MEDIA WEBSITE SEBAGAI SOLUSI PROMOSI PENJUALAN PADA UMKM

Penulis

  • Noerchoidah Universitas PGRI Adi Buana Surabaya
  • Nurdina Universitas PGRI Adi Buana Surabaya

DOI:

https://doi.org/10.24034/kreanova.v2i1.5212

Kata Kunci:

website, promosi, penjualan

Abstrak

Saat ini kemajuan teknologi informasi tidak dapat dihindari keberadaannya. Pandemi Covid-19 telah membawa perubahan pola konsumsi konsumen dari pola penjualan tradisional menuju sistem penjualan digitalisasi berbasis website. UMKM di Desa Janti   masih menggunakan sistem penjualan tradisional. Kondisi tersebut menyulitkan UMKM di Desa Janti untuk melakukan promosi penjualan. Tujuan Pengabdian Kepada Masyarakat dilakukan untuk memberikan solusi yang dihadapi melalui kegiatan sosialisasi dan pelatihan pembuatan website sebagai sarana mempromosikan produk UMKM di Desa Janti. Hal ini sebagai terobosan baru bagi UMKM karena pemasaran secara tradisional sudah tidak efektif. Pelaksanaan kegiatan dengan metode sosialisasi, diskusi, dan pelatihan. Kegiatan sosialisasi dan pelatihan mendapat respon positif dari pelaku UMKM. Secara keseluruhan kegiatan berjalan lancar dan mendapat respon positif dari pelaku UMKM. Hasil kegiatan berdampak terhadap peningkatan penjualan sehingga pendapatan UMKM juga meningkat secara umum, sehingga hal itu akan berdampak pada peningkatan ekonomi dan peran dari sumber daya manusia, Adanya COVID pada tahun 2020-2021 membuat MSMEs di Desa Janti harus mampu bekerja keras.

Referensi

Anam, K. (2019). Strategi Pemerintahan Dalam Pengembangan UMKM di Kabupaten Jepara. Journal of Political and Government Studies, 8(3), 211–220.

Cant, M. C. dan Wiid, J. A. (2016). The Use of Traditional Marketing Tools by SMEs in an Emerging Economy: A South African Perspective. Problems and Perspectives in Management, 14(1), 64–70. https://doi.org/ 10.21511/ppm. 14(1).2016.07.

Febriyantoro, M. T. dan Arisandi, D. (2018). Pemanfaatan Digital Marketing bagi Usaha Mikro, Kecil dan Menengah pada Era Masyarakat Ekonomi Asean. JMD: Jurnal Riset Manajemen & Bisnis Dewantara, 1(2), 61–76. https://doi.org/10.26533/jmd. v1i2.175.

Handajani, L., Akram, Furkan, L. M., dan Rifa’i, A. (2019). Penggunaan Pemasaran Digital pada Usaha Home Industry Kopi Lombok di Desa Sigerongan Kabupaten Lombok Barat. Abdi Insani, 6(3), 409–421. https:// doi.org/10.29303/abdiinsani.v6i3.267.

Noerchoidah, Nurdina, dan Ariprabowo, T. (2022). Orientasi Pembelajaran dan Perilaku Kerja Inovatif (Peran Efikasi Diri Kreatif pada UKM). Jurnal Manajerial, 09(1), 16–33.

Noerchoidah, Nurdina, dan Ariprabowo, T. (2022). Penguatan Kompetensi Kewirausahaan dan Inovasi Produk sebagai Penentu Kinerja UKM. Buletin Bisnis & Manajemen, 08(01), 113–124.

Nurachmad, E. dan Cahyadi, S. (2021). Analisis dan Perancangan Sistem Informasi Promosi Berbasis Web Bagi UKM di Wilayah Kota Bogor. Jurnal Ilmiah Manajemen Kesatuan, 9(2), 171–180. https://doi.org/10. 37641/jimkes.v9i2.770.

Ryan, D. (2015). Understanding Digital Mar-keting. Great Britain: Kogan Page Limited.

Soetjipto, N. (2020). Ketahanan UMKM Jawa Timur Melintasi Pandemi Covid-19. Yogyakarta: Penerbit K Media.

Susanti, E. (2020). Pelatihan Digital Marketing dalam Upaya Pengembangan Usaha Berba-sis Teknologi pada UMKM di Desa Sayang Kecamatan Jatinangor. Sawala: Jurnal Pengabdian Masyarakat Pembangunan Sosial, Desa dan Masyarakat, 1(2), 36–50. https://doi.org/10.24198/sawala.v1i2.26588.

Taiminen, H. M. dan Karjaluoto, H. (2015). The Usage of Digital Marketing Channels in SMEs. Journal of Small Business and Enterprise Development, 22(4), 1–32.

Widiawati, C. R. A., Kusumaningtyas, D., dan Suliswaningsih. (2021). Pendampingan Usaha Rumahan menjadi Usaha Mikro, Kecil dan Menengah (UMKM). Society Jurnal Pengabdian dan Pemberdayaan Masyarakat, 2(1), 1–7.

Wiguna, D. K. S. (2020). Selama Pandemi COVID-19, sebanyak 301.115 UMKM beralih ke Digital. Antaranews.com. https://www.antaranews.com/berita/1563584/selama-pandemi-covid-19-sebanyak-301115-umkm-beralih-ke-digital.

##submission.downloads##

Diterbitkan

2022-07-11

Terbitan

Bagian

Artikel