PENGARUH KOMPETENSI SUMBER DAYA MANUSIA TERHADAP KINERJA PEGAWAI KPPBC TIPE MADYA PABEAN TANJUNG PERAK SURABAYA

Authors

  • Eddy Yunus Program Pascasarjana Universitas Narotama Surabaya

DOI:

https://doi.org/10.24034/j25485024.y2012.v16.i3.355

Keywords:

kemampuan berkomunikasi, kerjasama kelompok, kepemimpinan, pemutusan pendapat, dan kinerja pegawai

Abstract

Penelitian ini menganalisis sejauh mana kemampuan berkomunikasi, kerjasama kelompok, kepemimpinan dan pemutusan pendapat berpengaruh terhadap kinerja pegawai KPPBC Tipe Madya Pabean Tanjung Perak Surabaya. Jumlah keseluruhan populasinya adalah 334 orang yang merupakan pegawai KPPBC Tipe Madya Pabean Tanjung Perak Surabaya. Objek penelitian ini adalah 25% dari populasi yaitu sebanyak 83 responden. Analisa dilakukan dengan menggunakan analisis regresi linier berganda yang digunakan untuk membuktikan pengaruh variabel bebas (X) terhadap variabel terikat (Y). Hasil dari penelitian ini adalah, kemampuan berkomunikasi pegawai merupakan penghambat bagi suksesnya pekerjaan kelompok atau suatu tim kerja. Komunikasi akan menghasilkan sinergi positif dalam kelompok. Komunikasi yang baik akan tercipta melalui usaha yang terorganisasi oleh seorang pemimpin yang mampu memobilisasi, menyelaraskan, memimpin kelompok, dan memiliki kemampuan menjelaskan gagasan sehingga dapat diterima oleh orang lain. Keputusan yang baik adalah keputusan yang dihasilkan dari analisis menyeluruh terhadap suatu masalah, dan keputusan mempengaruhi peningkatan kinerja pegawai.

References

Arifin. 2005. Pengaruh Faktor-faktor Kepuasan Komunikasi Terhadap Kinerja Karyawan. Jurnal Manajemen dan Organisasi 2(1). Fakultas Ekonomi Muhamaddiyah, Sumatra Utara.

Arikunto, S. 2006. Prosedur Penelitian. Rineka Cipta. Jakarta.

Armstrong, M. 1998. Performance Mana- gement. Clays, Ltd. St. Ivesple. England.

Bacal, R. 2001. Performance Management, Edisi Bahasa Indonesia. Sun. Jakarta.

Byrd, E. 2011. Mantra Paling Ampuh untuk Melejitkan Karier Say The Magic Word. PT. Tangga Pustaka. Jakarta.

Boulter, N., Dalziel. M. dan Hill, J. 1996. People and Competencies. Bidlles. Ltd. London.

Brahmasari, dan Agus S 2008. Pengaruh Motivasi, Kepemimpinan dan Budaya Organisasi Terhadap Kepuasan kerja Karyawan serta Dampaknya pada kinerja Perusahaan (Studi Kasus pada PT. Pei Hai Internasional Wiratama Indonesia. Jurnal manajemen dan Kewirausahaan 10(2).

Cira, D.J. dan E.R. Benjamin. 1998. Competency Based Pay : A Concept in Evolution. Compensation and Benefits Review September-Oktober. 21-28.

Denni, A. at al. 2010. Permodelan Kompetensi Jabatan pada Perusahaan Agroindustri Menggunakan Multi Rate AHP. Jurnal Teknologi Pertanian 20(2): 80-88.

Dhermawan, A.A.N.B, I.G.A. Sudibya, dan I.W.M. Utama. 2012. Pengaruh Moti- vasi, Lingkungan Kerja, Kompetensi dan Kompensasi Terhadap Kepuasan Kerja dan Kinerja Pegawai di Lingkungan Kantor Dinas Pekerjaan Umum Provinsi Bali. Jurnal Manajemen, Strategi Bisnis, dan Kewirausahaan 6(2): 173-174.

Fitriyadi, 2001. Pengaruh Kompensasi Skill, Knowledge, Ability Dalam Pengembangan Sumberdaya Manusia Terhadap Kinerja.

Friska, 2004. Kepemimpinan dalam Organisasi. Jurnal e-USU Repository 2(1): 7

Hariandja, M.T.E. 2002. Manajemen Sumber Daya Manusia. Grasindo. Jakarta.

Hartati, I. 2005. Pengaruh Kesesuaian Kompetensi dan Motivasi Kerja terhadap Kinerja Pegawai pada Sekretariat Daerah Kabupaten Malang. Jurnal Eksekutif 2(2): 78-80.

Irawati, N. 2004. Kepemimpinan Efektif, Kepemimpinan yang Mampu Mengambil Keputusan yang Tepat. Jurnal e-USU Digital Library 3(2): 7

Indrawan, M. Isa. 2009. Pengaruh Komunikasi Terhadap kinerja Kinerja. Jurnal Ilmiah Abdi Ilmu 2(1).

Khadafi, M. Pentingnya Kerjasama Tim dan Orientasi Hasil Terhadap Kinerja Karyawan. Jurnal EKSIS Riset 6(2).

Kamidin, Masruhi. 2010. Pengaruh Kompetensi Terhadap Perstasi Kinerja Pegawai Sekretariat Daerah Kabupaten Bantaeng. Jurnal Economic Resources 11 (30).

Kiswanto M, 2010. Pengaruh Kepemimpinan dan Komunikasi terhadap Kinerja Karywan Kaltim Pos Samarinda. Jurnal EKSIS Riset 6(1): 1267-1439

Lucky, E. 2000. Peran Kepemimpinan dan Kompensasi terhadap Sales Force. Usahawan 12(12): 21-52

Luthan, F. 2002. Organization Behaviour. New York; MC. Graw Hill.

Mathis, R.L. dan J.H. Jackson. 2002. Mana- jemen Sumber Daya Manusia. Salemba Empat. Jakarta.

Nawawi, H. 1985. Manajemen Sumber Daya Manusia.Gajah Mada University Press. Yogyakarta.

Nimran, U. 2004. Perilaku Organisasi, Cetakan ketiga, CV. Citra Media, Surabaya.

Nurmianto, E., N. Siswanto dan S. Sapuwan. 2006. Perancangan Penilaian Kinerja Karyawan Berdasarkan Kompe tensi Spencer dengan Metode Analy- tical Hierarchy Process (Studi Kasus di Sub Dinas Pengairan, Dinas Pekerjaan Umum, Kota Probolinggo). Jurnal Teknik Industri 8(1): 40-53.

Nurrohim, H dan L. Anatan. 2009. Efekti- vitas Komunikasi dalam Organisasi. Jurnal Manajemen 7(4): 7

Pramudyo, A. 2010. Analisis Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Kinerja Dosen Negeri di Pekerjakan pada Kopertis Wilayah V Yogyakarta. Jurnal JBTI 1(1): 1-11.

Prawirosentono. 1999. Kebijakan Kinerja Karyawan. BPFE. Yogyakarta.

Poernomo, E. 2006. Pengaruh Kreativitas dan Kerjasama Tim terhadap Kinerja Manajer pada PT. Jesslyn K Cakes Indonesia Cabang Surabaya. Jurnal Ilmu-ilmu Ekonomi 6(2): 107-108.

Qomariah. 2011. Pengaruh Perencanaan dan Kompetensi Karyawan Terhadap Kinerja karyawan Pada PT. Indonesia Asahan Alumunium Kuala Tanjung. Jurnal Ekonom 14(2): 52-70

Riyono, B. dan E. Zulaifah. 2001. Psikologi Kepemimpinan. UGM Press.Yogyakarta.

Robbins, P.S. 2002. Prinsip-prinsip Perilaku Organisasi, Terjemahan. Edisi kelima. Penerbit Erlangga. Jakarta.

Sudarmanto. 2005. Kinerja dan Pengembangan Kompetensi SDM. Teori, Dimensi Peng- ukuran dan Implementasi dalam Organi- sasi. Cetakan pertama. Penerbit Pustaka Pelajar. Jakarta.

Sunu, P. 1999. Peran SDM dalam Penerapan ISO 9000. Grasindo. Jakarta.

Sutrisno. 2007. Pengaruh Kepemimpinan, Komunikasi, Kompensasi dan Motivasi terhadap Kinerja Pegawai. Jurnal Mana- jemen Sumberdaya Manusia 2(1): 54-58

Thoyib, A. (2005). Hubungan Kepemimpinan, Budaya, Strategi dan Kinerja: Pendekatan Konsep. Jurnal Manajemen dan Kewirausahaan 7(1): 60-73

Tjiptono, F. 1997. Prinsip-prinsip Total Quality Service. Penerbit Andi. Yogyakarta.

Wahyudiono, 2011. Pengaruh Karakteristik Orientasi Teknologi terhadap Kualitas Produk dan Perbedaaan Kualitas Pro- duk Perusahaan Consumer Good di Surabaya. Jurnal Ekuitas 15(4): 437-455.

Widyatmini, dan L. Hakim. 2008. Hubungan Kepemimpinan, Kompensasi, dan Kompetensi terhadap Kinerja Pegawai Dinas Kesehatan Kota Depok. Jurnal Ekonomi Bisnis 2(3): 163-171

Winarti, M. B. 2007. Pengaruh Kompetensi terhadap Kinerja Karyawan (Survei pada PT. Frisian Flag Indonesia Wilayah Jawa Barat). Jurnal Majalah Ilmiah UNIKOM 7(2): 256.

Yunus, E. 2010. Pengaruh Kepemimpinan, Karakteristik Individu, dan Budaya Organisasi terhadap Kinerja Pegawai Dinas Kebudayaan dan Pariwisata, dan Kepuasan Konsumen Industri Pari- wisata di Jawa Timur. Jurnal Aplikasi Manajemen (JAM) 8(4): 961-970.

Published

2018-09-24

Issue

Section

Artikel