PELATIHAN ETIKA BISNIS DAN PEMBUKUAN SEDERHANA KOPERASI TOKO KELONTONG DI SURABAYA

Penulis

  • Asmara Indahingwati Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Indonesia (STIESIA) Surabaya
  • Yesa Ramadhani Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Indonesia (STIESIA) Surabaya

DOI:

https://doi.org/10.24034/kreanova.v1i2.5035

Kata Kunci:

etika bisnis, pembukuan sederhana, toko kelontong.

Abstrak

Tujuan kegiatan pengabdian adalah memberi motivasi dan semangat kepada pelaku untuk berwirausaha. Meningkatkan kreativitas dan inovasi dalam pengetahuan tentang Etika Bisnis bagi para pelaku usaha koperasi toko kelontong. Memberi pengetahuan tentang pentingnya pencatatan transaksi keuangan melalui pembukuan sederhana. Kegiatan yang dimaksud guna membantu menjadi pelaku wirausaha yang sukses dan meningakatkan produktivitas. Tertib mencatat setiap transaksi keuangan melalui sistem pembukuan sederhana sehingga dapat memperoleh informasi mengenai posisi keuangan dan kinerja bagi anggota toko kelontong dalam mengembangkan usahanya bersama masyarakat diseleliling tempat tinggalnya. Kegiatan pengabdian kepada masyarakat yang diterapkan melalui pelatihan materi “Etika Bisnis dan Pembukuan Sederhana” perlu adanya kesinambungan kegiatan dan evaluasi setelah kegiatan pengabdian kepada masyarakat, sehingga para pelaku toko kelontong  di  Surabaya  dapat berkontribusi dalam pengembangan toko kelontong di Indonesia. Etika bisnis lebih mengutamakan pertimbangan moral daripada pertimbangan hukum. Seorang pembisnis harus selalu beretika bersikap jujur baik dalam berbicara maupun bertindak. Transaksi keuangan sangat penting agar dapat menghitung laba (rugi) usaha dengan benar, agar dapat menilai apakah laba (rugi) yang diperoleh dari usaha: “wajar” atau “tidak wajar”.

Referensi

Anastasyah, D., dan Hidayat, H. (2017). Perbedaan Presepsi Tentang Etika Bisnis Pada Mahasiswa Yang Belum Dan Sydah Mempelajari Mata Kuliah Etika Bisnis Pada Prodi Akutansi Di Perguruan Tinggi Kota Batam. Jurnal Akutansi, Ekonomi dan Manajemen Bisnis. Vol 5(2): 204-212. E-ISSN: 2548-9836.

Bygrave. (1996). Tahapan dalam Kewirausahaan. https://rasimunway.blogspot.com/2011/05/tahapan-dalam-kewirausahaan.html. Diakses tanggal 6 Februari 2020.

Chaniago, H. (2013). Manajemen Kantor Kontemporer. Akbar Limas Perkasa CV. Bandung.

Dinas Perdagangan Surabaya. (2018). Pertemuan Anggota Baru Toko Kelontong Rungkut Makmur Sejahtera. http://disperdagin.surabaya.go.id/disdag/page/41/. Diakses tanggal 29 Januari 2020.

Hidayat, W. (2019). Wali Kota Risma: Toko Kelontong Penting Untuk Kesejahteraan. Surabaya (infosurabaya.id). https://infosurabaya.id/2019/04/15/wali-kota-risma-toko-kelontong-penting-untuk-kesejahteraan/. Diakses tanggal 29 januari 2020.

##submission.downloads##

Diterbitkan

2021-09-01

Terbitan

Bagian

Artikel