APLIKASI DIGITAL PENGELOLAAN KEUANGAN, SARANA MENINGKATKAN PENJUALAN UMKM MAKANAN MINUMAN DI KABUPATEN GRESIK

Penulis

  • Nur Fadjrih Asyik Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Indonesia (STIESIA) Surabaya
  • Maswar Patuh Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Indonesia (STIESIA) Surabaya
  • Triyonowati Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Indonesia (STIESIA) Surabaya
  • Wimba Respatia Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Indonesia (STIESIA) Surabaya
  • Nur Laily Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Indonesia (STIESIA) Surabaya

DOI:

https://doi.org/10.24034/kreanova.v2i3.5265

Kata Kunci:

aplikasi, buku warung, UMKM

Abstrak

Tujuan dari kegiatan Pengabdian Kepada Masyarakat ini adalah pelaku UMKM mampu melakukan pencatatan keuangan dengan tertib, mampu memisahkan pencatatan keuangan pribadi dan usaha, serta para pemilik dapat lebih mudah dalam mengelola keuangan usahanya. UMKM makanan minuman di Kabupaten Gresik terdiri dari produk olahan ikan, olahan makanan laut, makanan tradional dan minuman tradional khas Gresik. Namun dalam perkembangannya UMKM Makanan dan Minuman (mamin) mengalami kendala, karena UKM ini masih menggunakan manajemen tradisional, yaitu pengelolaan keuangan masih tercampur dengan antara uang pribadi dan uang usaha, hal ini karena belum adanya pencatatan setiap transaksi keuangan. Pengelolaan keuangan menjadi suatu masalah UMKM karena pemilik usaha mengabaikan pentingnya pengelolaan laporan keuangan. Solusi untuk menangani permasalahan UMKM yaitu dengan memberikan pelatihan dan pendampingan pengelolaan keuangan menggunakan aplikasi Access dan Aplikasi pembukuan toko Buku Warung. Diharapkan semua UKM makanan dan minuman mampu untuk mengelola keuangan usahanya menggunakan aplikasi pembukuan toko Buku Warung, sehingga UMKM usahanya semakin meningkat dan berkembang.

Referensi

Dahen, L. dan Susanti, N. (2017). Pembinaan Pengelolaan Keuangan Pada Industri Makanan Ringan Rakik Maco di Kecamatan Bungus Teluk Kabung Kota Padang. Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat Panrita Abdi, 1(2), 11–21.

Ediraras, D. (2010). Akuntansi dan Kinerja UMKM. Jurnal Ekonomi Bisnis, 2(15).

Efriyenti, D. dan Tukino, T. (2020). Pembinaan Pengelolaan Keuangan dengan Aplikasi ABSS Accounting pada UKM Snack dan Cookies di Kota Batam. Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat Politeknik Negeri Batam, 2(2), 73-85. https://doi.org/10.30871/abdimas.v2i2.2302.

Laily, N., Sidharta, Y., dan Djuraidi. A. (2020). Simple Booking Training for Batik Jonegoro Wirausahaan Women in Bojonegoro District. Kontribusia (Research Dissemination for Community Development), 3(1), 261-264, http://dx.doi.org/10.30587/kontribusia.v3i1.1139.

Puspitaningtyas, Z. (2017). Pembudayaan Pengelolaan Keuangan Berbasis Akuntansi Bagi Pelaku Usaha Kecil Menengah. Jurnal Akuntansi, 21(3), 361–372.

Rumbianingrum, W., dan Wijayangka, C. (2018). Pengaruh Literasi Keuangan Terhadap Pengelolaan Keuangan UMKM. Jurnal Manajemen dan Bisnis, 2(3), 156–164.

Firdaus, D. W. dan Widyasastrena, D. (2017). Perancangan Sistem Informasi Akuntansi Koperasi dan UMKM Berbasis Technopreneur. Jurnal Riset Akuntansi dan Keuangan, 5(2), 1423–1440.

##submission.downloads##

Diterbitkan

2022-09-12

Terbitan

Bagian

Artikel