UPAYA PENINGKATAN KEGIATAN PROMOSI KESEHATAN MELALUI MEDIA DIGITAL DI PUSKESMAS PAKEL TULUNGAGUNG

Penulis

  • Dony Wahyu Baktisiswoyo Program Pascasarjana IIK STRADA Indonesia
  • Heri Susanto Program Pascasarjana IIK STRADA Indonesia
  • Rendy Mahendra Program Pascasarjana IIK STRADA Indonesia
  • Deny Sumantoro Program Pascasarjana IIK STRADA Indonesia
  • Yuly Peristiowati Program Pascasarjana IIK STRADA Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.24034/kreanova.v2i1.5320

Kata Kunci:

promosi kesehatan, media digital, web-design

Abstrak

Pemerintah Indonesia mencanangkan paradigma pembangunan kesehatan dilandaskan pada paradigma sehat, yang berarti pembangunan kesehatan harus lebih mengutamakan upaya promotif dan preventif, tanpa mengabaikan upaya kuratif dan rehabilitatif. Oleh karena itu promosi kesehatan telah ditetapkan sebagai salah satu program unggulan, sehingga perlu digarap secara serius dengan dukungan sumberdaya yang memadai. Tujuan residensi ini adalah untuk mengetahui bagaimana proses pemberian layanan promosi kesehatan, jenis-jenis media komunikasi yang digunakan dalam proses penyebaran informasi promosi kesehatan tersebut serta upaya pemanfaatan masyarakat atas media komunikasi yang digunakan. Identifikasi masalah menggunakan analisa fishbone. Kemudian dicari ide-ide alternatif solusi dari permasalahan yang ada dengan USG. Berikutnya analisis pe-nyelesaian masalah dilakukan berdasarkan analisis SWOT. Hasil pengabdian menyatakan masalah yang perlu diprioritaskan penyelesaiannya adalah tim membutuhkan pelatihan web-design dan konten kreator. Strategi yang dapat diterapkan pada kegiatan residensi ini adalah dengan mengadakan pelatihan web-design dan konten kreator. Setelah dilakukan pelatihan, didapatkan evaluasi peserta adalah sangat baik (86%) baik (14%), sangat sesuai dengan tema (80%) sesuai (20%), penyampaian nara sumber sangat baik (60%) baik (40%), menganggap pelatihan ini sangat bermanfaat (86%) dan bermanfaat (14%).

Referensi

Fauziah, K. (2019). Pemanfaatan Media Sosial Sebagai Sarana Promosi Kesehatan Pada kaum Millenial. Skripsi. Universitas Ahmad Dahlan.

Fentiana, N. dan Ginting, D. (2020). Strategi Peningkatan Pendapatan Rumah Sakit Berdasarkan Analisis SWOT. Jurnal Ilmiah Universitas Batanghari Jambi, 20(3), 1008.

Kusnadi, E. (2008). Fishbone Diagram dan Langkah-langkah Pembuatannya. 1-6. Retrieved from http://rizal.blog.undip.ac.id/files/2009/08/2013_FishboneDiagram-dan-Langkah.pdf%0A http://hardipurba.com/2008/09/25/diagramfishbone-dari-ishikawa.html.

Peraturan Menteri Kesehatan Republik Indonesia Nomor 21 Tahun 2020 tentang Rencana Strategis Kementerian Kesehatan Tahun 2020-2024.

Wardani, R. dan Minarno, B. (2021). Strategi Pelayanan IPSM RSUD Dr Soetomo Surabaya Modifikasi Tata Udara Ruang Operasi Covid-19 Untuk Mendukung Kesehatan dan Keselamatan Kerja / K3 Rumah Sakit Pada Masa Pandemi Covid-19. Madaniya, 2(4), 378-382. https://doi.org/10.53696/27214834.105.

##submission.downloads##

Diterbitkan

2022-01-30

Terbitan

Bagian

Artikel