STRATEGI USAHA KECIL RITEL UNTUK MENINGKATKAN KINERJA DAN KEUNGGULAN BERSAING BERKELANJUTAN (STUDI KASUS DI KOTA MAKASSAR)

Authors

  • Saban Echdar Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Nobel Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.24034/j25485024.y2014.v18.i3.146

Keywords:

Usaha kecil ritel, kinerja, keunggulan bersaing

Abstract

Tujuan penelitian adalah menganalisis pengaruh orientasi pelayanan, kewirausahaan, pasar, lokasi dan pilihan produk terhadap kinerja usaha kecil ritel, serta pengaruh kinerja usaha kecil ritel terhadap keunggulan bersaing. Penelitian ini termasuk penelitian diskriptif, pengumpulan data dengan teknik wawancara dan kuesioner. Populasi penelitian ini adalah usaha kecil retail di Kota Makassar dan teknik pengambilan sampel secara purposive dan random sampling dengan jumlah sampel 120 responden. Mengunakan analisis SEM, yang dioperasikan melalui program AMOS. Hasil penelitian menunjukkan bahwa orientasi pelayanan, orientaasi pasar, lokasi dan pilihan produk berpengaruh positif dan signifikan terhadap kinerja usaha kecil ritel, sedangkan orientasi kewirausahaan tidak berpengaruh positif dan signifikan terhadap kinerja usaha kecil. Kinerja usaha kecil ritel berpengaruh positif dan signifikan terhadap keunggulan bersaing.

References

Agustini, Dwi Hayu dan Yudianti E.A. 2002. Keterkaitan Keberhasilan Usaha dengan Jiwa Kewirausahaan dan Manajemen Usaha Pada Pedagang Eceran Berskala Kecil di Semarang, Jurnal Ekonomi dan Bisnis Dian Ekonomi 3(8): Des, 2002.

Anwar, Prabu. 2005. Manajemen Sumber Daya Manusia, Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.

Bernard J. Jaworsk, Ajay K, Kohli, 2009. Marketing Orientation: Antecedents and Consequents. Jurnal of Marketing (57).

Bharadwaj, S. G; Varadaraja, P. J; Fahy JJ. 2004. Sustainable Competitive Adavantage in Service Industries: a Conceptual Model and Research Propositions.

Boyd, Walker & Larrenche.2010. Marketing Strategy: A Decision-Focused Approach.4 th ed.McGraw-Hill/Irwin-Ries A.

Day and Wenslkey. 2002. Market Strategi andTheories of The Firm. Journal of Management.

David W. Cravensi; N. F. Piercy. 2012. Strategic Marketing. Mc. Graw-Hil Com- panies, Inc.

Dess, G. G and Lumpkin, G. T. 2005. The roel of Entrepreneurial Orientation in Stimulating Effective Corporate Entrepreneurship. Journal Academy of Management Executif 19(1): 147-156.

Ferdinand, A. 2005. Structural Equation Modelling Dalam Penelitian Manajemen, Semarang, BP. Universitas Diponegoro.

Frishammar, J. and Horte, S. A. 2007. The Role of Market Orientation and Entrepreneurial Orientation for New Product Development Performance in Manu- facturing Firms. Technology Analysis & Strategic Management 22(3): 251-266.

G. T. Lumpkin and Gregory G. Dess. 1996.” Clarifying the Entrepreneurial Orienta- tion Construct and Linking it to Per- formance”. Journal Akademy of Managemenet Review 21(1):135-172.

Hamburg, C., W. D.Hoyer and Fassnacht.M. 2006. Service Orientation of a Reteiler’s. University of Hamburg, P. E. Mc- Culloch. Germany.

Hartini, Sri. 2012. Hubungan Orientasi Pasar, Strategi Bersaing, Kewirausahaan Korporasi dan Kineja Perusahaan. Jurnal Ekonomi dan Keuangan 17(1):39-53.

James B and Benhardt. 2006. Industry dynamics with stachastis demand. Rand journal of economics. Rand Corporation 39(1): 41-68.

John C. Never and Stanly F. S. 2007. The effect of market orientation and business profitability.

Kumalaningrum, M. P. 2012. Lingkungan Bisnis, Orientasi Kewirausahaan, Orientasi Pasar dan Kinerja Usaha Mikro, Kecil dan Menengah. Jurnal Riset Manajemen and Bisnis 7(1): 45-59.

Kohli, A. and Jaworski. B. 2005. Market Oriented: The Construct, Research Propositions and Managerial Implications. Journal of Marketing 541(18).

Kotler P. dan K. Keller. 2012. Marketing Management, 13th ed. Prentice Hall International Inc. New Jersey.

Kotler and Amstrong, G. 2009. Principles of Marketing. Englewood-Cliffs: NJ, Prentice-Hall.

Kuncoro, M. 2006. Strategi: Bagaimana Meraih Keunggulan Kompetitif. Jakarta: Erlangga.

Lamb, Hair dan Mc. Daniel. 2001. Pemasaran Buku 2. Jakarta: Salemba Empat.

Malayu, Hasibuan.2004. Manajemen Sumber Daya Manusia, Cetakan ketujuh, Edisi Revisi, Jakarta: PT.Bumi Aksara.

Narver, Jhon C; dam Slater, F Stanley.2000. The Positive Effect of A Market Orientation on Business Profitability; A Balance Replication. Journal of Business Research: 69-73

Pangeran, Perminas. 2012. Orientasi Pasar, Orientasi Kewirausahaan dan Kinerja Keuangan Pengembangan Produk baru Usaha Mikro Kecil dan Menengah. Jurnal Riset Manajemen dan Bisnis 7(1):10-5.

Porter, M. E. 2006. Competitive Adventage: Creating and Sustaining Superior Perfor- mance. New York: The Free Press.

Rahayu, P. S. 2009. Peningkatan Kinerja Melalui Orientasi Kewirausahaan, Ke- mampuan Manajemen dan Strategi Bis- nis (Studi pada Industri Kecil Menengah Bordir di Jawa Timur). Jurnal Manajemen dan Kewirausahaan 11(1).

Rahab dan Sudjono. 2012. Pengembangan Kapabilitas Keinovasian IKM berbasis Pada Orientasi Kewirausahaan dan Pembelajaran Organisasional, Jurnal Ino- vasi dan Kewirausahaan 1(1): 29-37.

Rivai, Sagala. 2009. Manajemen Sumber Daya Manusia Untuk Perusahaan. Raja- wali Press. Jakarta.

Rozaniwati dan Tata Purwata. 2010. Membuka Usaha Eceran/Ritel, Jakarta: Erlangga

Samli, A. C. Kelly., J. P. Hunt, H. K.1998. Inproving The Retail Performance by Constrasting Management and Custo- mer-Perceived-Store Images: A Diagnostic tool for Corrective Action. Journal of Business Research.

Simintiras, Antonis. 2011. Becoming a Market Oriented Organization: Preparing for a New Era. Carilec CEOS’s Conference.

Smith, P. G .and Reinertsen, D. G. 2006. Developing Products in Half the Time. New York: John Wiley and Sons.

Steven N. Wiggins.2004. Contracted Responses to the Common Pool: Proraioning of Crude oil Production. American Economic Review 74(1).

Supranto, M. 2009. Strategi Menciptakan Keunggulan Besaing Produk Melalui Orientasi Pasar, Inovasi dan Orientasi Kewirausahaan dalam rangka Meningkatkan Kinerja Pemasaran (studi empiris pada: Industri pakaian jadi skalla kecil dan menengah di kota Semarang). Tesis. Progam Pascasarjana Universitas Diponegoro. Semarang.

Teece, D. and Pisano, G. 1994. The Dynamic Capabilities of Firms: an introduction. Industrial and Corporate Change 3:537-556.

Published

2018-09-06

Issue

Section

Artikel