OPTIMALISASI SIM-RS DALAM PENDAFTARAN PASIEN ONLINE DI RSUD SLG KEDIRI

Penulis

  • Ratna Wardani Institut Ilmu Kesehatan Strada Indonesia
  • Ilham Nur Muhammad Institut Ilmu Kesehatan Strada Indonesia
  • Agus Zainal Abidin Institut Ilmu Kesehatan Strada Indonesia
  • Didit Setiawan Institut Ilmu Kesehatan Strada Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.24034/kreanova.v2i3.5343

Kata Kunci:

SIMRS, Pendaftaran online, SOP

Abstrak

Latar belakang: Sistem Informasi Manajemen Rumah Sakit (SIMRS) merupakan sarana pendukung yang sangat penting bahkan telah menjadi kebutuhan mutlak bagi rumah sakit. Berkembangya teknologi informasi dan komunikasi membuat peran SIMRS menjadi semakin tinggi dalam pelayanan rumah sakit. Pendaftaran online menjadi bagian dari SIMRS yang dapat secara langsung dirasakan manfaatnya oleh pasien karena secara langsung berinteraksi dengan pasien atau keluarga pasien. RSUD SLG Kediri telah memiliki SIMRS yang beroperasi sampai saat ini untuk menunjang pelayanannya. Pendaftaran online di RSUD SLG telah diluncurkan melalui aplikasi android namun hingga sekarang penggunaannya masih sangat minim sehingga perlu dilakukan evaluasi. Metode: Melakukan studi lapangan melalui penelusuran dokumen terkait SIMRS, wawancara dengan stakeholder, dan pengamatan secara langsung di lapangan. Brainstorming dan focus group discussion dilakukan untuk identifikasi masalah melalui diagram fishbone, menentukan prioritas masalah dengan USG dan penentuan strategi melalui SWOT. Hasil: Analisis yang dilakukan menghasilkan strategi turn around yang akan dilakukan demi optimalisasi pendaftaran online. Penyusunan SOP pendaftaran online untuk pasien dan petugas, serta integrasi sosial media dengan website RS untuk memberikan informasi kesehatan dan pelayanan yang dimiliki RS.

Referensi

Pujihastuti, A., Hastuti, N. M., dan Yuliani, N. (2021). Penerapan Sistem Informasi Manajemen Rumah Sakit dalam Mendukung Pengambilan Keputusan Manajemen. Jurnal Manajemen Informasi Kesehatan Indonesia, 9(2), 191-200.

Handiwidjojo, W. (2009). Sistem Informasi Manajemen Rumah Sakit. Jurnal EKSIS, 2(2), 32-38.

Jogiyanto. (2007). Sistem Informasi Keperilakuan Edisi Revisi. Yogyakarta: Penerbit Andi Offset.

Kementrian Kesehatan Republik Indonesia. (2013). Peraturan Menteri Kesehatan RI Nomor 82 tentang Sistem Informasi Manajemen Rumah Sakit. Peraturan Menteri Kesehatan.

Naicker, V. dan Jairam-Owthar, D. (2017). The Linkage of Information Quality to an Executive Decision Support Framework for the Financial Service Sector of a Developing Economy. South African Journal of Information Management, 19(1), 1–9.

Vegoda, P. R. (1987). Introduction to Hospital Information Systems. International Jour-nal of Clinical Monitoring and Computing, 4(2), 105–109. https://doi.org/ 10.1007/BF02915853.

Winter, A., Lagemann, A., Budig, B., Grothe, W., Haux, R., Herr, S., dan Schmücker, P. (1996). Integration of Health Professional Workstations in Hospital Information Systems. Medical Informatics Europe’96, 34, 685–689. https://doi.org/10.3233/978-1-60750-878-6-685.

##submission.downloads##

Diterbitkan

2022-09-12

Terbitan

Bagian

Artikel