PELATIHAN DAN PENGEMBANGAN BUSINESS INTELLIGENCE DAN MANAJEMEN PENGELOLAAN USAHA BAGI WOMENPRENEUR FATAYAT JATIM

Penulis

  • Prawita Yani Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Indonesia Surabaya
  • Muktar Redy Susila Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Indonesia Surabaya
  • Wawan Cahyo Nugroho Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Indonesia Surabaya
  • Hermono Widiarto Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Indonesia Surabaya

DOI:

https://doi.org/10.24034/kreanova.v2i1.5117

Kata Kunci:

womenpreneur, business intelligence, manajemen pendanaan

Abstrak

Kegiatan Pengabdian Kepada Masyarakat dilaksanakan bagi womenpreneur Fatayat Jatim dengan target womenpreneur usaha mikro kecil dan menengah yang merupakan penopang perekonomian negara Indonesia. Pelaku usaha tersebut meliputi womenpreneur usaha mikro kecil dan menengah yang sebagian besar dari usaha makanan, minuman ada juga usaha pakaian dan lain-lain. Kegiatan PKM dilaksanakan dengan tujuan memberikan pemahaman kepada womenpreneur usaha mikro kecil dan menengah mengenai pentingnya business intelligence,  manajemen pendanaan, kemasan dan label produk serta manajemen pengelolaan sumber daya manusia untuk menunjang kegiatan usaha dapat terus berkembang di masa mendatang dengan memperhatikan dan menerapkan faktor pendukung kegiatan usaha. Metode pelaksanaan kegiatan terdiri dari empat tahap, yaitu tahap identifikasi masalah, tahap pemberian materi secara daring melalui aplikasi zoom, tahap pendampingan daring melalui aplikasi perpesanan yaitu whatsapp dan tahap monev secara daring. Luaran yang diharapkan setelah mengadakan pelatihan ini diharapkan womenpreneur usaha mikro kecil dan menengah mempunyai kemampuan mengubah data menjadi peluang usaha dan bagaimana usaha mikro kecil dan menengah mengelola keuangannya secara efisien, mengemas produk manjadi menarik dan bagaimana usaha mikro kecil dan menengah memberdayakan sumber daya manusia yang ada secara efektif sehingga dengan kegiatan ini womenpreneur usaha mikro kecil dan menengah dari organisasi Fatayat Jatim bisa meningkatkan operasional usahanya dan berkelanjutan untuk mendukung perekonomian di Indonesia.

Referensi

Agus, S. (2015). Manajemen Keuangan: Teori dan Aplikasi. Edisi Keempat. Yogyakarta: BPFE.

Ariani, T. R., Tania, K. D., dan Indah, D. R. (2016). Penerapan Business Intelligence pada Sistem Informasi Penjualan Barang PT. Winsa (Studi Kasus di PT. Winsa Palembang). Konferensi Nasional Teknologi Informasi & Aplikasinya, 4, 103–110.

BPS Jatim. (2018). Analisis Hasil SE2016 Lanjutan Potensi Peningkatan Kinerja Usaha Mikro Kecil Provinsi Jawa Timur. PT. Sinar Murni Indoprinting. Surabaya.

Cahyorini. (2011). The Effect of Packaging Design on Impulsive Buying. Journal of Administrative Science & Organization, 18(1).

Malayu, S.P.H. (2013). Manajemen Sumber Daya manusia. Jakarta: Bumi Aksara.

##submission.downloads##

Diterbitkan

2022-01-30

Terbitan

Bagian

Artikel