PENGGUNAAN E-MONEY TERHADAP PERILAKU KONSUMTIF MAHASISWA YANG DIMEDIASI KONTROL DIRI
DOI:
https://doi.org/10.24034/j25485024.y2021.v5.i1.4669Keywords:
e-money, consumptive, self control, university studentAbstract
This study aims to analyze the effect of e-money on the consumptive behavior of undergraduate accounting students in Bali Province which is mediated by self-control. This study uses a quantitative research design with an ex post facto approach and path analysis techniques. The data of this research were collected by distributing questionnaires openly using google form media to all universities in Bali. The study population was S1 Accounting students at all universities in Bali Province. The sample was selected using purposive random sampling technique. The total sample of the study was 354 people. The results showed that e-money and self-control had a direct effect on consumptive behavior. In addition, the results of the study also showed that self-control was able to mediate the relationship between e-money and consumptive behavior. This shows that it is important to improve self-control to form good financial behavior among accounting students.References
Achtziger, A., M. Hubert, P. Kenning, G. Rabb, dan L. Reisch. 2015. Debt out of control: The links between self-control, compulsive buying, and real debts. Journal of Economic Psychology 49: 141-149.
Anjani, P. S. dan D. P. Astiti. 2020. Hubungan kontrol diri dan konformitas terhadap perilaku konsumtif remaja penggemar animasi Jepang (anime) di Denpasar. Jurnal Psikologi Udayana 1: 144–155.
Aulia, S. 2020. Pola Perilaku Konsumen Digital Dalam Memanfaatkan Aplikasi Dompet Digital. Jurnal Komunikasi 12(2): 311-324.
Azwar, S. 2013. Sikap Manusia: Teori dan Pengukurannya. Pustaka Pelajar. Yogya- karta.
Badri, M. 2020. Adopsi Inovasi Aplikasi Dompet Digital di Kota Pekanbaru. Inovbiz: Jurnal Inovasi Bisnis 8(1): 120-127.
Bank Indonesia. 2009. Peraturan Nomor 11/12/PBI/2009 pada tanggal 13 April 2009 tentang Uang Elektronik (Electronic Money).
Dantes, N. 2012. Metode Penelitian. Penerbit Andi. Yogyakarta.
Dewi, N., Rusdarti, dan S. Sunarto. 2017. Pengaruh Lingkungan Keluarga, Teman Sebaya, Pengendalian Diri Dan Literasi Keuangan Terhadap Perilaku Kon- sumtif Mahasiswa. Journal of Economic Education 6(1): 29–35.
Dikria, O. dan S. U. Mintarti. 2016. Pengaruh Literasi Keuangan Dan Pengendalian Diri Terhadap Perilaku Konsumtif Mahasiswa Jurusan Ekonomi Pem- bangunan Fakultas Ekonomi Uni- versitas Negeri Malang Angkatan 2013. Jurnal Pendidikan Ekonomi 9(2): 128–139.
Dwipayani, N. dan I. Rahyuda. 2016. Pengaruh Sikap Dan Fashion Leader- ship Terhadap Niat Beli Online Remaja Di Kota Denpasar. E-Jurnal Manajemen Unud 5(6).
Enrico, A., R. Aron, dan W. Oktavia. 2014. The Factors That Influenced Consump- tive Behavior: A Survey of University Students in Jakarta. International Journal of Scientific and Research Publications 4(1): 99–104.
Fatmasari, D. dan S. Wulandari. 2016. Analisis Faktor-faktor yang Mempe- ngaruhi Minat Mahasiswa Dalam Penggunaan APMK. Jurnal Penelitian Hukum Ekonomi Syariah 4(1): 93–103.
Fattah, F. A., M. Indriayu, dan Sunarto. 2018. Pengaruh Literasi Keuangan dan Pengendalian Diri Terhadap Perilaku Konsumtif Siswa SMA Muhammadiyah 1 Karanganyar. Jurnal Pendidikan Bisnis dan Ekonomi (BISE) 4(1): 11–21.
Febrilia, I., S. P. Pratiwi, dan I. Djatikusumo. 2020. Minat Penggunaan Cashless Payment System–Dompet Digital Pada Mahasiswa Di FE UNJ. Jurnal Riset Manajemen Sains Indonesia (JRMSI) 11(1): 1–19.
Fitriana, N. dan Koentjoro. 2009. Keranjingan Berbelanja pada Wanita Bekerja. Fenomena 7(1): 48-57.
Ghufron, M. N. dan R. R. Suminta. 2017. Hubungan antara kepercayaan epis- temologis dengan belajar berbasis regulasi diri. Jurnal Psikologi Insight 1(1): 40-54.
Haryani, I. dan J. Herwanto. 2015. Hubungan Konformitas dan Kontrol Diri Dengan Perilaku Konsumtif Terhadap Produk Kosmetik pada Mahasiswi. Jurnal Psikologi UIN Sultan Syarif Kasim Riau 11(1): 5–11.
King, H. A. 1978. A Nomogram to Assist in Planning Surveys of Small (N < 2,000) Populations. Research Quarterly of the American Alliance for Health, Physical Education and Recreation 49(4): 552–557.
Kumala, I. dan I. Mutia. 2020. Pemanfaatan Aplikasi Dompet Digital Terhadap Transaksi Retail Mahasiswa. Seminar Nasional Riset dan Teknologi: 64–69.
Kumalasari, D. dan Y. H. Soesilo. 2019. Pengaruh Literasi Keuangan, Moderni- tas Individu, Uang Saku Dan Kontrol Diri Terhadap Perilaku Konsumtif Mahasiswa Prodi S1 Pendidikan Eko- nomi Angkatan Tahun 2016 Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Malang. Jurnal Pendidikan Ekonomi 12(1): 61–71.
Lawrence, P. A., C. Daniel, dan J. P. Oliver. 2010. Psikologi Kepribadian: Teori dan Penelitian. Kencana Prenada Media Grup. Jakarta.
Lina dan H. F. Rosyid. 1997. Perilaku Konsumtif Berdasar Locus O F Control Pada Remaja Putri Lina. Psikologika 2(4): 5–13.
Liu, F., T. Yilmazer, C. Loibl, dan C. Montalto. 2019. Professional Financial Advice, Self‐control and Saving Beha- vior. International Journal of Consumer Studies 43(1): 23-34.
Nisa, C. L. 2017. Pengaruh Kontrol Diri, Harga Diri, dan Lingkungan Teman Sebaya terhadap Perilaku Konsumtif Belanja Online Mahasiswa Pendidikan Ekonomi Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Semarang Angkatan 2015. Tesis. Universitas Negeri Semarang.
Novak, T. P., D. L. Hoffman, dan Y. F. Yung. 2000. Measuring the Customer Experience in Online Environments: a Structural Modeling Approach. Marketing Science 19(1): 22-42.
Puspita, Y. C. 2019. Analisis Kesesuaian Teknologi Penggunaan Digital Payment Pada Aplikasi Ovo. Jurnal Manajemen Informatika 09(02): 121–128.
Ramadani, L. 2016. Pengaruh Penggunaan Kartu Debit dan Uang Elektronik (E-Money) Terhadap Pengeluaran Konsumsi Mahasiswa. Jurnal Ekonomi dan Ekonomi Studi Pembangunan 8(1): 1–8.
Ramadhan, A. F., A. B. Prasetyo, dan L. Irviana. 2016. Persepsi Mahasiswa Dalam Menggunakan E-money. Jurnal Dinamika Ekonomi & Bisnis 13(2): 131–145.
Ramadhani, R. H. 2019. Pengaruh Literasi Keuangan, Electronic Money, Gaya Hidup, dan Kontrol Diri Terhadap Perilaku Konsumtif Mahasiswa. Skripsi. Univsersitas Sumatera Utara. Medan.
Ramli, R. R. 2020. Pada 2025, Ekonomi Digital RI Bisa Capai Rp 1.995 Triliun. https://money.kompas.com/read/2020/10/19/130000626/pada-2025-ekonomi-digital-ri-bisa-capai-rp-1.995-triliun. Diakses tanggal 19 Oktober 2020.
Sihombing, R. J. 2017. Keabsahan electronic money di Indonesia. Jurnal Kertha Semaya: Journal Ilmu Hukum 5(2).
Sumanjeet, S. 2009. Emergence of Payment Systems in the Age of Electronic Commerce: the State of Art. Global Journal of International Business Research 2(2).
Strömbäck, C., T Lind, K. Skagerlund, D. Västfjäll, dan G. Tinghög. 2017. Does Self-Control Predict Financial Behavior and Financial Well-being? Journal of Behavioral and Experimental Finance 14: 30-38.
Tripambudi, B. dan E. S. Indrawati. 2018. Hubungan Antara Kontrol Diri Dengan Perilaku Konsumtif Pembelian Gadget Pada Mahasiswa Teknik Industri Universitas Diponegoro. Jurnal Empati 7(2): 189–195.
Triyaningsih dan R. Slamet. 2011. Dampak Online Marketing Melalui Facebook Terhadap Perilaku Konsumtif Masya- rakat. Jurnal Ekonomi dan Kewirausahaan 11(2): 172-177.
Ulayya, S. dan E. Mujiasih. 2020. Hubungan Antara Self Control Dengan Perilaku Komsumtif Pengguna E-Money Pada Mahasiswa Fakultas Psikologi Uni- versitas Diponegoro: Jurnal Empati 9(4): 271–279.