikasinya Pada Keunggulan Bersaing UMK di Indonesia. In Seminar Nasional Keuangan Dan Bisnis IV: 327–337.

Emiliani, Fristica, Rizqiana, Sabilla, Suhandito, Ryan, Muchibbah, Navira Nuraini, Nurmahfidhoh, Risna, & Habib, Muhammad Alhada Fuadilah. (2021). Analisis pemberdayaan UMKM pada masa pandemi COVID-19. SOSEBI: Jurnal Penelitian Mahasiswa Ilmu Sosial, Ekonomi, Dan Bisnis Islam, 1(1): 83–94.

Dimas Irawan Ihya’ Ulumuddin, Dwi Puji Prabowo, Toto Haryadi. (2016). Katalog Sebagai Media Promosi Bagi UMKM Koelon Kalie Krobokan. Semarang. Vol.2(2)

Ebert, J., & Griffin, W. (2019). Business Essentials, 12th Edition. Person. New York.

Pramusinta, B D. (2022). Digital Marketing Sebagai Strategi Komunikasi Pemasaran “Coffee Marroan” Dalam Meningkatkan Jumlah Konsumen. Jurnal Ilmiah Mahasiswa Ilmu Sosial dan Politik Vol 2(2): 1 – 15

Wardhana, A. (2015). Strategi Digital Marketing dan Implikasinya pada Keunggulan Ber saing UKM di Indonesia. Forum Keuangan dan Bisnis 4:327–337.

##submission.downloads##

Diterbitkan

2023-09-18

Terbitan

Bagian

Artikel