PEMBERDAYAAN EKONOMI RUMAH TANGGA MELALUI PRODUKSI MASKER KAIN DI MASA PANDEMI COVID-19

Penulis

  • Intan Immanuela Universitas Katolik Widya Mandala Surabaya
  • Robik Anwar Dani Universitas Katolik Widya Mandala Surabaya

DOI:

https://doi.org/10.24034/kreanova.v1i3.5069

Kata Kunci:

pemberdayaan, masker kain

Abstrak

Pemberdayaan sangat diperlukan utamanya pada masa sulit seperti saat ini yaitu masa Pandemi Covid-19. Pemberdayaan unutk meningkatan kulaitas diri dan keluarga dapat dilakukan dengan kemampuan mengisi peluang usaha terutama di masa pandemi ini. salah satu peluang usaha yang dapat dilakukan adalah dengan usaha/ bisnis masker dari kain. Kegiatan pemberdayaan kepada masyarakat ini memiliki tujuan sebagai berikut: 1). Membantu menciptakan keterampilan dan kenyamanan dalam kehidupan bermasyarakat melalui usaha/bisnis produk masker kain. 2) Membantu mitra melalui pendampingan psikologis untuk memiliki rasa percaya diri dan memiliki jiwa entrepreneurship. 3). Membantu mengembangkan mitra untuk tetap memiliki pendapatan keluarga ditengah Covid-19 melalui usaha produk masker kain dengan menyediakan alat bantu memproses produk masker kain. 4). Membantu mitra dengan edukasi penentuan harga jual produk masker kain dan pemasaran melalui medsos. Metode yang dilakukan unutk mencapai tujuan tersebut adalah dengan melakukan pelatiham pembuatan masker kain, pengadaan alat bantu proses produksi masker kain, pendampingan ranah psikologis untuk membentuk mental wirausaha yang tahan banting, kreatif, dan mampu melihat peluang, dan edukasi penentuan harga jual masker kain pemasaran melalui media sosial.

Referensi

Arief, A. M. (2020). Hipmi Dorong Pengusaha Lokal Produksi Masker dan APD. https://ekonomi.bisnis.com/read/20200421/257/1230320/hipmi-dorong-pengusaha-lokal-produksi-masker-dan-apd. Diakses 9 Juni 2020.

Aruni, S. F. dan Hidayat, R. (2019). Peluang Kewirausahaan: Proses Kognitif Pengusaha Starup Digital dalam Opportunity Recognition. Jurnal Psikologi. 46 (1): 45-62.

Hasanah, S. (2013). Pemberdayaan Perempuan Melalui Kegiatan Ekonomi Berkeadilan (Simpan Pinjam Syariah Perempuan). SAWWA. 9 (1).

Khoer, M. (2020). Ada Peluang Usaha Masker Bahan Kain di Tengah Pandemi Corona. https://www.cekaja.com/info/-ada-peluang-usaha-masker-bahan-kain-di-tengah-pandemi-corona/.

Lokakarya MAMPU FASE 2. (2013). Program Akses terhadap Ketenagakerjaan dan Pekerjaan Layak: Wirausaha Perempuan.

Nugraha, D. (2020). Kontroversial, Ini 3 Peluang Usaha yang Timbul Akibat Wabah Virus Corona. https://www.paper.id/blog/bisnis/peluang-usaha-virus-corona/. Diakses 9 Juni 2020.

Puspitaningsih, F. (2014). Pengaruh Efikasi Diri dan Pengetahuan Kewirausahaan terhadap Minat Berwirausaha melalui Motivasi. Jurnal Ekonomi Pendidikan dan Kewirausahaan. 2 (2).

Sukirman. (2017). Jiwa Kewirausahaan dan Nilai Kewirausahaan Meningkatkan Keman-dirian Usaha Melalui Perilaku Kewir-ausahaan. Jurnal Ekonomi dan Bisnis 20 (1).

Suryana. (2014). Kewirausahaan. Salemba Empat. Jakarta.

Utama, A., dan Handayani, T. (2014). Model Pemberdayaan Perempuan Miskin Melalui Pelatihan Kewirausahaan Berbasis Potensi Lokal di Kecamatan Wedi Kabupaten Klaten. http://media.neliti.com. Diakses 6 November 2017.

##submission.downloads##

Diterbitkan

2021-09-30

Terbitan

Bagian

Artikel