PENGARUH MOTIVASI, KUALITAS LAYANAN, DAN KEPUASAN WISATAWAN TERHADAP IMAGE DAERAH TUJUAN WISATA
DOI:
https://doi.org/10.24034/j25485024.y2014.v18.i2.145Keywords:
pariwisata, motivasi, kualitas layanan, kepuasan, imageAbstract
Pertumbuhan industri pariwisata yang semakin pesat dapat mendorong pembangunan daerah, meningkatkan devisa negara, meningkatkan kesejahteraan dan kemakmuran rakyat serta dapat menambah rasa cinta tanah air, bangsa dan nilai-nilai budaya. Oleh karena itu, pengelolaan dan penguatan image suatu Daerah Tujuan Wisata (DTW) merupakan langkah yang harus mendapatkan perhatian yang serius secara terus menerus. Tujuan dari penelitian ini adalah menguji dan menganalisis pengaruh nilai motivasi wisatawan, kualitas layanan dan kepuasan wisatawan secara langsung dan tidak langsung terhadap image DTW. Data yang dibutuhkan untuk penelitian ini diperoleh dari sampel sebanyak 200 responden. Adapun populasi terdiri dari seluruh wisatawan yang berasal dari luar Malang Raya dan bertujuan untuk berwisata ke DTW Malang Raya. Data dianalisis menggunakan metode statistik deskriptif dan inferensial. Temuan penelitian ini menjelaskan bahwa semakin meningkat nilai motivasi wisatawan dan kualitas layanan wisata akan dapat meningkatkan nilai kepuasan wisatawan terhadap Daerah Tujuan Wisata. Di samping itu meningkatnya kualitas layanan wisata dapat secara langsung meningkatkan image wisatawan terhadap DTW. Selanjutnya melalui kepuasan wisatawan, peningkatan nilai motivasi wisatawan dan kualitas layanan secara tidak langsung dapat meningkatkan image wisatawan terhadap DTW.References
Andaleeb, S. S dan Conway. 2006. Customer Satisfaction in The Restaurant Industry: An Examination of The Transaction– Specific Model. Journal or Service Marketing 20(1): 3-11.
Anonim, 2014. Tourism Highlights. World Tourism Organization UNWTO
Anonim. 2012. Rencana Strategis (RENSTRA) Direktorat Pengembangan Destinasi Wisata 2012-2014, Kementerian Pariwisata Kreatif.
Brunner, T. Stocklin, M dan Opwis, K. 2008. Satisfaction, Image, and Loyalty: New Versus Experienced Customers. European Journal of Marketing 42(9): 1095-1105.
Chen, C. F dan F-S Chen. 2010. Experience Quality, Perceived Value, Satisfaction and Behavirol Intentions For Heritage Tourists. Tourism Management 31(1): 29-35.
Chen, C. F dan D. C. Tsai. 2007. How Destination Image and Evaluation Factors affect Behavioral Intentions. Tourism Managemen (28): 1115-1122.
Chi, C, G. G dan Qu, Hailin. 2008. Examining The Structural Relationships Of Destination Image, Tourist Satisfaction and Loyalty: An integrated approach. Tourism Management 29(4): 624-636.
Correia, A dan P. O. D. Valle. 2007. Why People Travel to Exotic Places. International Journal of Culture 1(1): 45-61.
Devesa, M., M Laguna dan A. Palacios. 2010. The Role Motivation In Visitor Satisfaction: Empirical Evidence In Rural. Tourist. Tourism Management 31(4): 557-542.
Fandeli, C. 2008. Mengembangkan Pariwisata Berbasis Masyarakat, Pusat Studi Pariwisata Universitas Gajah Mada.
Faullant, R., K. Matzler dan J. Fuller. 2008. The Impact of Satisfaction and Image on Loyalty: The Case of Alpine Ski Resorts. Managing Service Quality 18(2): 163-178.
Hankinson, G. 2005. Destination Brand Image A Business Tourism Perspective. Journal Of Service Marketing 19(1): 24-32.
Hutchinson, J., F. Lay dan Y. Wang. 2009. Understanding The Relationships Of Quality Value, Equity, Satisfaction, And Behavioral Intentions Among Golf Travelers. Tourist Management 30(2): 298-308.
Ibrahim, E.E dan J. Gill. 2005. A Positioning Strategy for a Tourism Destination, Based on Analysis of Customers Perception and Satisfactions. Marketing Intelegence and Planning 23(2): 172-188.
Kandampully dan H. H. Hu. 2007. Do Hoteliers Need To Manage Image To Retain Loyal Customer? International Journal Of Contemporary Hospitality Management 19(6): 435 - 443
Kotler, P dan K. L Keller. 2012. Marketing Management, 14 nd Pearson Education, Inc, New Jersey.
Labato, L. H dan M. M. S. Radila. 2006. Tourism Destination Image, satisfaction and Loyalty: A study in Ixtapa-Zihuantanego. Tourism Geographies 8(4): 343-358.
Lamb, C. W., J. F Hair dan C. Mc Daniel. 2005. Pemasaran, PT. Salemba Empat, Jakarta.
Martaleni. 2010a. Arti dan Pengukurann Image Daerah Tujuan Wisata. Jurnal Manajemen Gajayana (JMG) 7(1): 49-56.
_________.2010b. Pengembangan Pariwisata sebagai Pemberdayaan Ekonomi Masyarakat, Prosiding Seminar Nasional Kewirausahaan I, UB-Malang, 263-271
_________.2011. Image Daerah Tujuan Wisata: Suatu Tinjauan Dari Perspektif Wisatawan Nusantara. EKUITAS, Jurnal Ekonomi dan Keuangan 15(4): 501-522.
Mohammad, B. A. M, dan A. P. M. Som. 2010. An Analysis Push and Pull Travel Motivation of Foreign Tourists to Jordan. International Journal of Business and Management 5(12): 41-50.
Park, D. B dan Y. S. Yoon. 2009. Segmentation by Motivation in Rural Tourism: A Korean Case Study. Tourism Management 30(1): 99-108.
Pitana, I. G dan I. K. S. Diarta. 2009. Pengantar Ilmu Pariwisata. Andi Ofset, Yogyakarta
Solimun, 2008. Memahami Metode Kuantitatif Mutakhir: Structural Equation Modeling and Partial Least Square, Program Studi Statistika FMIPA Universitas Brawijaya, Malang.
Tjiptono, F dan G. Chandra. 2011. Service, Quality and Satisfaction. Andi. Yogyakarta.
Tsung, H. L. 2009. A Structural Model for Examing How Destination Image and Interpretation Services Affect Future Visitation Behavior: a case study of Taiwan’s Taomi eco-village. Journal of Sustainable Tourism 17(6): 727-745.
Vellas, F dan L. Becherel. 2008. Pemasaran Pariwisata International Sebuah Pendekatan Strategis. Yayasan Obor Indonesia.
Wu, C. H, J. 2007. The Impact of customer-to-customer Interaction and Customer Homogenity on Customer Satisfaction in Tourism service-the service Enconter Prospective, Tourism Management 289(6): 1518-1528.
Yoeti, H. O. A. 2006. Tours and Travel Marketing, PT. Pradnya Paramita, Jakarta
Yoon, Y dan M. Uysal. 2005. An Examinatin of the Effects of Motivation and satisfaction on Destination Loyaty: a Structural Model. Tourist Management 26(1): 45-56.
Yuksel, A. Yuksel, F dan Y. Bilim. 2010. Destination attachment: Effects on Customer Satisfaction and Cognitive an Conative loyalty. Tourism Management 31(2): 274-284.