PENGARUH LIFESTYLE, COMPUTER SELF EFFICACY, PERSEPSI MANFAAT, DAN RISIKO TERHADAP MINAT MENGGUNAKAN SIA BERBASIS E-COMMERCE
DOI:
https://doi.org/10.24034/j25485024.y2022.v6.i3.5258Keywords:
lifestyle, computer self efecacy, e-commerce, sistem informasi akuntansiAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk menguji pengaruh lifestyle, computer self efficacy, serta persepsi manfaat, dan persepsi risiko terhadap minat penggunaan sistem informasi akuntansi berbasis e-commerce pada PT GO-JEK Indonesia. Pendekatan penelitian ini adalah pendekatan kuantitatif. Penelitian dilakukan pada 14 kantor cabang GO-JEK Indonesia yang berada di wilayah Jawa Timur. Populasi dalam penelitian yaitu perwakilan staf dan karyawan, khususnya staf akuntan PT GO-JEK Indonesia yang bertugas di 14 kantor cabang tersebut, yakni sebanyak 34. Karena jumlah populasi minim, maka teknik sampling yang digunakan adalah teknik sampling jenuh, sehingga sampel penelitian ini sebanyak populasi yang ada, yakni 34 orang karyawan staf akuntan GO-JEK. Data dikumpulkan dengan metode kuesioner dan dianalisis dengan teknik analisis regresi linier sederhana. Hasil penelitian menunjukkan lifestyle, computer self efficacy, persepsi manfaat, dan persepsi risiko berpengaruh terhadap minat penggunaan sistem akuntansi berbasis e-commerce pada PT GO-JEK. Strategi PT GO-JEK dalam mengantisipasi perkembangan revolusi industri 4.0, adalah meningkatkan wawasan, skill, pengetahuan, dan kemampuan SDM agar memiliki lifestyle yang adaptif, computer self efficacy yang tinggi, persepsi manfaat, dan persepsi risiko yang baik, dengan memberikan pendidikan dan pelatihan tentang transformasi teknologi.
References
Abdullah, A., B. Thomas, L. Murphy, dan E. Plant. 2018. An Investigation of the Benefits and Barriers of E-¬Business Adoption Activities in Yemeni SME. Strategic Change 27(3): 195¬208. https://doi. org/10.1002/jsc.2195.
Achim, N. dan A. A. Kassim. 2015. Computer Usage: The Impact of Computer Anxiety and Computer Self-efficacy. Procedia-Social and Behavioral Sciences 172: 701–708.
Afghani, M. F. dan E. Yulianti. 2017. Pengaruh Kepercayaan, Keamanan, Persepsi Risiko, serta Kesadaran Nasabah terhadap Adopsi E-Banking di Bank BRI Surabaya. Journal of Business dan Banking 6(1): 113-128. https://doi.org/10.14414/jbb.v6i1.898.
Agarwal, R. dan E. Karahanna. 2000. Time Flies When You’re Having Fun: Cognitive Absorption and Beliefs about Information Technology Usage. MIS Quarterly 24(4): 665-694. https://doi.org/10.2307/3250951.
Al-Dmour, R., F. Hammdan, H. Al-Dmour, A. Alrowwad, dan S. M. Khwaldeh. 2017. The Effect of Lifestyle on Online Purchasing Decision for Electronic Services: The Jordanian Flying E-Tickets Case. Asian Social Science 13(11): 157-169. https://doi.org/10.5539/ass.v13n11p157.
Aziah, A. dan P. R. Adawia. 2018. Analisis Perkembangan Industri Transportasi Online di Era Disruptif (Studi Kasus PT Gojek Indonesia). Cakrawala-Jurnal humaniora 18(2): 149-156.
Burda, D. dan F. Teuteberg. 2013. Sustaining Accessibility of Information through Digital Preservation: a Literature Review. Journal of Information Science 39(4): 439–455.
Bhatti, T. 2007. Exploring Factors Influencing the Adoption of Mobile Commerce. Journal of Internet Banking and Commerce 12(3): 1-13.
Boritz, J. E. dan W. G. No. 2011. E-Commerce and Privacy: Exploring What We Know and Opportunities for Future Discovery. Journal of Information Systems 25(2): 11-45. https://doi.org/10.2308/isys- 10090.
Chiu, T. dan T. D. Wang. 2019. The COSO Framework in Emerging Technology Environments: An Effective in-Class Exercise on Internal Control. Journal of Emerging Technologies in Accounting 16(2): 89-98. https://doi.org/10.2308/jeta- 52500.
Compeau, D. R. dan C. A. Higgins. 1995. Computer Self-Efficacy: Development of a Measure and Initial Test. MIS Quarterly 19: 189-211.
Dagiliene, L. dan K. Šutiene. 2019. Corporate Sustainability Accounting Information Systems: A Contingency-Based Approach. Sustainability Accounting, Management and Policy Journal 10(2): 260-289. https://doi.org/10.1108/SAMPJ-07-2018-0200.
Davis, F. 1989. Perceived Usefulness, Perceived Ease of Use, and User Acceptance of Information Technology. MIS Quarterly 13: 319-340. https://doi.org/10.2307/249008.
Fan, J., L. Tang, W. Zhu, dan B. Zou. 2018. The Alibaba Effect: Spatial Consumption Inequality and the Welfare Gains from E-Commerce. Journal of International Economics 114: 203-220. https://doi.org/10.1016/j.jinteco.2018.07.002.
Flood, D., T. West, dan D. Wheadon. 2013. Trends in Mobile Payments in Developing and Advanced Economies. RBA Bulletin 1: 71–80.
Frisdayanti, A. 2019. Peranan Brainware dalam Sistem Informasi Manajemen. Jurnal Ekonomi Manajemen Sistem Informasi 1(1): 60-69. https://doi.org/10.31933/jemsi.v1i1.47.
Hariyati, H., B. Tjahjadi, dan N. Soewarno. 2019. The Mediating Effect of Intellectual Capital, Management Accounting Information Systems, Internal Process Performance, and Customer Performance. International Journal of Productivity and Performance Management 68(7): 12501271. https://doi.org/10.1108/IJPPM-02-2018-0049.
Haidari, M. B. dan K. G. Tileng. 2018. Analisa Faktor-Faktor Berpengaruh pada Penggunaan Go-Pay. Jurnal Informatika dan Sistem Informasi (JUISI) Universitas Ciputra 04(01): 10–15.
He, J. dan F. Lee, F. 2009. Are Men More Technology Oriented than Women? The Role of Gender on the Development of General Computer Self-Efficacy of College Students. 15th Americas Conference on Information Systems 2009, AMCIS 2009 8(2): 5546–5557.
Jahromi, S. A. F., A. Forouzan, dan R. Gholaminejad, R. 2016. Computer Anxiety and Computer SelfEfficacy as Predictors of Iranian EFL Learners’ Performance on the Reading Section of the TOEFL iBT. Higher Education of Social Science 11(6): 55–65.
Kan, M. P. H. dan L. R. Fabrigar. 2017. Theory of Planned Behavior. Encyclopedia of Personality and Individual Differences: 1–8. https://doi.org/10.1007/978-3.
Kim, D. J., D. L. Ferrin, dan H. R. Rao. 2008. A Trust-Based Consumer Decision- Making Model in Electronic Commerce: The Role of Trust, Perceived Risk, and Their Antecedents. Decision Support Systems 44: 544-564.
Kotler, P. dan G. Armstrong. 2012. Principles of Marketing. 14th Edition. Prentice Hall. Jakarta.
Mutiaraharja, L. R. P. 2016. Pengaruh Kepercayaan, Pengalaman, Manfaat, dan Risiko terhadap Minat Pembeli untuk menggunakan Sistem E-Commerce (Studi Empiris Mahasiswa Program Studi Akuntansi Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Muhammadiyah Surakarta). Skripsi. Universitas Muhammadiyah Surakarta.
Mhina, J. R. A., M. G. M. Johar, dan M. H. Alkawaz. 2019. The Influence of Perceived Confidentiality Risks and Attitude on Tanzania Government Employees’ Intention to Adopt Web 2.0 and Social Media for Work-Related Purposes. International Journal of Public Administration 42(7): 558-571.
https://doi.org/10.1080/01900692.2018.1491596.
Min, S., K. K. F. So, dan M. Jeong. 2019. Consumer Adoption of the Uber Mobile Application: Insights From Diffusion of Innovation Theory and Technology Acceptance Model. Journal of Travel and Tourism Marketing 36(7): 770–783. https://doi.org/10.1080/10548408.2018.1507866.
Syaifudin, M. dan D. Hendrawan. 2016. Analisis Pengaruh Privasi, Keamanan, dan Kepercayaan terhadap Niat untuk Bertransaksi secara Online di olx.co.id. Jurnal Ilmiah Mahasiswa FEB Universitas Brawijaya 2(2): 1-16.
https://jimfeb.ub.ac.id/index.php/jimfeb/article/view/1193.
Norrahmiati, N., K. Anwar, dan E. Ernawati. 2020. Faktor-faktor yang Mempengaruhi Niat Generasi Z untuk menggunakan Kembali Aplikasi Transportasi Daring. Jurnal Manajemen dan Kearifan Lokal Indonesia 4(1): 44-57. DOI: 10.26805/jmkli v4i1.91.
Okundaye, K., S. Fan, dan R. Dwyer. 2019. Impact of Information and Communication Technology in Nigerian Small-to Medium-Sized Enterprises. Journal of Economics, Finance and Administrative Science 24(47): 29-46. https://doi.org/10.1108/JEFAS-08-2018-0086.
Putra, A. K. dan M. A. Nugroho. 2016. Pengaruh Computer Anxiety Computer Attitude dan Computer Self Efficacy terhadap Minat Menggunakan Software Akuntansi the Impacts of Computer Anxiety, Computer Attitude and Computer Self. Jurnal Profita: Kajian Ilmu Akuntansi 4(6): 1–19.
Priyono, A. 2017. Analisis Pengaruh Trust dan Risk dalam Penerimaan Teknologi Dompet Elektronik GO-PAY. Jurnal Siasat Bisnis 21(1): 88-106. http://www.jurnal.uii.ac.id/index.php/jsb.
Prayugo, D.W. 2018. Pengaruh Komunitas Virtual Terhadap Minat Beli Online pada Grup Facebook Bubuhan Samarinda. eJournal Ilmu Komunikasi 6(1): 143-157.
Rachbini, W., F. Salim, M. G. Haque, dan E. Rahmawati, E. 2019. Analisis Niat Pembelian Ulang E-Comerce Mobile dengan Pendekatan Technology Acceptance Model (TAM). Jurnal Aplikasi Bisnis dan Manajemen 5(3): 530–540. https://doi.org/10.17358/jabm.5.3.53.
Riadi, M. 2018. Aspek, Jenis, Tahapan dan Faktor yang Mempengaruhi Minat Beli. https://www.kajianpustaka.com/2018/12/aspek-jenis-tahapan-dan-faktor-yang-mempengaruhi-minat-beli.html.
Romney, M. B. dan P. J. Steinbart. 2018. Accounting Information Systems. 14th Edition. Pearson Education, Inc. London.
Setyowati dan Respati. 2017. Persepsi Kemudahan Penggunaan, Persepsi Manfaat, Computer Self Efficacy, dan Kepuasan Pengguna Sistem Informasi Akuntansi. Jurnal Riset Akuntansi dan Keuangan 13(1): 63-75.
Shemi, A. dan C. Procter. 2018. E-Commerce and Entrepreneurship in SMEs: Case of MyBot. Journal of Small Business and Enterprise Development 25(3): 501-520. https://doi.org/10.1108/JSBED-03-2017-0088.
Skinner, H., D. Sarpong, dan G. R. T. White. 2018. Meeting the Needs of the Millennials and Generation Z: Gamification in Tourism through Geocaching. Journal of Tourism Futures 4(1): 93–104. https://doi.org/10.1108/JTF-12-2017-0060.
Sugiyono. 2017. Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif dan R dan D. Cetakan 15. Alfabeta. Bandung.
Thompson, R. L., C. A. Higgins, dan J. W. Howell. 1991. Personal Computing: Toward a Conceptual Model of Utilization. MISQuarterly 15(1): 124-143.
Venkatesh, V., J. Y. L. Thong, dan X. Xu. 2016. Unified Theory of Acceptance and Use of Technology: A Synthesis and the Road Ahead. Journal of the Association of Information Systems 17(5): 328–376. https://doi.org/10.17705/1jais.004 28.
Xu, W., Y. Zuo, X. Gao, dan M. Yao. 2019. The Influencing Factors of Satisfaction and Lending Intention in Online Lending Investment: An Empirical Study Based on the Chinese Market. Accounting dan Finance 59(2): 2045-2071. https://doi.org/10.1111/acfi.12551.