MANFAAT LATIHAN KESEIMBANGAN MENGURANGI RESIKO JATUH PADA LANSIA DI YAYASAN PELITA HATI

Penulis

  • Byba Melda Institut Ilmu Kesehatan STRADA Indonesia
  • Erwin
  • Zahrotur Rubbiyani Institut Ilmu Kesehatan STRADA Indonesia
  • Novi Yane Institut Ilmu Kesehatan STRADA Indonesia
  • Nanda Rahmad Institut Ilmu Kesehatan STRADA Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.24034/kreanova.v2i3.5322

Kata Kunci:

Resiko Jatuh, Latihan keseimbangan

Abstrak

Proses menua bukanlah penyakit melainkan proses degeneratif alami/fisiologis, ketidakseimbangan merupakan salah satu dampak yang ditimbulkan oleh kemunduran sistem fisiologis dan morfologis pada lanjut usia. Tujuan pada pengabdian masyarakat ini adalah untuk mengetahui faktor yang menyebabkan terjadinya resiko jatuh pada lansia, sehingga dapat ditentukan latihan yang tepat untuk mencegah resiko jatuh pada lansia di Yayasan Sigi Pelita Hati Kabupaten Sigi. Menggunakan metode analisis SWOT dalam hal ini didasarkan pada logika yang memungkinkan kita untuk memaksimalkan kekuatan dan peluang dengan meminimalkan kelemahan dan ancaman. Kedua menggunakan metode USG. Yang ketiga adalah metode Fishbone, meningkatnya angka resiko jatuh pada lansia merupakan salah satu indikator kesehatan dari lansia, terjadinya penurunan berbagai fungsi mukulosketal merupakan salah satu faktor pencetusnya, terjadinya gangguan keseimbangan yang dialami oleh lansia merupakan manifestasi dari tingkat kemandirian dan resiko jatuh terhadap lansia, sehingga dibutuhkan satu tools yang dapat mengukut angka resiko jatuh pada lansia seperti TUG.

Referensi

Kholifah, S.N., 2016. Modul Bahan Ajar Keperawatan Gerontik Konsep Lanjut Usia dan Proses Penuaan.

Laksmita, P. A., Andayani, N. L. N., & Artini, I. G. A. (2018). Intervensi Four Square Step Lebih Efektif Dalam Meningkatkan Keseimbangan Dinamis Daripada Balance Strategy Exercise Pada Lansia Di Kelurahan Tonja, Denpasar Timur, Bali. 6. Denpasar Timur, Bali, 6, 10-13.

Lovelock, Cristopher, Wirtz, Jochen, dan Mussry, Jacky. 2011. Pemasaran Jasa: Manusia, Teknologi, Strategi Perspektif Indonesia jilid 11 ed.7. Jakarta:Erlangga.

Kotler, P. 1997. Gary Armstrong. Principles of marketing, 250.

Lina LF, Aminanda D, Ferasinta F. Efektivitas Antara Latihan Jalan Tandem dengan Gaze Stability Exercise terhadap Peningkatan Keseimbangan Tubuh Pada Pasien Stroke di RSUD dr. M. Yunus Bengkulu. Jurnal Vokasi Keperawatan (JVK). 2019;2 (2):122-32

##submission.downloads##

Diterbitkan

2022-09-12

Terbitan

Bagian

Artikel