PEMBUATAN BAKU BAGLOG DAN BUDIDAYA JAMUR SEBAGAI PENINGKATAN PRODUKTIVITAS DI DESA LUKREJO KABUPATEN LAMONGAN

Penulis

  • Yunni Rusmawati DJ Universitas Islam Lamongan
  • Sabilar Rosyad Universitas Islam Lamongan
  • Yuris Luluk Ismiyatikah Universitas Islam Lamongan

DOI:

https://doi.org/10.24034/kreanova.v2i3.5412

Kata Kunci:

produktivitas, jamur, budidaya jamur, baku baglog

Abstrak

Tujuan dari pengabdian masyarakat ini adalah untuk meningkatkan produktivitas budidaya jamur di desa Lukrejo Lamongan. Jamur yang dibudidayakan umumnya merupakan salah satu jamur yang dapat dimakan dengan banyak manfaat untuk kesehatan, jamur tiram sangat digemari baik oleh anak-anak maupun orang dewasa. Tak heran, banyak orang membudidayakannya. Jamur tiram identik dalam kelompok berwarna putih, besar dan tumbuh seperti payung, berbentuk seperti cangkang. Ada banyak jenis jamur tiram, dari tiram abu-abu, tiram putih, tiram coklat, bahkan yang kuning. Namun, jamur favorit masyarakat adalah jamur tiram putih. Permintaan jamur tiram ini selalu tinggi karena disukai oleh hampir semua lapisan masyarakat. Bahkan kreasi makanan berbahan dasar jamur tiram putih pun berlimpah. Budidaya jamur merang ini sebagai upaya untuk meningkatkan produktivitas dan meningkatkan pendapatan warga desa Lukrejo Kabupaten Lamongan yang merupakan simbol desa bagi petani jamur yang kemudian menjadi pemasok jamur tiram terbesar di Jawa Timur khususnya di Kabupaten Lamongan. Berdasarkan temuan dan pembahasan kegiatan pengabdian masyarakat ini, tim pengabdian kepada masyarakat merekomendasikan hal-hal berikut kepada tim PKM: Wilayah yang perlu ditingkatkan untuk meningkatkan kualitas usaha.

Referensi

Hutabarat, E. 2018. Analisis Strategi Pemasaran Dalam Meningkatkan Penjualan Motor Suzuki Satria FU Pada PT. Sunindo Varia Motor Gemilang Medan. Jurnal Ilmiah Methonomi, 3(1).

Noor, S. 2014. Penerapan analisis SWOT dalam menentukan strategi pemasaran Daihatsu Luxio di Malang. Jurnal intEkna, 14(2): 102-209.

Pasigai, M. A. 2010. Pentingnya Konsep Dan Strategi Pemasaran Dalam Menghadapi Persaingan Bisnis. Jurnal Ekonomi Balance, 6(2): 51-56.

Rachmawati, R. 2011. Peranan bauran pemasaran (marketing mix) terhadap peningkatan penjualan (sebuah kajian terhadap bisnis restoran). Jurnal Kompetensi Teknik, 2(2).

Rahmat, R. M. 2012. Analisis Strategi Pemasaran Pada PT. Koko Jaya Prima Makassar. Skripsi. Universitas Hasanuddin.

Rizal, R., Hidayat, R., dan Handika, I. 2017. Analisis Bauran Pemasaran Terhadap Omzet Penjualan Pada PT. Gaudi Dwi Laras Cabang Palembang. Jurnal Adminika. 3(2).

Saprijal, M. (2014). Strategi pemasaran dalam meningkatkan volume penjualan (studi pada s-mart swalayan pasir pengaraian). Cano Ekonomos, 3(1): 41-56.

Selang, C. A. (2013). Bauran pemasaran (marketing mix) pengaruhnya terhadap loyalitas konsumen pada fresh mart Bahu Mall Manado. Jurnal EMBA: Jurnal Riset Ekonomi, Manajemen, Bisnis dan Akuntansi, 1(3).

Sukesi dan Sugiyanto. (2009). Dampak Keberadaan Pasar Modern Terhadap Pedagang Pasar Tradisional (Studi Kasus di Kota Balikpapan). Jurnal Ilmu Ekonomi dan Manajemen,5(4).

Tri H.S., Herda A.P., Bondan W., Reza H., Romi S. (2020). Rancang Bangun Mesin Budidaya Jamur Tiram Otomatis Portabel untuk Mengurangi Efek Pandemi Covid 19. LOGISTA - Jurnal Ilmiah Pengabdian kepada Masyarakat. 4(2): 534-540.

Untari, D., dan Fajariana, D. E. (2018). Strategi Pemasaran Melalui Media Sosial Instagram (Studi Deskriptif Pada [email protected] Subur_Batik). Widya Cipta: Jurnal Sekretari dan Manajemen, 2(2): 271-278.

Widayati, R., dan Amelia, R. (2019). Aktivitas Pemasaran Produk Simpanan PT. Bank Tabungan Negara (Persero) Tbk Kantor Cabang Padang. Journal of Business and Banking. 1(1): 1-9.

Yuliana. (2020). Corona Virus Diseases (Covid-19): Sebuah Tinjauan Literatur. Wellness and Healthy Magazine, 2(1): 187-192.

##submission.downloads##

Diterbitkan

2022-09-12

Terbitan

Bagian

Artikel