EDUKASI PENYAKIT STROKE DENGAN MENGGUNAKAN METODE SEGERA KE RUMAH SAKIT

Penulis

  • Ivan Aditya Rahadian Institut Ilmu Kesehatan STRADA Indonesia
  • Yenny Puspita Sari Institut Ilmu Kesehatan STRADA Indonesia
  • Ratna Wardani Institut Ilmu Kesehatan STRADA Indonesia
  • Eri Puji Kumalasari Institut Ilmu Kesehatan STRADA Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.24034/kreanova.v4i1.5923

Kata Kunci:

edukasi, penyuluhan, deteksi dini

Abstrak

Penanggulangan peningkatan penyakit tidak menular (PTM) dapat berdampak terhadap peningkatan beban warga dan pemerintah, karena memerlukan waktu yang lama dan anggaran serta teknologi dengan biaya yang tinggi. Dalam pencegahan penyakit tidak menular termasuk stroke, pemerintah fokus pada upaya promotive dan preventif dengan tidak meninggalkan upaya kuratif dan rehabilitative. Di Indonesia upaya pencegahan stroke memerlukan pengelolaan yang baik dengan keterlibatan berbagai pihak, termasuk masyarakat desa. Tujuan dari pengabdian ini adalah untuk memberikan informasi mengenai penanganan stroke dan deteksi dini dari serangan penyakit stroke kepada masyarakat RT.42 RW.11 di Kelurahan Demang Palembang. Berdasarkan hasil pegkajian penyuluhan dan deteksi dini penyakit sroke pada masyarakat RT.41 RW.11 di Kelurahan Demang Palembang berlangsung dengan baik dan lancar dan didapati beberapa warga terdeteksi mengalami hipertensi, dimana seperti yang diketahui bahwa hipertensi merupakan faktor pencetus nomor 1 seseorang mengalami serangan stroke. Akan tetapi masih terdapat beberapa kelemahan seperti belum tersosialisasikan secara merata untuk semua daerah di Kelurahan Demang sehingga perlu diperluas lagi proses sosialisasi melalui pendampingan untuk penanganan dan deteksi dini penyakit stroke.

Referensi

AHA. (2021) Heart Disease & Stroke Statistical Update Fact Sheet Global

Burden of Disease.

Alimansur, M., & Irawan, H. (2020). Personal hygiene mandi dalam pencegahan dekubitus pasien stroke. Jurnal penelitian sekolah tinggi ilmu kesehatan Nahdlatul Ulama Tuban

Kemenkes RI. (2018). Stroke Dont Be The One (10).

Riskesdas, K. (2018). Hasil Utama Riset Kesehata Dasar (RISKESDAS). Journal of Physics A: Mathematical and Theoretical, 44(8).

Udiani, C. M., & Hikmandari. (2019). Tiga tahun GERMAS lessons learned. In Kementerian Kesehatan RI.

Virani, S. S., Alonso, A., Benjamin, E. J., Bittencourt, M. S., (2020). Heart disease and stroke statistics update a report from the American Heart Association. In Circulation. 141(9).

WHO (2020) Constitution of the World Health Organization edisi ke-49. Jenewa

##submission.downloads##

Diterbitkan

2024-01-23

Terbitan

Bagian

Artikel