PENERIMAAN BEA LELANG: EMPIRICAL FACTOR ANALYSIS PADA PROSES LELANG ASET NEGARA DI INDONESIA

Authors

  • Agus Sunarya Politeknik Keuangan Negara STAN
  • Luh Putu Candra Dewi Mayasari Direktorat Jenderal Kekayaan Negara

DOI:

https://doi.org/10.24034/j25485024.y2023.v7.i1.5085

Keywords:

harga laku, bea lelang, lelang internet, penerimaan negara bukan pajak

Abstract

Penerimaan negara bukan pajak menjadi salah satu penerimaan negara yang penting, salah satunya berasal dari penerimaan bea lelang. Bea Lelang dihitung dari harga laku lelang atas pelelangan atas aset-aset negara atau berhubungan dengan negara atas pelepasan aset tersebut. Penerimaan bea lelang menjadi objek penelitian. Penelitian ini membuktikan bahwa penerimaan bea lelang dipengaruhi oleh faktor-faktor dari jumlah peserta, aspek demografis pemenang lelang, masa tayang, dan nilai limit terhadap harga laku. Harga limit ini menjadi dasar pengenaan bea lelang sebagai penerimaan negara bukan pajak. Penelitian ini menggunakan metode korelasi. Data dikumpulkan dari data pelelangan Kementerian Keuangan dan BPS. Teknik analisis yang digunakan ialah analisis regresi dengan data cross section. Penelitian ini menemukan bahwa jumlah peserta lelang berpengaruh signifikan terhadap harga laku lelang yang terbentuk. Aspek demografis berupa umur pemenang lelang berpengaruh signifikan terhadap peningkatan harga laku lelang. Masa tayang lelang tidak berpengaruh signifikan dalam peningkatan harga laku lelang. Nilai limit berpengaruh signifikan terhadap besarnya harga laku lelang yang terbentuk. Penelitian ini merekomendasikan penambahan publikasi lelang internet yang bersifat komersial yang utamanya ditargetkan pada pria.

References

Adam, M. T. P., J. Krämer, dan M. B. Müller. 2015. Auction Fever! How Time Pressure and Social Competition Affect Bidders’ Arousal and Bids in Retail Auctions. Journal of Retailing 91(3): 468–485. https://doi.org/10.1016/j.jretai.2015.01.003.

Agarwal, S., J. Li, E. Teo, dan A. Cheong. 2018. Strategic Sequential Bidding for Government Land Auction Sales – Evidence from Singapore. Journal of Real Estate Finance and Economics 57(4): 535-565. https://doi.org/10.1007/s11146-017-9625-0.

Amir, A. M., S. M. Auzair, R. Maelah, dan A. Ahmad. 2016. Pricing for higher education institutions: a value-based approach. International Journal of Educational Management 30(6): 929–940. https://doi.org/10.1108/IJEM-08-2015-0110.

Anisah. 2013. Pengaruh Perubahan Organisasi dan Budaya Organisasi terhadap Kinerja Pegawai (Studi pada Kantor Pelayanan Kekayaan Negara dan Lelang Banjarmasin). Jurnal Wawasan Manajemen 1(1): 27–42.

Armantier, O., C. A. Holt, dan C. R. Plott. 2013. A Procurement Auction for Toxic Assets with Asymmetric Information. American Economic Journal: Microeconomics 5(4): 142–162. https://doi.org/10.1257/mic.5.4.142.

Atulkar, S. dan B. Kesari. 2018. Impulsive Buying: a Consumer Trait Prospective in Context of Central India. Global Business Review 19(2): 477-493.

Balseiro, S., Y. Deng, J. Mao, V. Mirrokni, dan S. Zuo. 2021. Robust Auction Design in the Auto-Bidding World. Advances in Neural Information Processing Systems 34: 17777-17788.

Bichler, M. dan P. Paulsen. 2018. A Principal-Agent Model of Bidding Firms in Multi-Unit Auctions. Games and Economic Behavior 111: 20-40.

Chang, C. C. dan C. W. Chen. 2015. Examining Hedonic and Utilitarian Bidding Motivations in Online Auctions: Impacts of Time Pressure and Competition. International Journal of Electronic Commerce 19(2): 39-65.

Cheema, A., D. Chakravarti, dan A. R. Sinha. 2012. Bidding Behavior in Descending and Ascending Auctions. Marketing Science 31(5): 779-800.

Chen, X. dan J. Zhao. 2013. Bidding to Drive: Car License Auction Policy in Shanghai and its Public Acceptance. Transport Policy 27(May): 39–52. https://doi.org/https://doi.org/10.1016/j.tranpol.2012.11.016.

Cholifah, A. P. dan E. H. Fanida. 2019. Transparansi Program Electronic Auction di Kantor Pelayanan Kekayaan Negara dan Lelang Surabaya. Publika 7(2): 1–7. https://jurnalmahasiswa.unesa.ac.id/index.php/publika/article/view/27122

Cong, L. W. 2014. Auctions of Real Options. Job Market Paper. Stanford Graduate School of Business.

Coryanata, I. 2016. Akuntabilitas, Partisipasi Masyarakat dan Transfaransi Kebijakan Publik Sebagai Pemoderasi Hubungan Pengetahuan Dewan Tentang Anggran dan Pengawasan Keuangan Daerah. Jurnal Akuntansi Dan Investasi 12(2): 110–125. http://journal.umy.ac.id/index.php/ai/article/view/678.

Decarolis, F. M. Goldmanis, dan A. Penta. 2020. Marketing Agencies and Collusive Bidding in Online Ad Auctions. Management Science 66(10): 4433-4454.

Febrianto, S. dan D. Ayunda. 2019. The Implementation of Execution Auction by Creditors on Debtor Rights’ Guarantee in the Office of State Assets and Auction Services (KPKNL). International Journal of Innovation, Creativity and Change 10(5): 171–188.

Finucane, M. L., A. Alhakami, P. Slovic, dan S. M. Johnson. 2000. The Affect Heuristic in Judgments of Risks and Benefits. Journal of behavioral decision making 13(1): 1-17.

Gregg, D. G. dan S. Walczak. 2010. The Relationship between Website Quality, Trust and Price Premiums at Online Auctions. Electronic Commerce Research 10: 1-25.

Grewal, D., A. Roggeveen, dan J. Nordfält. 2014. Pricing in the Modern World: the Role of Price-Related and Non-Price Related Cues. Journal of Product & Brand Management 23(6): 397-400.

Gultom, A. J. L., B. Riyanto, dan M. Djais. 2016. Penyelesaian Piutang Negara di Wilayah Hukum Kantor Pelayanan Kekayaan Negara dan Lelang Semarang. Diponegoro Law Journal 5(2): 1-14.

Haruvy, E. dan P. T. P. Leszczyc. 2010. The Impact of Online Auction Duration. Decision Analysis 7(1): 99-106. https://doi.org/10.2139/ssrn.1420304.

Ku, G., D. Malhotra, dan J. K. Murnighan. 2005. Towards a Competitive Arousal Model of Decision-Making: a Study of Auction Fever in Live and Internet Auctions. Organizational Behavior and Human Decision Processes 96(2): 89-103.

Landina, P. A. I. dan M. Marjo. 2016. Pelaksanaan Lelang atas Barang Milik Daerah Melalui Internet (E-Auction) oleh Kantor Pelayanan Kekayaan Negara dan Lelang (KPKNL) Semarang. Diponegoro Law Journal 5(2): 1–18. https://ejournal3.ulandinndip.ac.id/index.php/dlr/article/view/11296.

Li, Y., C. Liao, Y. Wang, dan C. Wang. 2015. Energy-Efficient Optimal Relay Selection in Cooperative Cellular Networks Based on Double Auction. IEEE Transactions on Wireless Communications 14(8): 4093-4104.

Lin, C. C., Y. F. Chang, C. C. Chang, dan Y. Z. Zheng. 2020. A Fair and Secure Reverse Auction for Government Procurement. Sustainability (Switzerland) 12(20): 1–12. https://doi.org/10.3390/su12208567.

Nurhakim, M. R. S. 2014. Implementasi E-Government dalam Mewujudkan Transparansi dan Akuntabilitas Sistem Pemerintahan Modern. Jurnal Ilmu Administrasi Media Pengembangan Dan Praktik Administrasi 9(3): 403–422.

Padhi, S. S., S. M. Wagner, dan P. K. J. Mohapatra. 2016. Design of Auction Parameters to Reduce the Effect of Collusion. Decision Sciences 47(6): 1016–1047. https://doi.org/10.1111/deci.12159

Parlindungan, G. T. 2018. Pelaksanaan Lelang Barang Sitaan oleh Komisi Pemberantasan Korupsi. SUPREMASI Jurnal Hukum 1(01).

Peraturan Pemerintah Nomor 3 Tahun 2018 tentang Jenis dan Tarif atas Jenis Penerimaan Negara Bukan Pajak.

Peraturan Menteri Keuangan Nomor 27/PMK.06/2016 tentang Petunjuk Pelaksanaan Lelang.

Pommerehne, W. W. dan L. P. Feld. 1997. The Impact of Museum Purchase on the Auction Prices of Paintings. Journal of Cultural Economics 21: 249-271.

Puspitaningrum, L. dan A. Wirawan. 2020. Konstruksi Akta Lelang Digital (Digital Signature) di Indonesia. Indonesian Rich Journal 1(1): 1-14.

Rahayu, G. dan Suharizal. 2019. Pelaksanaan Lelang Eksekusi Panitia Urusan Piutang Negara ditinjau dari Aspek Hukum Administrasi Negara. Jurnal Hukum Islam 4(1): 43-55. http://dx.doi.org/10.30983/alhurriyah.v4i1.1501.

Reviandani, W. 2019. Pengaruh Pengalaman Keuangan dan Tingkat Pendapatan terhadap Perilaku Keuangan Keluarga di Desa Yosowilangun Kecamatan Manyar Gresik. Jurnal Manajerial 6(01), 48-58.

Romano, G., M. Castiglioni, A. Marchesi, dan N. Gatti. 2022. The Power of Media Agencies in Ad Auctions: Improving Utility through Coordinated Bidding. arXiv preprint arXiv:2204.13772. https://doi.org/10.48550/arXiv.2204.13772.

Rong-Da Liang, A. 2014. Exploring Consumers’ Bidding Results Based on Starting Price, Number of Bidders and Promotion Programs. International Journal of Hospitality Management 37: 80–90. https://doi.org/10.1016/j.ijhm.2013.09.008.

Routray, P., W. P. Schmidt, S. Boisson, T. Clasen, dan M. W. Jenkins. 2015. Socio-Cultural and Behavioural Factors Constraining Latrine Adoption in Rural Coastal Odisha: an Exploratory Qualitative Study Global Health. BMC Public Health 15(1): 1-19. https://doi.org/10.1186/s12889-015-2206-3.

Scott, J. E., D. G. Gregg, dan J. H. Choi. 2015. Lemon Complaints: when Online Auctions Go Sour. Information Systems Frontiers 17: 177-191.

Shehryar, O. (2008). The effect of buyer’s gender, risk-proneness, and time remaining in an internet auction on the decision to bid or buy-it-now. Journal of Product and Brand Management, 17(5), 356–365. https://doi.org/10.1108/10610420810896112.

Teubner, T., M. Adam, dan R. Riordan. 2015. The Impact of Computerized Agents on Immediate Emotions, Overall Arousal and Bidding Behavior in Electronic Auctions. Journal of the Association for Information Systems 16(10): 838-879.

Undang-Undang Nomor 17 Tahun 2003 tentang Keuangan Negara.

Undang-Undang Nomor 9 tahun 2018 tentang Penerimaan Negara Bukan Pajak.

Wahyuni, A. S. 2018. Kritik Teori Keagenan Dalam Artikel Akuntansi: Konteks Ke-Indonesia-an. Akuntansi dan Teknologi Informasi 12(2).

Walelang, R. P., S. Alexander, dan S. Tangkuman. 2017. Analisis Efektivitas Penatausahaan Penerimaan Negara Bukan Pajak (PNBP) pada Kantor Pelayanan Kekayaan Negara dan Lelang (KPKNL) Manado. Jurnal EMBA: Jurnal Riset Ekonomi, Manajaemen, Bisnis dan Akuntansi 5(2): 2647–2655.

Wieland, A., J. Sundali, M. Kemmelmeier, dan R. Sarin. 2014. Gender Differences in the Endowment Effect: Women Pay Less, but won’t Accept Less. Judgment and Decision Making 9(6): 558-571.

Winriadirahman, P. 2017. Pelaksanaan Eksekusi Hak Tanggungan di Kantor Pelayanan Kekayaan Negara dan Lelang Yogyakarta. Skripsi. Universitas Islam Negeri Sunan Kalijaga. Yogyakarta.

Yang, Z., R. Ren, H. Liu, dan H. Zhang. 2015. Land Leasing and Local Government Behaviour in China: Evidence from Beijing. Urban Studies 52(5): 841-856. https://doi.org/10.1177/0042098014529342

Yeh, J. C., K. L. Hsiao, dan W. N. Yang. 2012. A Study of Purchasing Behavior in Taiwan’s Online Auction Websites: Effects of Uncertainty and Gender Differences. Internet Research 22(1): 98–115. https://doi.org/10.1108/10662241211199988.

Yogiswara, P. K., P. A. Noak, dan I. K. Winaya. 2014. Peranaan e-Government dalam Mendukung Transparansi dan Keterbukaan Informasi Publik (Studi Kasus Website Resmi Pemerintah Kabupaten Klungkung). Citizen Charter 1(12): 1–13.

Yousaf, S. dan L. Huaibin. 2013. Profiling Consumer Behavior in the Context of Involvement Level and Demographic Factors: Evidence of Within-Country Differences From a Developing Economy. Journal of Global Marketing 26(1): 1–17. https://doi.org/10.1080/08911762.2013.779404.

Yu, H., S. Wang, dan C. Dang. 2006. Optimal Starting Price for Ebay-Like Online Auctions. Journal Systems Science & Complex 19: 9–21. https://doi.org/10.1007/s11424-006-0009-4.

Zhang, J., L. Li, T. Yu, D. Zhang, G. Zhao, dan H. Wen. 2020. Marketization Allocation, Land Price, and Local Government Land Speculation, China. International Journal of Strategic Property Management 24(5): 335–347. https://doi.org/10.3846/ijspm.2020.13128.

Published

2023-03-07

Issue

Section

Artikel