STRATEGI PEMASARAN DIGITAL BUDIDAYA LELE DALAM UPAYA PENGUATAN EKONOMI MASYARAKAT KELURAHAN ARJOWINANGUN

Penulis

  • Firda Meisaroh Program Studi Manajemen, Fakultas Ekonomi, Universitas Negeri Malang
  • Agus Hermawan Program Studi Manajemen, Fakultas Ekonomi, Universitas Negeri Malang
  • Agung Winarno Program Studi Manajemen, Fakultas Ekonomi, Universitas Negeri Malang

DOI:

https://doi.org/10.24034/kreanova.v3i1.5075

Kata Kunci:

manajemen pemasaran, pengabdian masyarakat, pemasaran digital

Abstrak

Budidaya ikan lele akhir-akhir ini menjadi primadona dalam sektor bisnis UMKM. Ikan lele dinilai mudah untuk dibudidayakan, pertumbuhan cepat, mampu bertahan terhadap penyakit serta membutuhkan biaya yang relatif terjangkau. Potensi tersebut yang berusaha ditangkap oleh pembudidaya di Indonesia. Usaha budidaya ikan lele sudah banyak dikenal dengan menerapkan teknologi dalam pengolahannya. Akan tetapi proses pemasaran menjadi masalah inti yang dihadapi oleh pembudidaya yang ada di Puri Cempaka Putih I Kelurahan Arjowinangun Kecamatan Kedungkandang. Solusi untuk mengatasi permasalahan ini adalah dengan memberikan bantuan sosialisasi, pelatihan, dan pendampingan kepada masyarakat. Bantuan langsung yang dapat dilakukan berupa pelatihan dasar mengenai pemasaran digital bagi pemula sebanyak 15 peserta, yakni belajar serta mengenal Google My Business, dalam pengenalan digital marketing dalam pengembangan usaha budidaya ikan lele. Bentuk capaian dari kegiatan ini adalah branding produk, tautan Google My Business, serta penjualan produk lele melalui aplikasi Marketplace yang digunakan sebagai strategi tepat guna agar dapat memasarkan ikan lele secara efektif dan efisien. Metode pencapaian hasil dari kegiatan ini diketahui dari kuesioner yang menunjukkan bahwa masyarakat mampu memanfaatkan pemasaran digital untuk meningkatkan hasil penjualan dan meningkatkan taraf ekonomi masyarakat menjadi lebih baik.

Referensi

Aldo, D. (2019). Pemilihan Bibit Lele Unggul Dengan Menggunakan Metode Weighted Product, Jurnal Teknologi dan Open Source. 2 (1): 15-23.

Arnita, D. (2018). Strategi Meningkatkan Produktifitas Dan Pemasaran Ikan Lele Hasil Budidaya Bioflock, Jurnal Karinov.

Churiyah, Madziatul., Sholikhan., Susanti, Evi., Pratikto, Heri. (2021). Strategi Penguatan Daya Saing UMKM Dimasa Pandemi COVID-19, Jurnal Karinov 4(2).

Faridah., Diana, Selvie., Yuniati. (2019). Budidaya Ikan Lele Dengan Metode Bioflok Pada Peternak Ikan Lele Konvesional, Cadadde: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat. 1 (2).

Hudaidah, Siti., Wardiyanto, Qadar Hasani., Maulid Wahid Yusup. (2017). Pemberdayaan Masyarakat Melalui Pengembangan Budidaya Ikan Lele Teknologi Bioflok di Kelurahan Pinang Jaya, Bandar Lampung, Lampung, Sakai Sembayan - Jurnal Pengabdian kepada Masyarakat.

Kleindl, B.A. dan Burrow, J.L.. (2005). E-Commerce Marketing. South Western; United States of America.

Mindarta, Erwin Komara., Edy, Duwi Leksono., Sutadji, Eddy. (2018). Pelatihan Penggunaan Mesin Pembersih Kotoran Ikan Lele Bertenaga Motor Listrik Untuk Meningkatkan Produktivitas Ternak Lele Sangkuriang di Sumberpucung Malang, Jurnal Karinov.

Pinakapani. (2018). Influence of E- Commerce Web Features on Customer Decision Making, IJEMR. 8 (4).

Saputra, Gede Wisnu., Ketut Sri Ardani, I Gusti Agung. (2020). Pengaruh Digital Marketing, Word of Mouth, dan Kualitas Pelayanan Terhadap Keputusan Pembelian, E-Jurnal Manajemen, 9 (7).

Sunarma, Ade. (2004). Peningkatan Produktivitas Usaha Lele Sangkuriang (Clarias sp.), Jurnal Departemen Kelautan dan Perikanan Direktorat Jendral Perikanan Budidaya Balai Budidaya Air Tawar Sukabumi. Hal. 1-6

Taken Smith, Katherin. (2011). Digital Marketing Strategies that Millennials Find Appealing, Motivating, or Just Annoying, Journal of Strategic Marketig

Urmila (2019). Perkembangan Wisata Belanja “Oleh-Oleh Makanan” di Kota Malang, Jurnal Master Pariwisata (JUMPA). 6

Wiraguna, Rayie Tariaranie., Prameka, Adelia Shabrina., Muhammad, Buyung Adi Dharma. (2019). Perancangan dan Pengembangan Pusat Bisnis Berbasis Online Produk Unggulan Desa Sejahtera Mandiri (DSM) Kucur, Dau – Kabupaten Malang, Jurnal Karinov. 2 (1).

Yasmin, Afrina., Tasneem, Sadia., Fatema, Kaniz. (2015). Effectiveness of Digital Marketing in the Challenging Age : An Empirical Study, International Journal of Management Science and Business Administration. 1(5).

##submission.downloads##

Diterbitkan

2023-01-18

Terbitan

Bagian

Artikel