PELATIHAN MANAJEMEN KEUANGAN DAN STRATEGI PEMASARAN DI ERA NEW NORMAL

Penulis

  • Lailatul Amanah Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Indonesia (STIESIA) Surabaya
  • Nur Handayani Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Indonesia (STIESIA) Surabaya
  • Siti Rokhmi Fuadati Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Indonesia (STIESIA) Surabaya
  • Susanti Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Indonesia (STIESIA) Surabaya

DOI:

https://doi.org/10.24034/kreanova.v2i2.4985

Kata Kunci:

manajemen keuangan, pemasaran online, pandemi Covid-19

Abstrak

UKM berpotensi untuk terus berkembang, dalam hal produktivitas maupun daya saing. Dalam prosesnya, ada beberapa UKM yang dapat berkembang dan kemudian menjadi sukses, namun tak sedikit yang mengalami kegagalan bahkan tak mampu untuk beroperasi lagi. Kesuksesan UKM dipengaruhi oleh banyak faktor diantaranya kemampuan dalam manajemen keuangan, pemasaran, teknologi serta modal. Salah satu strategi dalam memasarkan produk dalam era pandemi ini melalui media sosial. Strategi tersebut memudahkan UKM dalam memasarkan produknya secara tepat guna mempertahankan kelangsungan usaha yang dijalankannya pada saat ini dan masa mendatang. Pandemi Covid-19 sangat berdampak pada sektor ekonomi menyebabkan konsumen menurun, yang berakibat pada menurunnya transaksi penjualan. Hal ini sangat berdampak pada UKM. Oleh karena itu UKM harus mampu mengatur keuangannya serta mencari strategi pemasaran yang sesuai dengan situasi dan kondisi yang ada. Manajemen keuangan UKM yang baik dapat membantu pelaku UKM dalam mengatur keuangannya sehingga kegiatan operasional dapat berjalan lancar. Dengan kemampuan mengatur keuangan dan melakukan pemasaran online diharapkan pelaku UKM dapat bertahan dalam masa Pandemi Covid-19.

Referensi

Ardiana. (2010). Kompetensi SDM UKM dan Pengaruhnya terhadap Kinerja UKM di Surabaya. Jurnal Manajemen Dan Kewirausahaan.

Dahlan, T., Murfiah, U., dan Indriani, R. (2018). Pelatihan Pembukuan Sederhana bagi UKM Kerajinan Anyam Pandan di Kecamatan Rajapolah, Tasikmalaya. Jurnal SOLMA, 7(2): 153-160.

Gunaedi, J., Nastiti, H., dan Wijaya, S. Y. (2018). UKMK Pembukuan Akuntansi Sederhana. Prosiding Seminar Hasil Pengabdian Kepada Masyarakat ISBN: 978-602-73114-5-9 (online)

Nugroho, L., Hidayah, N., Ali, A., dan Badawi, A. (2020). E-Commerce to Improve Homemaker Productivity (Women Entrepreneur Empowerment at Meruya Utara, Kembangan District, West Jakarta, Indonesia). Amalee: Indonesian Journal of Community Research and Engagement, 1(1): 13-24. https://doi.org/10.37680/amalee.v1i01.166

Widhiasturi, R., Kardiyem. dan Farliana, N. (2019). Model Akuntansi Sederhana bagi UMKM Makanan Kota Semarang. Jurnal Pengabdian dan Pemberdayaan Masyarakat. 3(1)

##submission.downloads##

Diterbitkan

2022-05-30

Terbitan

Bagian

Artikel