PELATIHAN DAN PENDAMPINGAN MENUMBUHKAN JIWA KEWIRAUSAHAAN DI KALANGAN IBU RUMAH TANGGA

Penulis

  • Wininatin Khamimah STIESIA Surabaya
  • Nenny Syahrenny Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Indonesia (STIESIA) Surabaya
  • Tegowati Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Indonesia (STIESIA) Surabaya

DOI:

https://doi.org/10.24034/kreanova.v1i3.4965

Kata Kunci:

kewirausahaan, ibu rumah tangga, pelatihan, mompreneurship

Abstrak

Tujuan Kegiatan Pengabdian Masyarakat Pelatihan Menumbuhkan Jiwa Kewirausahaan di Kalangan Ibu Rumah Tangga adalah memberi wawasan tentang kewirausahaan sehingga menjadi alternatif untuk meningkatkan pendapatan keluarga dan para ibu bisa lebih produktif memanfaatkan waktu luangnya. Metode yang digunakan berupa pelatihan untuk menumbuhkan jiwa kewirausahaan di kalangan ibu rumah tangga dan pendampingan berupa konsultasi tentang potensi diri peserta dalam berwirausaha dan permasalahan yang dihadapi. Hasil yang diperoleh dari kegiatan pelatihan ini yaitu: a.) peserta mengetahui arti penting kewirausahaan bagi diri dan keluarganya. b.) Peserta mampu mengidentifikasi potensi dirinya dan mengetahui masalah-masalah yang biasa dihadapi dalam berwirausaha. Kegiatan pengabdian kepada masyarakat yang diterapkan melalui pelatihan ini dapat memberi manfaat kepada khalayak luas.  Selanjutnya menyarankan perlu kesinambungan kegiatan dan evaluasi setelah kegiatan pengabdian kepada masyarakat ini dilakukan. Sehingga para ibu rumah tangga bisa lebih berdaya dan dapat berkontribusi dalam meningkatkan kesejahteraan keluarga

Referensi

Ali, YS dan Jama, AA. (2012). Entrepreneurship Contribution to Economic Growth: An Empirical Study on Benadir Region. International Journal of Business and Management Tomorrow 2(9): 1-8.

Echdar, S. (2013). Manajemen Entrepreneur-ship: Kiat Sukses Menjadi Wirausaha, CV. Andi Offset, Yogyakarta.

https://peluangbisnisrumahtangga.blogspot.com:Apakah itu mompreneur?, 12 Oktober 2015

Julius, (2015) Perekonomian Indonesia dan Dinamika Ekonomi Global. Mitra Wacana Media, Jakarta.

Kasali, R. (2010). Modul Kewirausahaan Untuk Program Strata 1, Yayasan Rumah Perubahan. Jakarta.

Nurita, F. (2016). Upaya Pemberdayaan Ibu Rumah Tangga Di Desa Kalirejo Lawang Dengan Tujuan Memotivasi Kewirausahaan Mandiri (Pelatihan Pembuatan Penganan Cokelat Dengan Varian Inovasi Isi, Rasa dan Pengemasan), Jurnal Abdimas, Universitas Merdeka Malang 1(2), Desember 2016.

Schumpeter, J. (1942), Capitalism, Socialism and Democracy. New York.

##submission.downloads##

Diterbitkan

2021-09-30

Terbitan

Bagian

Artikel