PEMANFAATAN LIMBAH JANTUNG PISANG MENJADI PENGGANTI SEBAGAI PELUANG USAHA BARU BAGI MASYARAKAT

Penulis

  • Bhiaztika Ristyanadi Program Studi Agrobisnis Perikanan, Fakultas Perikanan Universitas Islam Lamongan
  • Norma Aprilia Fanni Program Studi Agrobisnis Perikanan, Fakultas Perikanan Universitas Islam Lamongan
  • Emalia Nova Susetyorini Program Studi Agrobisnis Perikanan, Fakultas Perikanan Universitas Islam Lamongan
  • Nurul Khoiroh Program Studi Agrobisnis Perikanan, Fakultas Perikanan Universitas Islam Lamongan

DOI:

https://doi.org/10.24034/kreanova.v2i3.5413

Kata Kunci:

jantung pisang, peluang, usaha

Abstrak

Kegiatan kewirausahaan atau bisa juga disebut UKM (Usaha Kecil Menengah) berupa inovasi membuat samosa jantung pisang yang kami kerjakan memiliki tujuan yaitu, mengembangkan potensi berwirausaha dan menciptakan ide-ide kreatif dari beberapa bahan yang dianggap kurang bermanfaat agar menjadi produk yang bernilai jual tinggi dan kami bertujuan membuka peluang usaha baru dengan memberdayakan masyarakat sekitar agar mendapatkan penghasilan tambahan sehingga secara tidak langsung juga dapat meningkatkan sumber daya manusia melalui ide kreatif tersebut. Pelaksanaan pengabdian masyarakat ini bertujuan untuk mengenalkan bahan-bahan makanan yang dapat diolah baik untuk bahan produk baru maupun bahan pengganti lainnya. Salah satu contohnya yaitu jantung pisang, yang biasanya dibuang begitu saja setelah masa panen dilakukan. Umumnya bagian yang dimanfaatkan dari tanaman pisang adalah buahnya, sementara bagian lainnya masih belum dimaksimalkan pemanfaatannya. Salah satunya adalah jantung pisang. Kandungan karbohidratnya tergolong tinggi, bahkan lebih tinggi dari jagung. Sehingga cocok digunakan sebagai bahan pangan alternative pengganti jagung, bahkan nasi sekalipun, untuk pemasaran, kami juga akan melakukan promosi via internet dan dapat juga menerima pesanan.

Referensi

Farhana. 2013. Pemanfaatan Jantung Pisang Kepok Kuning (Musa Paradisiaca) Tepung Kedelai Dan Tepung Tapioka Sebagai Bahan Tambahan Pada Bakso Daging Sapi. Universitas Muhammadiyah Surakarta: Surakarta.

Hamzah, M,. Chasyim Hasani, dan Sitti Fakhriyyah. 2018. Peningkatan Kualitas Produk Olahan Sambusaq Tuna di Kabupaten Polman. Universitas: Hasanuddin: Makasar.

Hidayah, Nurul. 2018. Analisis Strategi Digital Marketing Dalam Membantu Penjualan Living Space Dan Efo Store. Universitas Islam Indonesia: Yogyakarta.

Hussen, Rasyeed. 2016. Pengaruh Budaya, Sosial, Pribadi dan Psikologi Pada Keputusan Pembelian Samosa. Universitas Paramedina: Jakarta.

Pusat Penelitian Bioteknologi dan Bioindustri Indonesia. 2015. Budidaya Pisang Asal Kultur In Vitro Dengan Teknologi PPBBI. Pusat Unggula IPTEK: Bogor.

Rachmawati, Fitri. 2018. Penerapan Digital Marketing Sebagian Strategi Komunikasi Pemasaran Terpadu Produk Usaha Kecil Dan Menengah (UKM) Pahlawan Ekonomi Surabaya. Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya: Surabaya.

Restiani, Desi. 2020. Pengolahan Samosa Dan Saus Daun Katuk. Perpustakaan Akademi Tata Boga: Bandung.

Rizki, Fadel. Z. 2015. Program Kreativitas Mahasiswa Pembuatan Samosa Dengan Bahan Baku Tempe. Universitas Jember: Jember.

Widagdo, Andika K. 2019. Teknologi Pengolahan Samosa Dengan Penambahan Daun Kelor (Moringa Oleifera). Universitas Negeri Yogyakarta: Yogyakarta.

##submission.downloads##

Diterbitkan

2022-09-12

Terbitan

Bagian

Artikel