BERDAYA BERSAMA; PENDAMPINGAN MARKETING ENTREPRENEURIAL BAGI UMK DENGAN METODE HYBRID SERVICE LEARNING

Penulis

  • Retno Ardianti School of Business and Management, Petra Christian University, Surabaya, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.24034/kreanova.v3i3.5839

Kata Kunci:

entrepreneurial marketing, social media marketing, service learning

Abstrak

Perubahan gaya hidup konsumen selama masa pandemi menuntut adanya perubahan bagi pelaku usaha dalam cara memasarkan produk. Namun demikian tidak semua pelaku usaha, khususnya pada skala mikro dan kecil memiliki kesiapan untuk melakukan perubahan yang terkait dengan penggunaan teknologi informasi dan komunikasi. Oleh karena itu kami memberikan dukungan bagi pelaku usaha melalui kegiatan pengabdian masyarakat dengan menggunakan metode service learning. Metode ini merupakan kombinasi antara academic learning dengan community service yang dapat dilakukan baik secara online maupun on-site (hybrid). Kegiatan abdimas ini dilakukan pada 10 usaha mikro kecil yang berada di Wilayah Surabaya, Sidoarjo, Bandung, Bali, hingga Halmahera Utara dan Nusa Tenggara Timur. Berdasarkan evaluasi, kegiatan ini membantu entrepreneurs dalam menyusun strategi pemasaran jangka panjang serta dalam mengoptimalkan pemasaran melalui media sosial maupun e-marketplace. Bagi mahasiswa, kegiatan ini memberikan manfaat berupa penguasaan softskills, hardskills, maupun kesempatan untuk mengenali kekurangan ataupun potensi diri. Hal ini merupakan dampak yang melebihi manfaat yang dapat diperoleh dari pembelajaran dengan metode konvensional.

Referensi

Bettiol, M., Di Maria, E., & Finotto, V. (2012). Marketing in SMEs: The role of entrepreneurial sensemaking. International Entrepreneurship and Management Journal, 8(2):223-248.

Gehman, J., Glaser, V.L., Eisenhardt, K.M., Gioia, D., Langley, A. and Corley, K.G., (2018). Finding theory–method fit: A comparison of three qualitative approaches to theory building. Journal of Management Inquiry, 27(3):284-300.

Gioia, D.A., Corley, K.G. and Hamilton, A.L., 2013. Seeking qualitative rigor in inductive research: Notes on the Gioia methodology. Organizational research methods, 16(1):15-31.

Juaneda-Ayensa, E., Olarte-Pascual, C., San Emeterio, M. C., & Pelegrín-Borondo, J. (2019). Developing new “Professionals”: Service learning in marketing as an opportunity to innovate in higher education. Studies in Educational Evaluation, 60: 163-169.

Li, F., Larimo, J. and Leonidou, L.C., (2021). Social media marketing strategy: definition, conceptualization, taxonomy, validation, and future agenda. Journal of the Academy of Marketing Science, 49(1):51-70.

Martin, M. C. (2015). Service learning as marketing pedagogy: Practical, theoretical and institutional perspectives. Academy of Educational Leadership Journal, 19(2): 109–127.

Nambisan, S., Wright, M. and Feldman, M., (2019). The digital transformation of innovation and entrepreneurship: Progress, challenges and key themes. Research Policy, 48(8):103773.

Olanrewaju, A.S.T., Hossain, M.A., Whiteside, N. and Mercieca, P., (2020). Social media and entrepreneurship research: A literature review. International Journal of Information Management, 50:90-110.

Salam, M., Awang Iskandar, D. N., Ibrahim, D. H. A., & Farooq, M. S. (2019). Service learning in higher education: A systematic literature review. Asia Pacific Education Review, 20(4): 573-593.

UN Women (2020) Memanfaatkan Digitalisasi Untuk Menghadapi Covid 19: Sebuah Studi Kasus Tentang Usaha Mikro Dan Kecil Milik Perempuan Di Indonesia https://data.unwomen.org/resources/digitization-helping-businesses-yours-cope-effect-covid-19/bh

Waldner, L. S., McGorry, S. Y., & Widener, M. C. (2012). E-service-learning: The evolution of service-learning to engage a growing online student population. Journal of Higher Education Outreach and Engagement, 16(2), 123–150.

Yadav, A., & Bansal, S. (2020). Viewing marketing through entrepreneurial mindset: a systematic review. International Journal of Emerging Markets.

##submission.downloads##

Diterbitkan

2023-09-06

Terbitan

Bagian

Artikel