MEMPERTAHANKAN DAYA SAING GULA MERAH MELALUI PENINGKATAN NILAI TAMBAH PRODUK

Penulis

  • I Wayan Gde Sarmawa Universitas Warmadewa
  • I Gusti Bagus Udayana Universitas Warmadewa
  • Ni Made Santini Universitas Warmadewa

DOI:

https://doi.org/10.24034/kreanova.v3i3.5952

Kata Kunci:

gula merah, re-disain, pengepakan, merek

Abstrak

Kemampuan bersaing hasil produksi gula merah yang dikerjakan dengan sangat tradisional semakin hari semakin menurun, hal ini juga terjadi hasil produksi gula merah pada kelompok petani gula merah yang tergabung pada Gapoktan Gunung Sari Desa Gunaksa, Klungkung, Bali. Ketidakmampuan bersaing dapat dibuktikan melalui semakin berkurangnya anggota kelompok Gapoktan dari tahun ke tahun. Masuknya gula merah dari berbagai wilayah dengan harga yang lebih terjangkau, menyebabkan hasil produksi gula merah Gapoktan Gunung Sari tidak mampu dijual dengan harga yang lebih tinggi. Hal ini menyebabkan, anggota kelompok petani gula banyak yang berhenti membuat gula. Pengabdian saat ini berupaya mempertahankan daya saing, dengan meningkatkan nilai tambah produk berupa mengubah bentuk cetakan gula (re-design), pengemasan (packing), dan pemberian label/merek (labelling). Pengabdian dilakukan melalui pendekatan ceramah dan peragaan peningkatan nilai tambah melalui perubahan bentuk, pemberian pembungkus dan label pada produk. Anggota kelompok sangat antusias mengikuti kegiatan pengabdian ini. Pengabdian kali ini diharapkan mampu memotivasi anggota kelompok tani untuk tetap menggeluti usaha pembuatan gula merah.

Referensi

AlFarraj, O., Alalwan, A. A., Obeidat, Z. M., Baabdullah, A., Aldmour, R., & Al-Haddad, S. (2021). Examining the impact of influencers’ credibility dimensions: attractiveness, trustworthiness and expertise on the purchase intention in the aesthetic dermatology industry. Review of International Business and Strategy, 31(3): 355-374.

Andrew, M. (2019). E-service quality and brand image on buying interest. Jurnal Sekretaris dan Administrasi Bisnis, 3(1): 23-38.

Cahyorini, A., & Rusfian, E. Z. (2012). The effect of packaging design on impulsive buying. BISNIS & BIROKRASI: Jurnal Ilmu Administrasi dan Organisasi, 18(1).

Endico, S. G. (2021). The Influence of Products, Prices, Sales Promotions, Direct and Digital Marketing on Buying Interest. Jurnal Ekonomi, 10(01): 22-27.

Hertina, D., & Yutika, I. D. Y. (2023). The Influence of Product Design, Price, and Promotion on Consumer Buying Interest (Case Study on Convection of Alvin Jaya Collection in Bandung Regency). J-MAS (Jurnal Manajemen dan Sains), 8(1): 618-625.

Kim, H., & Park, M. (2023). Virtual influencers’ attractiveness effect on purchase intention: A moderated mediation model of the Product–Endorser fit with the brand. Computers in Human Behavior, 143.

Nova, F. (2023). The Influence Of Ambassador's Brand On Brand Image And Their Impact On Buying Interest Of Tokopedia Consumers. Jurnal Manajemen Industri dan Logistik, 6(2):216-226.

Romadhona, R. N. N., Sudapet, I. N., & Subagio, H. D. (2018). Influence of Packaging Design, Promotion and Brand Image on Consumer Buying Interest (Study Case of Consumers Glek-Glek Tea Nganjuk). IJIEEB International Journal of Integrated Education, Engineering and Business eISSN 2615-1596 pISSN 2615-2312, 1(2):91-101.

Yudiatantri, A., & Nora, L. (2019). The effect of store atmosphere and packaging design toward impulsive buying with shopping lifestyle as a moderating variable at Carrefour in Jakarta. KnE Social Sciences, 474-491.

Zulfikar, T., Aprianti, I., & Rachmawati, E. (2022). Digital Marketing and Brand Image To Increase Consumer Purchase Interest. Jurnal Manajemen Industri dan Logistik (JMIL), 6(1): 21-29.

##submission.downloads##

Diterbitkan

2023-09-06

Terbitan

Bagian

Artikel