POLA HUBUNGAN INOVASI ORGANISASI, PEOPLE EQUITY DAN KINERJA UKM

Authors

  • Muafi Muafi Fakultas Ekonomi UPN Veteran Yogyakarya

DOI:

https://doi.org/10.24034/j25485024.y2012.v16.i2.222

Keywords:

inovasi organisasi, people equity (alignment, capability, engagement), kinerja UKM

Abstract

Penelitian ini mencoba untuk menguji keterkaitan hubungan inovasi organisasi, people equity dan kinerja UKM. Jenis penelitian adalah survei. Populasi dalam penelitian ini adalah keseluruhan UKM yang ada di Kota Yogyakarta, Indonesia. Teknik sampling dalam penelitian ini adalah purposive sampling dengan jumlah responden sebesar 70 responden. Teknik statistik yang digunakan adalah Partial Least Square. Dalam penelitian ini, validitas konstruk dan reliabilitas diuji dengan tahapan kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa; (1) ada pengaruh positif inovasi organisasi terhadap kinerja UKM, (2) ada pengaruh positif inovasi organisasi terhadap people equity (alignment, capability, engagement), dan (3) ada pengaruh negatif people equity (alignment, capability, engagement) terhadap kinerja UKM. Implikasi praktis dari penelitian ini adalah; (1) peningkatan keahlian, pengetahuan dan kemampuan dari SDM, (2) pemilik atau manajer dapat mendorong untuk memiliki kesesuaian dari people equity (alignment, capability, engagement) dengan visi dan misi UKM. Penelitian ini juga memiliki implikasi penting untuk pemilik atau manajer untuk memiliki pemetaan human capital pada UKM.

References

Amabile, T. M., R. Conti, H. Coon, J. Lazenby, dan M. Herron. 1996. Assessing the Work Environment for Creativity. Academy of Management Journal 39: 1154-1184

Armstrong, M. 2003. Strategic Human Resources Management. A Guide To Action, Terjemahan, Gramedia. Jakarta.

Barney, J. B. 1991. Firm resources and Sustained competitive advantage. Journal of Management 17(1): 99–120.

Becker, B. E., M. A. Huselid dan D. Ulrich. 2001. The HR Scorecard. Linking People, Strategy and Performance, Harvard Business Scholl Press, USA.

Becker, G.S. 1993. Human Capital. The University of Chicago Press, Chicago, IL.

Carmeli, A. 2004. Strategic human capital and performance of public sector organizations, Scandinavia Journal Management 20: 375-392.

Cohen, W. M and D. A. Levinthal. 1990. Absorptive Capacity: A New PerSpective of Learning and Innovation, Administrative Science Quarterly, March, 35: 128-152

Damanpour, F. 1996. Organizational Complexity and Innovation: Developing and Testing Multiple Contingency Models. Management Science 42 (5): 693-716.

Fingleton, E. 1999. In Praise Hard Industries. Why manufacturing, not the Information Economy, Is the Key to Future Prosperity, Boston, New York.

Ghozali, I 2004. Model Persamaan Struktural. Konsep dan Aplikasi dengan Program Amos 5, BP Undip Semarang.

Hall, R. 1992. The strategic analysis of intangible resources. Strategic Management Journal 13: 135–144.

Han, J. K., N. Kim, dan R. K. Srivastava. 1998. Market Orientation and Organizational Performance; is innovation a missing link?, Journal of marketing, 62, October: 30-45

Hayton, J. C. 2003. Strategic Human Capital Management in SMEs: An Empirical Study Of Entrepreneurial Performance, Human resources Management, Winter, 42: 375-391.

Hult, G. T. M., C. C. Snow dan D. Kandemir. 2003. The Role of Entrepreneurship in Buliding Cultural Competitiveness in Different Organizational Types. Journal of Management 29 (3): 401-426.

Hurley, R. F., dan G. T. M. Hult. 1988. Innovation, Market Orientation and Organizational Learning: An Integration and Empirical Examination. Journal of Marketing 62 (3): 42-54.

Janszen, F. 2000. The Age of Innovation: Making Business Creativity a Compe- tence, not a Coincidence. London: Pearson Education Limited

Kreitner, R dan A. Kinicki (2007), Organizational Behavior, 7th ed, McGraw Hill, Avenues of The Americas, New York

Lin, C. H., C. H. Peng, dan D. T. Kao. 2008. The innovativeness effect of market orientation and learning orientation on business Performance, International Journal of Manpower 29 (8): 752-772

Lumpkin, G. T. dan G. G. Dess. 1996. Clarifying The Entrepreneurial Orientation Construct and Linking It To Performance, Academy of Management Review 21:135–173.

Meyer, A. D dan S. Garg. 2005. Inspire to Innovate. Management dan Innovation in Asia, Palgrave MacMillan, Singapore

Muafi, 2009. The effects of alignment competitive strategy, culture, and role behaviour on organizational performance in service firms. International Journal of Organizational Innovation 2(1): 106-134.

Muafi, H. Gusaptono, N. Charibaldi, dan I. Effendi. 2012. The Information Technology (IT) Adoption Process and E-Readiness to Use within Yogyakarta Indonesian Small Medium Enterprises (SME). International Journal of Information and Communication Technology Research, February 2(1): 29-37

Muafi, 2010. Pengaruh Strategic Human Capital Terhadap Kinerja Entrepreneurial Pada Organisasi Sektor Publik. Jurnal Akuntansi, Manajemen Bisnis dan Sektor Publik 6(2) Februari: 217-229

Murni, T. 2000. Strategi Inovasi dan Kinerja Keuangan pada Industri Manufaktur (Studi Industri Kecil dan Menengah di DIY). Tesis. Universitas Gadjah Mada Yogyakarta, Indonesia.

O’Regan, N dan A. Ghobadian. 2005. Innovation In Smes; The Impact of Strategic Orientation And Environmental Perceptions. International Journal of Productivity and Performance Management 54 (1/2): 81-97

Pearce II, J. A dan R.B. Robinson. 2008. Manajemen Strategik. Formulasi, Implementasi dan Pengendalian, Edisi 10. Salemba Empat. Jakarta.

Pfeffer, J. 1994. Competitive advantage through people. Boston, Massachusetts: Harvard Business School Press.

Prakosa, B. 2005. Pengaruh Orientasi pasar, Inovasi dan Orientasi Pembelajaran Terhadap Kinerja Perusahaan Untuk Mencapai Keunggulan Bersaing (Studi Empiris Pada Industri Manufaktur Di Semarang, Jumal Studi Manajemen dan Organisasi 2 (1) Januari: 35-57.

Raharso, S. 2009. Orientasi Pasar, Inovasi dan Kinerja Organisasi Ritel, Manajemen, Usahawan Indonesia, No.03/Th. XXXVIII: 20-29.

Salavou, H., G. Baltas dan Lioukas. 2004. Organisational Innovation in SMEs; The Importance of strategic orientation and competitive structure, European Journal of Marketing, 38 (9/10): 1091-1112

Sarosa, S. 2007. The Information Technology Adoption Process within Indonesian Small and Medium Enterprises. University. Thesis. of Technology Sydney, Faculty of Information Technology.

Schiemann, W.A. 2006. People Equity; A New Paradigm for Measuring and Managing Human Capital, Human Resource Planning 29 (1) ABI/Inform Global: 34.

Schiemann, W. A. 2011. Alignment, Capability, Engagement. Pendekatan Baru Talent Management untuk Mendongkrak Kinerja Organisasi PPM Jakarta.

Schonberger, R. J. 1997. WorldClass Manufacturing. Dekade Mendatang. Seri Manajemen Operasi, Prenhallindo, Jakarta.

Sharabati, A .A. A., S. N. Jawad dan N. Bontis. 2010. Intelectual Capital and Business Performance Pharmaceutical sector of Jordan, Management Decision 48 (1): 105-131.

Solimun, 2004a. Pengukuran variable dan Pemodelan Statistika, Aplikasi SEM-Amos. Diklat pengukuran Variabel dan pemodelan statistika di Himpunan Mahasiswa MM-PPS Universitas Brawijaya. Malang.

Solimun, 2004b. Structural Equation Modelling, Aplikasi Software Amos. FMIPA dan PPS Universitas Brawijaya. Malang.

Vazquez, R., M. L. Santos., I. Alvarez. 2001. Market Orientation, Innovationand Competitive Strategies In Industrial Firms. Journal of Strategic Marketing 9: 69-90.

Wulandari, P dan A. Gustomo. 2011. Analisis Pengaruh Total Returns terhadap Tingkat Engagement Dosen Institut Teknologi Bandung. Jurnal Manajemen Teknologi 10(3) : 281-298.

Zahra, S. A dan S. R. Dass. 1993. Innovation Strategy and Financial Performance in Manufacturing Companies: An Empirical Study. Production and Operation Management 2(1): 15-37.

Zulkieflimansyah dan H. Muhammad. 2003. Refleksi dinamika Inovasi Teknologi UKM di Indonesia: Studi Kasus Industri Logam dan Permesinan. Manajemen, Usahawan, Indonesia No. 07/XXXIII, Agustus: 11- 18.

Published

2018-09-13

Issue

Section

Artikel