PROGRAM PELATIHAN PENINGKATAN KETERAMPILAN KOMUNIKASI UNTUK SISWA-SISWI SMA TRI KARYA SURABAYA

Penulis

  • Auditia Setiobudi School of Business and Management Universitas Ciputra Surabaya
  • Linda Laurensia Soetandio School of Business and Management Universitas Ciputra Surabaya
  • Antoni Yohan Wijaya School of Business and Management Universitas Ciputra Surabaya
  • Tommy Christian Efrata School of Business and Management Universitas Ciputra Surabaya
  • Timotius Febry Christian School of Business and Management Universitas Ciputra Surabaya

DOI:

https://doi.org/10.24034/kreanova.v3i2.5521

Kata Kunci:

peningkatan, keterampilan, komunikasi, interaksi

Abstrak

Indonesia kaya akan sumber daya alam dan sumber daya manusia yang berkualitas. Seiring berkembangnya zaman, semakin banyak lapangan kerja baru terbuka dan menghasilkan tenaga kerja yang semakin melimpah. Pada sisi lain, masih banyak lapisan masyarakat yang potensinya belum dijangkau. Hal ini menjadi pertimbangan perlunya program pelatihan yang merata untuk memaksimalkan potensi dan kemampuan yang dimiliki oleh sumber daya manusia di Indonesia. Program pelatihan dapat dimulai dengan sektor pendidikan sebagai penyumbang generasi muda. Di lingkup sekolah, para siswa diajarkan keterampilan serta nilai luhur yang dapat diterapkan saat terjun dalam dunia kerja. Tetapi sebelum mempelajari seluruh keterampilan yang diperlukan, skill komunikasi merupakan modal dasar dalam mengembangkan skill lainnya. Komunikasi membantu siswa untuk berinteraksi dengan lingkungan sekitarnya. Pelatihan yang tepat dan efektif dapat membuat potensi siswa siswi tersalurkan pada bidang yang sesuai dan turut memberikan dampak, memajukan perekonomian Indonesia dan keberlangsungan. Hal ini perlu adanya upaya yang cukup baik untuk mewujudkan apa yang telah menjadi visi dan misi.

Referensi

Abbas, R., Kadir, F. A. A., & Azmie, I. A. G. (2013). Integrating Soft Skills Assessment Through Soft Skills Workshop Program for Engineering Students at University of Pahang: An Analysis. International Journal Research In Social Sciences, 2(1).

Cangara, Hafied. (2006). Pentingnya Komunikasi dalam Kehidupan Manusia. https://www.kompasiana.com/elisigiro/552af7c1f17e61145bd623cc/pentingnya-komunikasi-dalam-kehidupan-manusia

Kamil, I. (2021). Pengaruh Public Speaking Terhadap Kepercayaan Diri Dan Kinerja Pelaku Bisnis Sektor Usaha Menengah Kecil Mikro (Umkm) Di Masa Pandemi Covid-19. Jurnal Komunikasi Dan New Media, 1(1).

Limensato Haryo, (2022). Generasi Muda yang Berkualitas Tinggi Berperan Penting dalam Pertumbuhan Ekonomi di Era Society 5.0. https://www.ekon.go.id/publikasi/detail/3913/generasi-muda-yang-berkualitas-tinggi-berperan-penting-dalam-pertumbuhan-ekonomi-di-era-society-50

Setiani, F., & Rasto, R. (2016). Mengembangkan skill siswa melalui proses pembelajaran. Jurnal Pendidikan Manajemen Perkantoran, 1(1). https://doi.org/10.17509/jpm.v1i1.3272

Sumarto, R. H. (2016). Komunikasi dalam kegiatan public relations. Information, 46(1). https://doi.org/10.21831/informasi.v46i1.9650

Tanjung, R., Cecep, C., Sulaeman, D., Hanafiah, H., & Arifudin, O. (2019). Manajemen Pelayanan Prima dalam Meningkatkan Kepuasan Mahasiswa terhadap Layanan Pembelajaran (Studi Kasus di STIT Rakeyan Santang Karawang). Jurnal Ilmiah, 3(1).

Yudhistira. 21 November (2022). Peningkatan Kualitas Tenaga Kerja sebagai Faktor Pendukung Pertumbuhan dan Pembangunan Daerah. Retrieved from https://www.kompasiana.com/yudhistira8285/637b8805c925c41cc6678522/peningkatan-kualitas-tenaga-kerja-sebagai-faktor-pendukung-pertumbuhan-dan-pembangunan-daerah.

##submission.downloads##

Diterbitkan

2023-05-09

Terbitan

Bagian

Artikel