PELATIHAN PERHITUNGAN HARGA POKOK DAN PENYUSUNAN LAPORAN KEUANGAN SESUAI SAK EMKM

Penulis

  • Nenny Syahrenny Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Indonesia (STIESIA) Surabaya
  • Emi Kusmaeni Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Indonesia (STIESIA) Surabaya
  • In’am Widiarma Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Indonesia (STIESIA) Surabaya
  • Tegowati Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Indonesia (STIESIA) Surabaya

DOI:

https://doi.org/10.24034/kreanova.v2i3.5311

Kata Kunci:

UMKM, SAK EMKM, harga pokok

Abstrak

Permasalahan yang dihadapi pelaku UMKM usaha manufaktur adalah perhitungan harga jual yang kompetitif, belum mengetahui cara menyusun laporan keuangan sesuai dengan standar akuntansi yang ada di Indonesia. Kegiatan pengabdian ini bertujuan mensosialisasikan SAK EMKM kepada pelaku UMKM serta mengenalkan perhitungan harga pokok kepada pelaku UMKM manufaktur. Metode pelaksanaan kegiatan pengabdian ini dilakukan dengan 3 tahap, yaitu survei pendahuluan, tahap pelatihan dan tahap evaluasi. Hari pertama dikenalkan perhitungan harga pokok baik harga pokok produksi maupun penjualan. Hari kedua materi dimulai dengan dasar-dasar akuntansi jurnal, buku besar menggunakan software Excel. Pada tahap evaluasi, peserta diminta mengerjakan kasus yang telah kami siapkan terlebih dahulu mengenai materi yang sudah diberikan. Peserta yang dapat menjawab dengan tepat mendapatkan hadiah. Peserta diharapkan masih terus menggunakan ilmu yang telah diberikan dengan konsisten mencatat transaksinya dan menghitung harga pokok dengan tepat. Pelatihan perlu diadakan lagi untuk mengevaluasi laporan yang sudah dibuat peserta terkait dengan usahanya masing-masing.

Referensi

Aryani, D. N., Munfaqiroh, S., Nunung, N., dan Sugeng, H. (2022). Market Price Sebagai Strategi Bersaing Peningkatan Penjualan Produk Unggulan di Kampoeng Kajoetangan. Abdimasku: Jurnal Pengabdian Masyarakat, 5(2), 241–246.

Badria, N. dan Diana, N. (2015). Persepsi Pelaku UMKM dan Sosialisasi SAK EMKM terhadap Diberlakukannya Laporan Keuangan yang Berbasis SAK EMKM 1 Januari 2018. E-Jurnal Ilmiah Riset Akuntansi, 7(01), 55-66.

Merdekawati, E. dan Rosyanti, N. (2020). Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Keberhasilan UMKM (Studi Kasus pada UMKM di Kota Bogor). JIAFE (Jurnal Ilmiah Akuntansi Fakultas Ekonomi), 5(2), 165–174.

Riorita, M. (2016). Peran Penggunaan Informasi Akuntansi dalam Pengambilan Keputusan untuk Menunjang Keberhasilan Usaha. Jurnal EBBANK, 7(2), 77–92.

Sari, I. R., Handayani, A., Winingrum, S. P., Karlina, L., dan Crissiana, S. N. (2021). Pengenalan Perhitungan Harga Pokok Penjualan. Pengabdian Kepada Masyarakat, 2(2), 353–357.

Suci, Y. R. (2017). Usaha Mikro, Kecil dan Menengah. Jurnal Cano Ekonomos, 6(1), 1–31.

Syahrenny, N. (2019). Laporan Keuangan UMKM Sesuai SAK EMKM. Seminar Nasional Penelitian dan Pengabdian Masyarakat, 13–17.

Syahrenny, N., Kusmaeni, E., dan Qonitah, I. (2021). Bimbingan Teknis Pencatatan Transaksi Keuangan dalam Meningkatkan Daya Saing UKM Kabupaten Bojonegoro di Era Industri 4.0. Society, 1(2), 93–101.

Widowati, M., dan Purwanto, A. B. (2019). Pengaruh UMKM Terhadap Tingkat Kemiskinan dengan Pendapatan Domestik Bruto Sebagai Intervening. Fokus Ekonomi: Jurnal Ilmiah Ekonomi, 14(2), 376–390.

##submission.downloads##

Diterbitkan

2022-09-12

Terbitan

Bagian

Artikel