TRIPLE BOTTOM LINE TERHADAP NILAI PERUSAHAAN, GROSS PROFIT MARGIN SEBAGAI INDIKATOR EKONOMI

Penulis

  • Sri Wahjuni Latifah Universitas Muhammadiyah Malang

DOI:

https://doi.org/10.24034/j25485024.y2020.v4.i4.4249

Kata Kunci:

triple bottom line, performance, gross profit margin

Abstrak

ABSTRACT

 

The research was conducted with the aim of testing  Triple Bottom Line performance including economic performance, environmental performance and social performance influenced the company's value. Next to test whether the Gross Profit Margin variable is an indicator of economic performance variables in influencing the value of the company.

The research was conducted on the Go Public Company at IDX and its research samples are the basic and chemical industrial sector manufacturing companies that have reported performance in the Sustainbility report of 2018. The triple bottom line performance variables are measured by the GRI G-4 index while the company's value is measurable with the value of Tobin's Q. Data obtained by documentation techniques. Data analysis with a discriptive and quantitative approach. Subsequently tested with PLS analysis for model design purposes. The results showed that triple bottom line performance was influential in the company's value. The next result is that the gross profit margin can be a measure of economic performance in influencing the value of the company

Biografi Penulis

Sri Wahjuni Latifah, Universitas Muhammadiyah Malang

Akuntansi

Referensi

Agustine, I. 2014. Pengaruh Corporate Social Responsibility Terhadap Nilai Perusahaan. Finesta 2(1): 42-47.

Anindita, M. Y. K. P. 2014. Pengaruh Ukuran Perusahaan, Profitabilitas dan tipe Industri Terhadap Pengungkapan Sukarela Pelaporan Keberlanjutan. Jurnal Fakultas Ekonomi Universitas Atma Jaya Yogyakarta: 1–15.

Astuti, H. H., R. A. Oktavianu, dan Y. Augustin. 2018. Pengaruh Pengungkapan Corporate Social Responsibility Dan Kinerja Terhadap Nilai Perusahaan Dengan Tipe Industri Sebagai Variabel Moderasi. Jurnal Magister Akuntansi Trisakti 5(2): 185–202.

Aulia, S. Z. dan Kartawijaya. 2011. Analisis Pengungkapan Triple Bottom Line dan Faktor yang mempengaruhi: Lintas Negara Indonesia dan Jepang. Simposium Nasional Akuntansi XIV Aceh.

Brigham, E. F. dan J. F. Houston. 2010. Dasar-dasar Manajemen Keuangan. Salemba Empat. Jakarta.

Dahlia dan Siregar. 2008. Pengaruh CSR terhadap kinerja Perusahaan (Studi Pada Perusahaan di BEI tahun 2005 dan 2006). Simposium Nasional Akuntansi IX Padang 23-26 Agustus 2006.

Dean, K. L. 1998. The chicken and the egg revisited: Ties between corporate social performance and the financial bottom line. The Academy of Management Executive 12(2): 99–100.

Devi, S., I. G. N. Budiasih, dan I. D. N. Badera. 2017. Pengaruh Pengungkapan Enterprise Risk Management dan Pengungkapan Intellectual Capital Terhadap Nilai Perusahaan. Jurnal Akuntansi dan Keuangan Indonesia 14(1): 20-45.

Eduardus, E. dan Juniarti. 2016. Kinerja Sosial Perusahaan Dan Kinerja Keuangan Perusahaan Yang Diukur Menggunakan Tobin’s Q. Business Accounting Review 4(1): 517–528.

Ghozali, I. 2014. Konsep dan Aplikasi Dengan Program AMOS 22.0 Update Bayesian SEM (Vol. 6). Badan Penerbit Universitas Diponegoro. Semarang.

Gusaptono, R. H. 2010. Faktor-Faktor Yang Mendorong Penciptaan Nilai Perusaha- an di BEI. Buletin Ekonomi 8(2): 149–158.

Haposro, D. 2009. Pengaruh Transparansi Terhadap Nilai Perusahaan: Studi

Empiris di Pasar Modal Indonesia. Jurnal Akuntansi dan Manjemen 20(1): 13–24.

Harjito, A. dan S. Martono. 2005. Manajemen Keuangan. Penerbit Ekonisia Kampus Fakultas Ekonomi UII. Yogyakarta.

Husnan, A. dan S. Pamudji. 2013. Pengaruh Corporate Social Responsibility (CSR Disclosure) Terhadap Kinerja Keuangan Perusahaan. Diponegoro Journal of Accounting 2(2): 1–8.

Jackson, A., K. Boswell, dan D. Davis. 2011. Sustainability and Triple Bottom Line Reporting—What is It all About? International Business, Humanities and Technology 1(3): 55–59.

Januarti, I. dan D. Apriyanti. 2005. Pengaruh Tanggung Jawab Sosial Perusahaan terhadap Kinerja Keuangan. Jurnal Manajemen, Akuntansi dan Sistem Informasi Semarang 5: 227–243.

Kusniadji, S. 2011. Mengkomunikasikan Program CSR untuk Meningkatkan Citra Perusahaan. Jurnal Komunikasi Universitas Tarumanegara 3(01).

Laksmitaningrum, C. F. dan A. Purwanto. 2013. Analisis Pengaruh Karakteristik Perusahaan, Ukuran Dewan Komisaris dan Struktur Kepemilikan Terhadap Pengungkapan CSR (Studi Empiris pada Perusahaan Manufaktur yang Terdaftar di Bursa Efek Indonesia Tahun 2009-2011). Diponegoro Journal of Accounting 2(3): 1–10.

Lang, L., R. Stuitz, dan Walking. 1989. Managerial Performance, Tobin’s q and The Gains from Successfull Tender Offers. Jounal of Financial Economics 102: 1248–1280.

Lastanti, H. S. dan N. Salim. 2018. Pengaruh Pengungkapan Corporate Social Responsibility, Good Corporate Gover- nance, dan Kinerja Keuangan Terhadap Nilai Perusahaan. Jurnal Akuntansi Trisakti 5(1): 27–40.

Latifah, S. W. 2012. Pengaruh CSR Berbasis ISO 26000 Terhadap Nilai Perusahaan dengan Karakteristik Perusahaan Sebagai Variabel Moderating. Jurnal Humanity 7(2): 98–110.

Latifah, S. W. 2016. Sustainability Report, Tinjauan Sekilas! Ekuitas: Majalah Mahasiswa Akuntansi 9.

Latifah, S. W. dan M. B. Luhur. 2017. Disclosure of Sustainability Report and Moderating of Profitability and Its Impact on Firm Value. Journal of Accounting and Business UNS 17(1).

Mutammimah. 2020. Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Nilai Perusahaan (Studi Empiris pada Perusahaan Manufaktur yang Terdaftar di BEI tahun 2013-2017). Maksimum Media Akuntansi Universitas Muhammadiyah Semarang 10(1): 64-84.

Najul, L. 2018. Disclosure of corporate sustainability performance and firm performance in Asia. Asian Review of Accounting 26(4): 414–443.

Burhan, A. H. N. dan W. Rahmanti. 2012. The Impact of Sustainability Reporting on Company Performance. Journal of Economics, Business, and Accountancy Ventura, 15(2): 257–272.

Nurfajriyah. 2011. Implementasi Konsep Triple Bottom Line pada PT. Pertamina (Pesero). Tesis. UIN Sunan Kalijaga. Depok.

Nurlela dan Islahudin. 2007. Pengaruh CSR terhadap Nilai Perusahaan dengan Prosentase kepemilikan sebagai variabel Moderating (Studi pada Perusahaan di BEI). Simposium Nasional Akuntansi XI Pontianak.

Pramana, I. G. N. A. D. dan I. K. Mustanda. 2016. Pengaruh Profitabilitas dan Size Terhadap Nilai Perusahaan dengan CSR sebagai Variabel Pemoderasi. E-Jurnal Manajemen Unud 5(1): 561–594.

Purwanto, A. 2011. Pengaruh Tipe Industri, Ukuran Perusahaan, Profitabilitas, Ter- hadap Corporate Social Responsibility. Jurnal Akuntansi & Auditing 8(1): 12–29.

Putri, R. S. F., P. D. Paramita, dan H. Hartono. 2018. Faktor–Faktor Yang Ber- pengaruh Terhadap Nilai Perusahaan Dengan Kinerja Keuangan Perusahaan

Sebagai Variabel Intervening (Case Study at Manufacturing Companies Industry Basic Chemistry and the period 2011–2015. Journal of Accounting 4(4).

Raharjo, A. dan I. Djanuarti. 2014. Pengaruh Tanggungjawab Sosial Perusahaan terhadap Nilai perusahaan Studi Kasus pada Perusahaan Pertambangan Yang Terdaftar di BEI 2008-2012. Diponegoro Journal of Accounting 3(1): 1–10.

Rahayu, M. dan B. Sari. 2018. Faktor-faktor yang Mempengaruhi Nilai Perusahaan. IKRA-ITH HUMANIORA: Jurnal Sosial dan Humaniora 2(2): 69–76.

Robbin, S. P. dan M. Coulter. 1999. Mana- gement. Prentice-Hall International. New Jersey.

Rocio, R. 2018. Organizational Logic to Prioritize between the Elements of Triple Bottom Line. Benchmarking: An International Journal 25(6): 1626–1640.

Rosiana, G. A. M. E., G. Juliarsa, dan M. M. R. Sari. 2013. Pengaruh Pengungkapan CSR terhadap Nilai Perusahaan dengan Profitabilitas sebagai Variabel Pemode- rasi. E-Jurnal Akuntansi Universitas Udayana 5(3): 723–738.

Ross, S. A., R. W. Westerfield, B. D. Jordan, J. Lim, dan R. Tan. 2015. Fundamentals of Corporate Finance (Edisi Global Asia). Penerbit Salemba Empat. Jakarta.

Sasmika, I. A. dan B. Suprasto. 2016. Pengaruh Tanggung Jawab Sosial Perusahaan Dan Mekanisme Tata Kelola Perusahaan Terhadap Nilai Perusahaan. E-Jurnal Akuntansi Universitas Udayana 15(1): 667–694.

Saurabh, A. 2016. Triple bottom line per- formance evaluation of reverse logistics. Competitiveness Review 26(3): 289–310.

Schadewitz, H. J. dan M. Niskala. 2020. Communication via responsibility reporting and its effect on firm value in Finland. Corporate Responsibility and Environmental Managemenet 12(2).

Septariani, D. 2017. Pengaruh kebijakan dividen dan kebijakan hutang terhadap nilai perusahaan (Studi Empiris Pada Perusahaan LQ45 di BEI Periode 2012-2015). JABE (Journal of Applied Business and Economic) 3(3): 183-195.

Suartana, I. W. 2010. Akuntansi Lingkungan dan Triple Bottom Line Accounting: Paradigma Baru Akuntansi Bernilai Tambah. Bumi Lestari Journal of Environment 10(1): 108-112.

Suharno, P. 2017. The effect of work environment, leadership style, and organizational culture towards job satisfaction and its implication towards employee performance in Parador Hotels and Resorts, Indonesia. International Journal of Law and Management 59(6): 1337–1358.

Sutriningsih, L. Handajani, dan A. Rifa’i. 2019. Kinerja Keuangan Memediasi Pengaruh Corporate Social Responsibility dan Struktur Modal Terhadap Nilai Perusahaan. E-Jurnal Akuntansi Universitas Udayana 27(1): 764–791.

Umbara, D. M. B. dan I. K. Suryanawa. 2014. Pengaruh Pengungkapan Tanggung Jawab Sosial Pada Nilai Perusahaan. E-Jurnal Akuntansi 9(2): 410-424.

Utari, M. D. 2014. Analisis Pengaruh Kriteria Good Corporate Governance Terhadap Pengungkapan Corporate Social Responsibility Pada Perusahaan Sub-Sektor Farmasi Yang Terdaftar Di Bursa Efek. Jurnal Audit dan Akuntansi Fakultas Ekonomi 3(1).

Waddock, S. A. dan S. B. Graves. 1997. The Corporate Social Performance–Financial Performance. Strategic Management Journal 18(4): 303-319.

Wardoyo, W. A. 2014. Pengaruh Kinerja Keuangan dan Corporate Social Respon- sibility terhadap Nilai Perusahaan pada Bank Go Public yang Terdaftar di Bursa Efek Indonesia. BENEFIT Jurnal Mana- jemen dan Bisnis 18(1): 57–66.

Widhiastuti, N. L. P., I. D. G. Saputra, dan I. G. A. N. Budiasih. 2017. Pengaruh Kinerja Lingkungan pada Kinerja Keuangan dengan Corporate Social Responsibility sebagai Variabel Intervening. E-Jurnal Ekonomi dan Bisnis Universitas Udayana 6(2): 819–846.

Yapto, M., K. D. Frisko, dan Rizki. 2013. Pengaruh Tanggung jawab Sosial Perusahaan Terhadap Nilai Perusahaan Studi Kasus pada Perusahaan Manufaktur yang Terdaftar di BEI periode 2010-2011. Calyptra Jurnal 2(1).

EBRD. 2014. European Bank for Res- contruction and Development. EBRD Environment and Social Risk Categori- sation List. http://www.adb.org/sites/ default/files/linked-documents/45230-001-arm-esms.pdf.

##submission.downloads##

Diterbitkan

2021-02-11

Terbitan

Bagian

Artikel