PENGEMBANGAN MIKROBA EM4 UNTUK FERMENTASI PUPUK ORGANIK DI DESA CARANG WULUNG WONOSALAM

Penulis

  • Ponidi Universitas Muhammadiyah surabaya
  • Anastas Rizaly Universitas Muhammadiyah Surabaya

DOI:

https://doi.org/10.24034/kreanova.v3i2.5547

Kata Kunci:

kotoran ternak, bakteri EM4, fermentasi, pupuk organik

Abstrak

Pupuk organik merupakan bahan yang berasal dari sisa-sisa tanaman dan hewan, seperti pupuk kandang, kompos, pupuk hijau, jerami, dan bahan lain yang dapat berperan memperbaiki sifat fisik, kimia dan biologi tanah. Bahan organik tidak dapat menggantikan peran dari pupuk anorganik sebagai pemasok hara, karena kandungan unsur hara dalam bahan organik relatif rendah, namun demikian bahan organik dapat meningkatkan efisiensi penggunaan pupuk anorganik. Selain dapat menyelesaikan permasalahan pemenuhan kebutuhan pupuk pemanfaatan pupuk organik dapat mengatasi limbah peternakan yang dihasilkan berupa feses ternak, urine, dan sisa makanan ternak. Pemanfaatan limbah kotoran ternak dapat dikelola dengan melakukan proses fermentasi dengan bakteri EM4. Desa Carang Wulung Kecamatan Wonosalam adalah salah satu desa yang mengalami permasalahan tersebut, di mana desa tersebut memiliki potensi melimpahnya kotoran ternak yang dihasilkan dari kotoran peternak sapi perah, peternak kambing etawa dan peternak kelinci. Dengan kondisi yang demikian peneliti mempunyai rencana melakukan penelitian dengan memanfaatkan bakteri EM 4 untuk mempercepat proses fermentasi komposisi campuran material pupuk organik dengan tingkat keberhasilan 90 %.

Referensi

Affandi. (2008). Pemanfaatan urine sapi yang difermentasi sebagai nutrisi tanaman . Andi Ofset:Yogyakarta

Djuarnani, D. (2018). Pengomposan sampah organik (Kubis dan kulit pisang ) dengan menggunakan EM4. TEDC Vol.12(1): 38-43.

Mashuri, S. (2000). Peningkatan produktivitas,kualitas dan efisiensi sistem produksi tanaman kacang-kacangan dan umbi-umbian menuju ketahanan pangan dan agribisnis . Puslitbangtan. Bogor .

Rasminto, A. (2019). Pembuatan pupuk organik cair dengan cara fermentasi limbah cair tahu,starter filtrat kulit pisang dan kubis dan bioaktivator EM4. Jurnal iptek Media Komunikasi Teknologi, 23.

Syafrudin. (2013). Pengaruh konsentrasi dan waktu aplikasi EM4 terhadap pertumbuhan dan produksi cabai ( Capsicum Annum L) pada tanah entisol . Agrista, 71-77.

Yuniwati, M. (2012). Optimasi proses pembuatan pupuk organik dengan cara fermentasi menggunakan EM4. Jurnal Teknologi , 172-181.

Yuwono, D. (2005). Kompos. Penebar Swadaya. Jakarta

##submission.downloads##

Diterbitkan

2023-05-29

Terbitan

Bagian

Artikel