PENGARUH ETIKA BISNIS, FAKTOR KONTINGENSI DAN TINGKAT PENGGUNAAN INTERNET TERHADAP DAYA SAING

Authors

  • Zainurrafiqi Zainurrafiqi universitas madura
  • Ria Rachmawati universitas madura

DOI:

https://doi.org/10.24034/j25485024.y2018.v2.i4.426

Keywords:

etika bisnis, faktor kantingensi, tingkat penggunaan Internet, Daya Saing.

Abstract

Tujuan jangka panjang dari penelitian ini agar UMKM di Kabupaten Pamekasan secara keseluruhan bisa memiliki Daya Saing yang sangat unggul sehingga bisa lebih dikenal oleh pasar dunia terutama ditingkat MEA. Target khususnya adalah UMKM dengan Daya Saing tinggi bisa meningkatkan  kontribusi PDRB perkapita Kabupaten Pamekasan, volume ekspor serta menjadi instrumen pemerataan pendapatan, mengurangi ketimpangan kesejahteraan masyarakat dan terbukanya lapangan kerja baru. Untuk bisa bersaing di pasar bebas UMKM herus memiliki Daya Saing yang lebih unggul daripada pesaingnya, salah satu cara untuk menciptakan serta meningkatkan Daya Saing adalah dengan menerapkan Etika Bisnis yang baik dalam bisnisnya serta SDM yang ada harus mempunyai kemampuan dalam menggunakan teknologi seperti internet serta adanya dukungan penuh dari manajemen puncak untuk mewujudkan terciptanya Daya Saing. Untuk mengetahui sejauh mana peran Etika Bisnis, Faktor Kontingensi (Strategi Teknologi Bisnis, Dukungan Manajemen Puncak, Kompatibilitas Teknologi) dan Tingkat Penggunaan Internet dalam menciptakan serta meningkatkan Daya Saing maka dilakukan dengan pengujian hipotesis.  Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan kuesioner. Teknik sampling menggunakan Metode Sampling Convenience. kuesioner dibagikan kepada 400 manajer/pengelola UMKM dikabupaten pamekasan sebagai responden dan data akan dianalisis dengan menggunakan program Structural Equation Model (SEM). Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa Faktor Kontingensi memiliki pengaruh yang positif dan signifikan terhadap Tingkat Penggunanaa Internet. Tingkat Penggunanaa Internet memiliki pengaruh yang positf dan signifikan terhadap Daya Saing.  dan Etika Bisnis memiliki pengaruh yang positif dan signifikan terhadap Daya Saing.

Author Biography

Zainurrafiqi Zainurrafiqi, universitas madura

fakultas ekonomi, asisten ahli

References

Ahmed, R. dan Mohamad. 2016. Effect of Multidimensional top Management Support on Project Success: an Empirical Investigation. Springer Science Business Media Quality & Quantity 50(1): 151-176.

Anderson, J. C. & Gerbing D. W. 1988. Structural equation modeling in practice: a review and recommended two step approach. Psychological Bullentin, 103: 411-423.

Badan Pusat Statistik Kabupaten Pamekasan. 2010-2014. Produk Domestik Regional Bruto Kabupaten Pamekasan Menurut Pengeluaran. BPS Kabupaten Pamekasan.

Bentler, P. M. dan C. P. Chou. 1987. Practical Issues in Structural Modeling. Socio- logical Methods and Research 16(1): 78-117.

Chamsuk, W., T. Phimonsathien, dan W. Fongsuwan. 2015. Research Development (R&D) Capabilities And Innovation Capability That Affect The Enterprise Competitive Advantage In The Thai Automotive Parts Industry: SEM Approach. International Journal of Arts & Sciences 08(02): 441-457.

Chang, C. H. 2011. The Influence of Corporate Environmental Ethics on Compe- titive Advantage: The Mediation Role of Green Innovation. Journal of Business Ethics 104(3): 361–370.

Chen, Y. S. 2008. The Positive Effect of Green Intellectual Capital on Competitive Advantages of Firms. Journal of Business Ethics 77(3): 271–286.

Chen, Y. S., S. B. Lai, dan C. T. Wen. 2006. The Influence of Green Innovation Performance on Corporate Advantage in Taiwan. Journal of Business Ethics 67(4): 331–339.

Hazen, B. T. dan T. A. Byrd. 2012. Toward Creating Competitive Advantage with Logistics Information Technology. International Journal of Physical Distri- bution & Logistics Management 42(1): 8-35.

Hernandez, B., J. Jimenez, dan J. M. Martin. 2008. Business Acceptance of Infor- mation Technology: Expanding TAM using Industry Sector and Technological Compatibility. International Journal of Enterprise Information Systems (IJEIS) 4(4): 5-18.

Hooper, D., J. Coughlan, dan M. R. Mullen. 2008. Structural Equation Modelling: Guidelines for Determining Model Fit. The Electronic Journal of Business Research Methods 6(1): 53-60.

Huang, X., T. F. Gattiker, dan R. G. Schroeder. 2010. Do Competitive Priorities Drive Adoption of Electronic Commerce Aplications? Testing the Cintingency and Institutional Views. Journal of Supply Chain Management 46(3): 57-69.

Jiménez-Jiménez, D. & Sanz-Valle R. 2011. Innovation, organizational learning, and performance. Journal of Business Research, 64(4), 408-417.

Kannabiran, G. 2012. Enablers and Inhibitors of Advanced Information Technologies Adoption by SMEs an Empirical Study of Auto Ancillaries in India. Journal of Enterprise Information Management 25(2): 186-209.

Kaplan, D. 2000. Structural Equation Modeling Foundation and Extensions. Sage publi- cation. London.

Kasasbeh, E. A., Y. Harada, A. B. Osman, dan B. O. Aldalayeen. 2014. The Impact Of Business Ethics In The Competitive Advantage (In The Cellular Communications Companies Operating In Jordan). European Scientific Journal 10(10): 269-284.

Kearns, G. S. dan A. L. Lederer. 2003. A Resource-Based View of Strategic IT Alignment: How Knowledge Sharing Creates Competitive Advantage. Deci- sion Sciences 34(1): 1-29.

Kementerian Koperasi dan UMKM. 2014. Perkembangan UMKM di Indonesia. Kementerian Koperasi dan UMKM.

Lai, F., X. Zhao, dan Q. Wang. 2006. The Impact of Information Technology on the Competitive Advantage of Logistics Firms in China. Industrial Management & Data Systems 106(9): 1249-1271.

MacCallum, R. C., M. W. Browne, dan H. M. Sugawara. 1996. Power Analysis and Determination of Sample Size for Cova- riance Structure Modeling. Psychological methods 1(2): 130-149.

Morabito, V., M. Themistocleous, dan A. Serrano. 2010. A Survey on Integrated IS and Competitive Advantage. Journal of Enterprise Information Management 23(2): 201-214.

Raymond, L. dan F. Bergeron. 2008. Enabling the Business Strategy of SMEs through E-business Capabilities: a Strategic Alignment Perspective. Industrial Management & Data Systems 108(5): 577-595.

Saeed, M. M. dan F. Arshad. 2012. Corporate Social Responsibility as a Source of Competitive Advantage: The Mediating Role of Social Capital and Reputational Capital. Journal of Database Marketing & Customer Strategy Management 19(4): 219-232.

Schumacker, R. E., & Lomax, R. G. 2004. A beginner's guide to structural equation modeling, Second edition. Mahwah, NJ: Lawrence Erlbaum Associates.

Simmons, G. J., M. G. Durkin, P. McGowan, dan G. A. Armstrong. 2007. Determi- nants of Internet Adoption by SME Agrifood Companies. Journal of Small Busi- ness and Enterprise Development 14(4): 620-640.

Swimm, N. dan S. J. Andriole. 2010. Business Tehnology Strategy for an Energy Mana- gement Company. Journal of Information Tehnology Research (JITR) 3(3): 5-12.

Taleb, A. 2015. A Framework for Knowledge Sharing, Firm Innovation Capability and Competitive Advantage in the U.A.E. Academic Conferences International Limited: 879-886.

Teo, T. dan Y. Pian. 2003. A Contingency Perspective on Internet Adoption and Competitive Advantage. European Journal of Information Systems 12(2): 78-92.

Tian, J., K. Wang, dan Y. Chen. 2010. From IT Deployment Capabilities to Competitive Advantage: an Exploratory Study in China. Information Systems Frontiers 12(3): 239-255.

Published

2019-11-14

Issue

Section

Artikel