PKM PADA TK BINA ANAPRASA UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN TENAGA PENDIDIK DALAM BIDANG TEKNOLOGI INFORMASI
DOI:
https://doi.org/10.24034/kreanova.v1i2.5011Kata Kunci:
TK, Tenaga Pendidik, Aplikasi Google, InternetAbstrak
Pendidikan Taman Kanak-kanak (TK) adalah pendidikan yang sangat penting untuk menyiapkan generasi yang terdidik untuk bangsa dan negara, dimana peranan tenaga pendidik TK sangat penting untuk perkembangan anak didiknya. Tenaga pendidik bukan hanya melakukan pembelajaran yang konvensional, melainkan tenaga pendidik harus memberikan inovasi dalam hal pembelajarannya dengan sentuhan teknologi, dimulai kemampuan untuk penggunaan dan pemanfaatan teknologi informasi saat ini.Penekanan Program Kemitraan Masyrakat (PKM) ini mengacu pada peningkatan kualitas Sumber Daya Manusia tenaga pendidik TK Bina Aprasa dalam bidang Teknologi Informasi agar dapat mendukung kinerja dalam hal administrasi dan kegiatan belajar mengajar. Beberapa pokok penting penekanan peningkatan kualitas tenaga pendidik TK dalam bidang Teknologi Informasi mengacu pada penguasaan dan implementasi aplikasi Google seperti Google Docs, Google Form, Google Slide dan Google Sheet serta media sosial seperti blog atau wordpress untuk mentransfer informasi ke masyarakat. Pemilihan lokasi mitra PKM TK Bina Aprasa selain karena peringkat akreditasi TK ini masih C selama 23 tahun berdiri, pemahaman tentang aplikasi Google dan Internet masih sangat minim. Selain itu belum memiliki media sosial untuk berbagi informasi kepada masyarakat. Oleh karena itu pada jangka pendek diperlukan PKM yang dapat meningkatkan kualitas tenaga pendidik dalam bidang Teknologi Informasi dan dalam jangka panjangnya dapat mewujudkan TK Berbasiskan Internet.
Referensi
Ardhana, K. Y.(2012). Menyelesaikan Website 30 Juta ! Jasakokm : Jakarta.
Chaterine, R. N. (2019). Berita. Retrieved from Detik News: https://news.detik.com/berita/d-4879981/saat-mendes-halim-curhat-ke-nadiem-soal-sedikitnya-guru-paud-di-desa?_ga=2.21068607.523146731.1583737875-677586660.1581575947
Hardiyana, A. (2013). Optimalisasi Pemanfaatan Teknologi Informasi. Jurnal Teknodik, 1-12.
Sri S. Dewantik H, A. M. (2010). Penerapan Pembelajaran Berbasis Komputer Sebagai Dasar Pengenalan Teknologi Informasi Pada Guru Taman Kanak-Kanak Di Kota Semarang. Jurnal Abdimas.
Winata, D. R. (2017). Kompetensi Pedagogik Guru Di Tk Negeri 2 Yogyakarta Dan Tk Laboratori Pedagogia. Jurnal Kebijakan Pendidikan Edisi 4(3):237-247.