STRATEGI PENINGKATAN ASI EKSKLUSIF DENGAN MEDIA BUKU SAKU DI PUSKESMAS BALOWERTI KEDIRI

Penulis

  • Yunie Ernawati Program Pascasarjana IIK STRADA, Indonesia
  • Yurna Afriyana Program Pascasarjana IIK STRADA, Indonesia
  • Zubaity Ardhanariswari Program Pascasarjana IIK STRADA, Indonesia
  • Indra Noviani Program Pascasarjana IIK STRADA, Indonesia
  • Yenny Puspitasari Program Pascasarjana IIK STRADA, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.24034/kreanova.v2i1.5286

Kata Kunci:

ASI eksklusif, media buku saku

Abstrak

Berdasarkan data di Puskesmas Balowerti, Pencapaian ASI ekslusif masih rendah, yaitu 27,6% capaian riil dari target tahun 2021 adalah 50%. Identifikasi masalah menggunakan analisa fishbone. Kemudian dari analisa fishbone dicari ide-ide alternatif solusi dari permasalahan yang ada dengan analisa USG. Berikutnya analisis penyelesaian masalah dilakukan berdasarkan analisis SWOT. Salah satu faktor yang menyebabkan belum optimalnya pemberian ASI eksklusif pada ibu menyusui yaitu faktor pemahaman ibu, keluarga, dan masyarakat yang masih kurang. Pada kegiatan pengabdian di Puskesmas Balowerti dipergunakan buku saku sebagai media penyuluhan. Setelah dilakukan intervensi tengah (penyuluhan dengan media buku saku) dilakukan lagi pengukuran pengetahuan responden dengan menggunakan kuesioner (post-test). Setelah hasil pre-test dan post-test didapatkan, maka dilakukan uji T berpasangan. Nilai signifikansi (2-tailed) dari kasus ini adalah 0.000 (p < 0.05). Sehingga hasil nilai pre-test dan nilai post-test mengalami perubahan yang signifikan (berarti). Dapat disimpulkan bahwa nilai post-test memiliki peningkatan dari sebelumnya nilai pre-test. Terjadi peningkatan pengetahuan tentang ASI esklusif setelah dilakukan edukasi dengan menggunakan media buku saku.

 

Referensi

Doka, Y. P. (2017). Analisis Faktor yang Berhubungan dengan Kemampuan Ibu Merawat Bayi dengan Berat Lahir Rendah (BBLR) berdasarkan Theory of Planned Behaviour di Kabupaten Manggarai-NTT. Skripsi. Universitas Airlangga. Surabaya.

Fentiana, N. dan Ginting, D. (2020). Strategi Peningkatan Pendapatan Rumah Sakit Berdasarkan Analisis SWOT. Jurnal Ilmiah Universitas Batanghari Jambi, 20(3), 1008-1012.

Hanindita, M. (2021). Mommyclopedia: 456 Fakta tentang ASI dan Menyusui. Jakarta: PT Gramedia Pustaka Utama.

Kusnadi, E. (2008). Fishbone Diagram dan Langkah-langkah Pembuatannya. 1-6. Retrieved from http://rizal.blog.undip.ac.id/files/2009/08/2013_FishboneDiagram-dan-Langkah.pdf%0A http://hardipurba.com/ 2008/09/25/diagramfishbone-dari-ishikawa.html.

Sulaeman, E. S., Murti, B., Setyawan, H., dan Rinawati, S. (2017). Aplikasi Theory of Planned Behaviour pada Perilaku Pemberian ASI Eksklusif: Studi Kasus. Jurnal Kedokteran Yarsi, 25(2), 084-100.

WHO. (2020). Pekan Menyusui Dunia UNICEF dan WHO menyerukan pemerintah dan pemangku kepentingan agar mendukung semua ibu menyusu Indonesia selama Covid-19. (Diunduh 16 Januari 2022). Tersedia dari https://www.who.int/indonesia/news/detail/03-08-2020-pekan-menyusui-dunia-unicef-dan-who-menyerukan-pemerintah-dan-pemangku-kepentingan-agar-mendukung-semua-ibu-menyusui-di-indonesia-selama-covid-19.

##submission.downloads##

Diterbitkan

2022-01-30

Terbitan

Bagian

Artikel