PENGAYAAN PENGETAHUAN SISWA SMA 3 SAMARINDA MELALUI PENGENALAN DAN PELATIHAN AKUNTANSI SYARIAH

Penulis

  • Yunita Fitria Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Mulawarman
  • Anisa Kusumawardani Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Mulawarman
  • Fibriyani Nur Khairin Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Mulawarman
  • Muhammad Abadan Syakura Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Mulawarman

DOI:

https://doi.org/10.24034/kreanova.v3i1.5327

Kata Kunci:

akuntansi syariah, pelatihan, SMA

Abstrak

Perkembangan akuntansi secara pesat menuntut pengguna memperbaharui ilmu mereka. Perkembangan ilmu pengguna akuntansi diselaraskan dengan perkembangan lembaga bisnis ataupun non bisnis. Salah satunya adalah akuntansi syariah yang berkembamg sesuai dengan perkembangan lembaga keuangan syariah, sehingga dengan menyeimbangkan konsep praktis akuntansi syariah akan berguna untuk memenuhi kebutuhan transaksi entitas syariah. Tujuan dari pengabdian ini adalah untuk meningkatkan pengetahuan siswa mengenai akuntansi syariah. Dalam hal ini pengayaan materi yang diberikan adalah materi dasar akuntansi syariah, yang mencakup konsep dasar dan berbagai macam transaksi syariah beserta akadnya. Metode yang digunakan yaitu pemberian materi kepada siswa, berdiskusi, dan pemberian kuis setelah materi yang diberikan. Kegiatan pelatihan dan pengenalan ini yaitu: a) siswa mengetahui makna akuntansi syariah b) peserta mampu mengetahui transaksi keuangan syariah. Kegiatan pengabdian kepada masyarakat ini diharapkan akan menjadi acuan minat siswa terhadap ilmu akuntansi. Oleh karena itu sebaiknya kegiatan pengayaan seperti ini perlu mendapatkan dukungan dari para akademisi serta diadakan sesering mungkin di lembaga pendidikan lainnya.

Referensi

Amalia, F. A. (2022). Hukum Akad Syariah. Islamitsch Familierecht Journal, 3(1), 68–81.

Hadi, D. A. (2018). Pengembangan teori akuntansi syariah di Indonesia. 204, 106–123.

Ilyas, R. (2020). Akuntansi syariah sebagai sistem informasi. 4(2), 209–221.

Iswanaji, M. C., dan Wahyudi, M. (2017). Formalitas Fikih dalam Penerapan Akuntansi Syariah Aliran Pragmatis. Jurnal Akuntansi Multiparadigma, 8(3), 583–599.

Mulawarman, A. D., Triyuwono, I., Irianto, G., & Ludigdo, U. (2011). Menuju Teori Akuntansi Syariah Baru. Jurnal Ekonomi dan Keuangan Islam, 61-78.

Napier, C., dan Napier, C. (2009). Defining Islamic accounting : current issues, past roots.14(1).

Roberts, J., dan Scapens, R. (1985). Accounting systems and systems of accountability - understanding accounting practices in their organisational contexts. Accounting, Organizations and Society, 10(4), 443–456

##submission.downloads##

Diterbitkan

2023-01-11

Terbitan

Bagian

Artikel