SHOPPING LIFE STYLE MEMEDIASI HUBUNGAN HEDONIC DAN UTILITARIAN VALUE TERHADAP IMPULSE BUYING

Authors

  • Krido Eko Cahyono Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Indonesia (STIESIA) Surabaya
  • Khuzaini Khuzaini Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Indonesia (STIESIA) Surabaya
  • Hermono Widiarto Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Indonesia (STIESIA) Surabaya

DOI:

https://doi.org/10.24034/j25485024.y2016.v20.i2.54

Keywords:

hedonic value, utilitarian value, shopping lifestyle, impulse buying

Abstract

Sidoarjo merupakan  wilayah  yang terkena bencana nasional berupa lumpur,  yang memberikan image kepada masyarakat bahwa bencana tersebut memberikan dampak  negatif terhadap keberadaan sentra industri  kecil yang terletak di Tanggulangin. Tingkat pembelian masyarakat  atas produk tas dan koper menunjukkan kecenderungan menurun sejak terjadinya bencana tersebut.  Menyadari  akan adanya akibat tersebut,  perlu upaya mengangkat kembali dengan memberikan stuimulus kepada masyarakat luas untuk berbelanja di Sentra Industri Tas dan Koper di Tanggulangin, Sidoarjo. Penelitian ini memerlukan data dan informasi dari responden yaitu konsumen produk kulit yang berbelanja di Sentra Industri Kulit Tanggulangin Sidoarjo. Tujuan dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui hedonic dan utilitarian berpengaruh langsung terhadap impulse buying , Untuk mengetahui hedonic berpengaruh tidak langsung terhadap impulse buying melalui shopping lifestyle, Untuk mengetahui utilitarian berpengaruh tidak langsung terhadap impulse buying melalui shopping lifestyle. Untuk menguji pengaruh variabel intervening digunakan metode analisis jalur (path analysis). Analisis jalur merupakan perluasan dari analisis regresi linear berganda yang berfungsi untuk menaksir hubungan kausalitas antar variabel yang telah ditetapkan sebelumnya. Dalam penelitian ini ada 4 variabel yang akan dianalisis parameternya yaitu hedonic, utilitarian, shopping lifestyle terhadap impulse buying dengan shopping lifestyle sebagai variabel intervening.

References

Alba, J. W., dan E. F, Williams. 2012. Pleasure principles: A review of research on hedonic consumption. Journal of Consumer Psychology: 1-17.

Amiri, F., J. Jasour., M. Shirpour., dan T. Alizadeh. 2012. Evaluation of Effective Fashionism Involvement Factors on Impulse Buying of Costumers and Condition of Interrelation between These Factor. Journal of Basic and Applied Scientific Research 2(9): 9413-9419.

Banerjee, S. dan S. Saha. 2012. Impulse Buying Behaviour in Retail Store-Triggering The Senses. Asia Pasific Journal or Marketing and Mangemen Review 1(2): 2319-2836.

Bagyarta, dan Dharmyanti. D. 2014. Analisa Pengaruh Hedonic dan Utilitarian Value terhadap Repurchase Intention pada Industry Pusat Kebugaran Kelas Menengah Atas di Sidoarjo. Jurnal Manajemen Pemasaran petra 2(1).

Chaudhuri, A., dan M. B. Holbrook. 2001. The Chain of Effects from Brand Trust and Brand Affect to Brand Performance: The Role of Brand Loyalty. Journal of Marketing 65: 81-93.

Cole, H. S. and E. C. Kenneth. 2011. A Model Development of Retail Patronage Loyalty. Journal of Bussines Studies Quarterly 2(2): 1-16.

Ferdinand, A. 2010. Structural Equation Modeling dalam Penelitian Manajemen. Edisi ke 2, BP UNDIP. Semarang.

Foroughi, A., N. Buang., Z. Senik., dan R. Hajmisadeghi. 2013. Impulse Buying Behavior and Moderating Role of Gender among Iranian Shoppers. Journal of Basic and Applied Scientific Research 3(4): 760-769.

Ghozali, I. 2009. Aplikasi Analisis Multivariate Dengan Program SPSS. Edisi Keempat, Penerbit Universitas Diponegoro.

Hanzaee, K. H. and S. P Rezaeyeh. 2011. Investigation of the effects of Hedonic Value and Utilitarian Value on Customer Satisfaction and Behavioural Intentions.

Hetharie, J. A. 2011. Peran Emosi Positif sebagai Mediator Stimulus Lingkungan Toko dan Faktor Sosial terhadap Impulse Buying Tendency pada Matahari Departement Store Kota Ambon. Jurnal Aplikasi Manajemen 10(4): 890–898.

Indriantoro, dan Supomo. 2009. Metodologi Penelitian Bisnis untuk Akuntansi dan Manajemen. Edisi Pertama. BPFE. Yogyakarta.

Irani, N., dan K. Hanzaee. 2011. The Effect of Variety-seeking Buying Tendency and Price Sensitivity on Utilitarian and Hedonic Value in Apparel Shopping Satisfaction. International Journal of Marketing Studies 3(3): 89-103.

Japarianto, E., S. Sugiharto. 2011. Pengaruh Shopping Life Style Dan Fashion Involvement Terhadap Impulse Buying Behavior Masyarakat High Income Surabaya. Jurnal Manajemen Pemasaran 6(1): 32-41.

Kacen, J. J. dan J. A, Lee. 2008. The Influence of Culture On Consumer Impulsive Buying Behavior. Journal of Consumer Psychology 12(2): 163-76.

Kasnaeny K., A. Sudiro., D. Hadiwidjojo., dan F. Rohman. 2013. Hedonic and Utilitarian Motive of Coffee Shop Customer in Makasar, Indonesia. European Journal of Business and Management 5(25): 75-81.

Kotler, P. 2008. Manajemen Pemasaran, Edisi Milenium diterjemahkan Benyamin Molan. PT. Prenhallindo. Jakarta.

Kotler, P., dan K. L. Keller. 2009. Manajemen Pemasaran. Jakarta: Salemba Empat.

Kuncoro, M. 2009. Riset Penelitian untuk Bisnis dan Ekonomi. Jakarta: Erlangga.

Muruganantham, G. and R. S. Bhakat. 2013. A Review of Impulse Buying Behavior. International Journal of Marketing Studies. 5(3): 149-160.

Mohan, G. 2013. Impact of store environment on impulse buying behavior

Mohan, G., B. Sivakumaran., P. Sharma. 2013. Impact of store environment on Impulse Buying behavior. European Journal of Marketing 47(10): 1711-1732.

Mohan, G., B. Sivakumaran., P. Sharma. 2013. “Impact of store environment on Impulse Buying behavior”, European Journal of Marketing 47(10): 1711-1732.

Park, J. K. & Forney. 2006, A Structural Model of Fashion Oriented Impulse Buying behavior. Journal of Fashion Marketing and Management 10(4): 433-446.

Pattipeilohy, V. R., Rofiati., dan M. S. Idrus. 2013. The Influence of The Availability of Money and Time, Fashion Involvement, Hedonic Consumtion Tendency and Positive Emotion towards Impulse Buying Behavior in Ambon City. International Journal of Business and Behavioral Sciences 3(8): 36-49.

Putra, A. 2008. Analisis Pengaruh Persepsi Keadilan Organisasi terhadap Komitmen Organisasi (studi kasus: PT.X). Skripsi. Fakultas Ekonomi Universitas Indonesia.

Rachmawati. 2009. Hubungan Antara Hedonic Shopping Value, Positive Emotion, Dan Perilaku Impulse Buying Pada Konsumen Ritel. Majalah Ekonomi Tahun XIX, No. 2 Agustus.

Riduwan. 2007. Skala Pengukuran Variabel-Variabel Penelitian. Alfabeta. Bandung.

Rohman, F. 2009. Peran Nilai Hedonik Konsumsi dan Reaksi Impulsif sebagai Mediasi Pengaruh Faktor Situasional terhadap Keputusan Pembelian Impulsif di Butik Kota Malang. Jurnal Aplikasi Manajemen 7(2): 251-261.

Schiffman, L. dan K. Leslie Lazar. 2008. Consumer Behaviour 7th. Edition. (Perilaku Konsumen). PT. Indeks. Jakarta.

Sembiring. 2013. Pengaruh Shopping lifestyle Dan Fashion Involvement Terhadap Impulse Buying Behaviour (Survey Pada Konsumen Di Toko “Top Man, Top Shop” di Paris Van Java Mall, Bandung). Jurusan Manajemen, Fakultas Ekonomi, Universitas Komputer Indonesia.

Sudarmanto, G. 2005. Statistik Terapan Berbasis Komputer dengan Program IBM SPSS Statistics 19. Mitra Wacana Media. Jakarta.

Sugiyono. 2010. Metode Penelitian Kunatitatif Kualitatif dan R&D. Alfabeta. Bandung.

Sumarwan, Ujang. 2011. Perilaku Konsumen: Edisi 2. Bogor: Ghalia Indonesia.

Sunyoto, Danang. 2009. Analisis Regresi dan Uji Hipotesis. MedPress. Yogyakarta.

Tendai, M. dan C. Crispen. 2009. In-store Shopping Environment and Impulsive. Buying.

Tifferet, S., dan R. Herstein. 2012. Gender Differences In Brand Commitment, Impulse Buying, And Hedonic Consumption. Journal of Product & Brand Management 21(3): 176–182.

Tirmizi, M. A., dan K. U. Rehman., M. I Saif. 2009. An Empirical Study of Consumer Impulse Buying Behavior In Local Markets. European Journal of Scientific Research 28(4): 522-532.

Published

2018-09-04

Issue

Section

Artikel