PENGARUH KOMPETENSI, BUDAYA AKADEMIK DAN KEPEMIMPINAN SPIRITUAL TERHADAP MOTIVASI DAN IMPLIKASINYA

Authors

  • Tatik Mulyati Universitas Merdeka Madiun

DOI:

https://doi.org/10.24034/j25485024.y2015.v19.i1.90

Keywords:

kompetensi, budaya akademik, kepemimpinan spiritual, motivasi, kinerja dosen

Abstract

Studi ini bertujuan untuk menggambarkan kompetensi, budaya akademik, kepemimpinan spiritual, motivasi dan kinerja dosen serta menganalisis pengaruh kompetensi, budaya akademik, kepemimpinan spiritual  terhadap motivasi kerja serta untuk menganalisis pengaruh kompetensi, budaya akademik, kepemimpinan spiritual  terhadap kinerja dosen Universitas Merdeka melalui perantara motivasi. Model Persamaan Struktural (SEM) digunakan untuk mengolah data sampel sebanyak 193 dosen Universitas Merdeka. Hasil studi menunjukkan bahwa: (1) Dimensi faktor kompetensi yakni kompetensi pedagogik, kompetensi profesional, kompetensi kepribadian dan kompetensi sosial memberikan kontribusi signifikan dengan kompetensi pedagogik sebagai kontributor dominan. Indikator budaya akademik yakni fasilitas, organisasi manajemen, kurikulum serta partisipasi memberikan kontribusi signifikan dan kurikulum merupakan kontributor dominan. Dimensi faktor kepemimpinan spiritual yaitu kejujuran, kemampuan komunikasi dan kecerdasan memberikan kontribusi signifikan dengan kejujuran sebagai kontributor dominan. Indikator motivasi yaitu kebutuhan fisiologi, kebutuhan sosial, kebutuhan penghargaan dan aktualisasi memberikan kontribusi signifikan dengan kebutuhan sosial merupakan kontributor dominan. Indikator kinerja dosen yakni pendidikan dan pengajaran, penelitian, pengabdian pada masyarakat dan unsur penunjang memberikan kontribusi signifikan dengan pendidikan dan pengajaran sebagai kontributor dominan; (2) Kompetensi berpengaruhi signifikan terhadap motivasi tetapi budaya akademik dan kepemimpinan spiritual tidak berpengaruh terhadap motivasi; (3) Budaya akademik berpengaruh signifikan terhadap kinerja dosen tetapi kompetensi dan kepemimpinan spiritual tidak berpengaruh; (3) Kompetensi berpengaruh terhadap kinerja dosen melalui motivasi tetapi kepemimpinan spiritual tidak berpengaruh terhadap motivasi maupun kinerja dosen.

References

Acar, A. Z. 2012. Organizational Culture, Leadership Styles and Organizational Commitment in Turkish Logistics Industry. Journal of Management and Performance 58(12): 217–226.

Apriani, F. 2009. Pengaruh Kompetensi, Motivasi, dan Kepemimpinan terhadap Efektifitas Kerja Bisnis dan Birokrasi.

Jurnal Ilmu Administrasi dan Organisasi, Jan-April 2009 16(1): ISSN 0854-3844.

Boyatzis, R. E. 2008. Competencies in the Twentyfirst Century. Journal Management Development. 27(1): 5-11.

Chemers, M. M. 2014. An Integrative Theory of Leadership: a functional integration. Journal of Personality and Social Psychology. 92: 307-324

Chin-Yi C. dan Y. Chin-Fang. 2012. The Impact of Spiritual Leadership on Organizational Citizenship Behavior: A Multi-Sample Analysis. Journal of Business Ethics 105(1): 107.

Chung, R. G dan C. L. Lo. 2007. The Development of Teamwork Competence Questionnaire: Using Students Of Business Administration Department As An Example. International Journal of Technology and Engineering Education. March Special Issue, p.51-57

Danaiee, H., S. V Mahdi, dan H. Shekary. 2011. Spiritual capacity and spiritual leadership in the improvent of working conditions of organizations. Journal on Spirituality 9(12): 12-63.

Ditjen Dikti, 2011. Pedoman Beban Kerja Dosen dan Evaluasi Pelaksanaan Tridharma Perguruan Tinggi. Kemendiknas. Jakarta.

Emilia, R. 2011. Analisis Pengaruh Pelatih- an, Budaya Organisasi dan Promosi Karyawan terhadap Motivasi Karyawan pada PT Dinamika Indonusa Prima. Journal the Winner (2): 98-110.

Ferdinand, A. 2012. Structural Equation Modelling dalam Penelitian Manajemen. BPP Universitas Diponegoro Semarang.

Freed, E. J. 1997, “A Culture for Academic Excellence: Implementing the Quality Principles in Higher Education”. Leadership and Organization Development Journal 17(5): 11–17.

Frisdiantara dan Sahertian. 2012. The Spiritual Leadership Dimension in Relation to Other Value-Based Leadership in Organization. International Journal of Humanities and Social Science 2(15): August 2012.

Fry, L. W dan M. Laura. 2005. Spiritual Leadership and Organizational Perfor- Mance: an Exploratory Study. In S. Roglberg and C. Reeve (Eds.). Journal of Applied Psychology 89: 293-310.

Fry, L. W., M. Laura M dan S. Vitucci. 2006. Spiritual leadership theory as a sources for future theory, research and recovery for workaholism: Accepted for Publication in the Journal of Management Spiritually and Religion. 17(5): 11–17.

Fry, L. W dan M. P. Cohen. 2008. Spiritual Leadership As a Paradigm For Organization Transformation And Reco-Very From Extended Work Hours Cultures. Journal of Business Ethics. In Press, DOI 10.1007/s10551-008-9695-2.

Gibson, J. L. 2008. Organization, Behaviour, Structure and Process. USA: Irwin-Burr Ridge. Business Publication Inc. Boston.

Hartnell, C. A.; A. Y. Ou; A. Kinicki. 2011. Organizational Culture and Organizational Effectiveness: A Meta-Analytic Investigation of The Competing Values Framework's Theoretical Suppositions. Journal of Applied Psychology 96(4): 677-694.

Ismail, R. dan Z. A. Syahida. 2010. Impact of Worker’s Competence on Their Performance in The Malaysian Private Service Sector, Journal Business and Economic Horizons. 2(2): 25-36.

James M. 2014. "Leadership: Theory and Practice". Journal of Educational Administration 52(1): 139-142.

Javanmard, H. 2012. The impact of spirituality on work performance. Indial Journal of Science and Technology 5(1): January 2012.

Manikandan, K and Rajamohan. 2014, Consumer's Need for Uniqueness in Buying Small Cars. Journal of Management Policies and Practices 2(1): 135-146.

Matherly, L. L., L. W. Fry dan J. R. Ouimet. 2008. Spiritual leadership ans strategic scorecard model of performance excellence: The case of Tomasso Corporation. Accepted for Publication in the Journal of Management Spiritually and Religion 10(2): 115-126.

Plotnik, R. dan H. Kouyoumdian. 2014. Motivating Employees to Act Athically: An Expectancy Theory Approach. Journal of Business Ethics 18(3): 295-304.

Pramudya, A. 2010. Analisis Faktor-faktor yang Mempengaruhi Kinerja Dosen Negeri Dipekerjakan pada Kopertis Wilayah V Jogjakarta. Jurnal Bisnis Ekonomi Indonesia 1(1): Pebruari 2010.

Rizal, Y. 2001. Pengaruh Budaya Organisasi terhadap Motivasi Kerja (Studi Kasus pada Karyawan Kantor Direksi Perkebunan Nusantara VII Bandar Lampung). Jurnal Manajemen dan Kewirausahaan 2: 56-68.

Robbins, S. P. 2012. Organizational Behavior. 7th Edition. Prentice Hall International, Inc. New Jersey.

Schein, E. H. 2004. Organizational Culture and Leadership: Are You Corporate Cultured? Personnel Journal November: 83-96.

Sendjaya, S. 2007. Conceptualizing and Measuring Spiritual Leadership in Organizations. International Journal of Business and Information 2(1): June 2007.

Seshadri D. V. R, K. Sasidhar, N. Mandar. 2014, Integrative Framework for Spirituality in Leadership. Journal Indian Institute of Management Udaipur Research Paper Series 3(2): July 2014.

Setiawati, T. 2009. Pengaruh Kompetensi Kerja terhadap kinerja Dosen (Studi Kasus Di FPTK UPI)”. Jurnal Pedagogia 1(1): Oktober 2009.

Sudarmadi. 2007. Analisis Pengaruh Budaya Organisasi dan Gaya Kepemimpinan terhadap Kepuasan Kerja dan Kinerja Karyawan (Studi Empirik: Karyawan Administratif Semarang). Jurnal Manajemen dan Organisasi 8(4): 111-123.

Surat Keputusan Menteri Koordinator Pengawasan dan Pengembangan Pen- dayagunaan Aparatur Negara (Menkowasbang) Nomor: 38/Kep/MKWASPAN/8/1999, tentang Jabatan Fungsional Dosen dan Angka Kredit.

Sutomo, Y. 2006. Pengaruh Motivasi, Fungsi Kepemimpinan dan Lingkungan Kerja terhadap Kinerja serta Implikasinya pada Karir Dosen PNS dpk di Kopertis Wilayah VI Jawa Tengah. Jurnal Manajemen dan Kewirausahaan. 4(1): 51-64.

Towers, David. 2006. An Investigation Into Whether Organizational Culture Is Directly Linked To Motivation and Performance Through Looking At Google Inc. British Journal of Social of Psychology 42: 87-106.

Undang-Undang Republik Indonesia No. 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional.

Undang-Undang Republik Indonesia No.14 Tahun 2005 tentang Guru dan Dosen.

Vathanophas, V dan J. Thaingam. 2007. Competency Requirements for Effective Job Performance in The Thai Public Sector. Journal Contemporary Management Research 3(1): 45-70.

Wibberding, J. 2013. Spiritual Leadership. http://james.wibberding.com/docu ments/Session10. Diakses 19 Januari 2014

Widyarini, N. 2011. “Perilaku Kewargaorganisasian dan Kinerja dalam Tugas dengan Prediktor Kepemimpinan Spiritual, Iklim Spiritualitas Kerja dan Budaya Organisasi Terbuka”. Gadjah Mada Journal of Psychology 3(2): 165-177.

Wu, Shu-qin. 2010. Performance Assessment Model for University Subject Leaders Based on Competency Theory. Journal of Leadership of Organizational Studies 13(3): 15-22.

Published

2018-09-07

Issue

Section

Artikel