PELATIHAN DAN PENDAMPINGAN PEMBUKUAN SEDERHANA DAN STRATEGI PEMASARAN PADA UMKNESIA DI SURABAYA

Penulis

  • Dian Ratnasari Yahya Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Indonesia (STIESIA) Surabaya
  • Titik Mildawati Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Indonesia (STIESIA) Surabaya
  • Nenny Syahrenny Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Indonesia (STIESIA) Surabaya
  • Juwita Sari Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Indonesia (STIESIA) Surabaya

DOI:

https://doi.org/10.24034/kreanova.v2i1.5154

Kata Kunci:

pelatihan pembukuan sederhana, manajemen pemasaran

Abstrak

Kegiatan abdimas ini mengambil tema ‘back to basic’ atau kembali ke dasar, karena melihat kondisi mitra UKM yang mayoritas memiliki skala bisnis mikro/kecil. Dalam hal ini, tim abdimas memberikan pelatihan pembukuan sederhana dan manajemen pemasaran dengan fokus utama adalah pemahaman mitra akan pentingnya melakukan pencatatan keuangan, merubah mindset mitra yang awalnya melihat pembukuan keuangan sulit tapi menjadi mudah. Setelah dilakukan pelatihan, selanjutnya tim abdimas STIESIA mendampingi mitra hingga mahir membuat laporan keuangan. Bertempat di Dapur Djitoe yang merupakan salah satu UKM mitra, sehingga pihak mitra berkontribusi menyediakan tempat kegiatan dan memberdayakan produk UKM sebagai konsumsi kegiatan serta ajang promosi produk UMK lainnya. Tahapan awal dimulai dengan memahami dasar membuat pembukuan sederhana dan pemahaman terkait manajemen pemasaran, kegiatan selanjutnya tim abdimas akan menggunakan aplikasi pembukuan, lalu disisi pemasaran akan dilakukan pelatihan dan pendampingan pemasaran digital, teknik pembuatan katalog, pengelolalaan manajemen karyawan, rantai pasok dan pencatatan legalitas bisnis. Sehingga, kegiatan basic ini diharapkan mampu menjadi pondasi mitra UKM dalam mempertahankan usahanya, memperluas pangsa pasar dan mengembangkan usahanya

Referensi

Arfiansyah, M. A., dan Suminto, E. (2021). Pelatihan Pembukuan Sederhana untuk UMKM sebagai Upaya Ketahanan Ekonomi di Masa Pandemi Covid-19. Al Basirah Jurnal Pengabdian Masyarakat, 1(1), 1–8.

Salmah, E., Yuniarti, T., Wahidin, dan Agustiani, E. (2020). Penyuluhan tentang Pengelolaan Keuangan dan Administrasi Usaha pada Kelompok Industri Rumah tangga di Desa Madana Kecamatan Tanjung Kabupaten Lombok Utara. Sangkabira, Fakultas Ekonomi Dan Bisnis Universitas Mataram, 1(1), 27–40.

Suherman, A., Warasto, H. N., dan Sawukir, S. (2020). Aplikasi Pembuatan Laporan Keuangan Sederhana dalam Dunia Usaha. Dedikasi PKM, 1(1), 17. https://doi.org/10.32493/dedikasipkm.v1i1.6043.

Syahrenny, N, Asyik, N. F., Riharjo, I. B., dan Triyonowati, T. (2021). Pelatihan Manajemen Keuangan Kepada Gapoktan Beras Premium Pojok Kulon Kabupaten Jombang. Kreanova (Jurnal Kreativitas dan Inovasi), 1(1), 8-14. https://doi.org/10. 24034/kreanova.v1i1.4863.

Triyonowati, Mildawati, T., Riharjo, I. B., dan Khuzaini. (2021). Pemberdayaan UMKM Rosela Asri Kelurahan Pacar Kembang Kecamatan Tambaksari Kota Surabaya. Society, 1(2), 142–148. https://doi.org/10.37802/society.v1i2.136

Undang-Undang Nomor 20 Tahun 2008 tentang Usaha Mikro, Kecil dan Menengah. www.bkpm.go.id. 2020.

##submission.downloads##

Diterbitkan

2022-01-30

Terbitan

Bagian

Artikel