PENENTUAN HPP LELE PADA PETANI LELE DI KECAMATAN GEGER KABUPATEN MADIUN

Penulis

  • David Efendi Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Indonesia (STIESIA) Surabaya
  • Emeralda Ayu Kusuma Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Indonesia (STIESIA) Surabaya
  • Djawoto Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Indonesia (STIESIA) Surabaya

DOI:

https://doi.org/10.24034/kreanova.v2i2.5217

Kata Kunci:

petani lele, biaya produksi

Abstrak

Akuntansi biaya adalah metode kuantitatif yang mengakumulasi, mengklasifikasi, meringkas, dan menafsirkan informasi untuk tiga tujuan utama yaitu: perencanaan dan pengendalian operasional, keputusan khusus dan keputusan produk. Akuntansi biaya sangat dibutuhkan oleh pelaku bisnis untuk kelancaran bisnis. Petani lele merupakan salah satu pelaku bisnis yang membutuhkan akuntansi biaya. Akuntansi biaya dapat digunakan salah satunya untuk penentuan harga jual. Berdasakan kebutuhan terhadap akuntansi biaya untuk menentukan harga jual, maka pengabdian ini dilakukan. Pengabdian ini bertujuan untuk membantu usaha kecil dan menengah (UKM) pembudidaya lele dalam menentukan biaya produksi lele per kilogram. Permasalahan klasik yang dihadapi oleh pembudidaya lele adalah terkait dengan penentuan harga jual. Oleh karena itu, mitra mengalami kesulitan dalam menghitung keuntungan dari kegiatan mereka. Metode pelaksanaan pengabdian masyarakat yang digunakan adalah observasi, wawancara dan pengumpulan dokumen yang diperlukan untuk menghitung biaya produksi. Hasil pengabdian masyarakat menunjukkan biaya produksi ikan lele sebesar Rp. 16.998 per kilogram. Dengan diketahui biaya produksi lele maka akan memudahkan petani lele menetapkan harga jual lele di pasar.

Referensi

Alfiah, dan Damayanti. (2020). Aplikasi E-Marketplace Penjualan Hasil Panen Ikan Lele (Studi Kasus: Kabupaten Pringsewu Kecamatan Pagelaran). Jurnal Teknologi dan Sistem Informasi 1(1): 111-117.

Alimuddin, I. Triyuwono, G. Irianto, dan G. Chandrarin. (2011). Konsep Harga Jual Kejujuran: Meraih Keuntungan Menggapai Kemaslahatan. Jurnal Akuntansi Multi-paradigma 2 (1):70-90.

Andayani, W. (2014). Penentuan Harga Pokok Produksi Lele pada Petani Lele di Kecamatan Sukowono Kabupaten Jember. Skripsi. Jember: Universitas. Jember.

BPS. (2020a). Kabupaten Madiun dalam Angka 2020. Madiun: BPS Kabupaten Madiun.

———. (2020b). Kecamatan Geger dalam Angka 2020. Madiun: BPS Kabupaten Madiun.

LPPI. (2015). Profil Bisnis Usaha Mikro, Kecil dan Menengah (UMKM). Jakarta: LPPI dan Bank Indonesia.

Rozi, A. (2010). Penentuan Harga Pokok Produksi Lele pada Petani Lele di Desa Tuntang. Fakultas Ekonomi. Semarang: Universitas Diponegoro.

Rusanty, D. A., H. Tolle, dan L. Fanani. (2019). Perancangan User Experience Aplikasi Mobile Lelenesia (Marketplace Penjualan Lele) Menggunakan Metode Design Thinking. Jurnal Pengembangan Teknologi Informasi dan Ilmu Komputer 3 (11):10484-10493.

##submission.downloads##

Diterbitkan

2022-05-30

Terbitan

Bagian

Artikel